Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

10 Tempat Wisata Alam di Jawa Barat yang Paling Sejuk

Oleh Dank Rian

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling sejuk di mana sih? Provinsi ini dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata alam di Indonesia. Daerah ini dikenal memiliki banyak tempat wisata alam yang indah, daerah yang sejuk dan penduduknya yang ramah. Semua keunggulan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung kesana karena tempatnya memang instagramble.

Jawa Barat memang terkenal dengan daerah puncak yang memiliki iklim sejuk. Sehingga tidak sedikit para investor yang menanamkan modalnya di sana untuk membangun villa-villa peristirahatan bagi para turis domestik dan mancanegara.

WISATA ALAM DI JAWA BARAT

Pantai Pangadaran tempat wisata alam di Jawa Barat yang sejuk

Keindahan pantai Pangadaran dilihat dari Emerald Hotel Pangandaran (Selasa, 29/04/2019). Pantai Pangadaran salah satu tempat wisata alam di Jawa Barat yang sejuk. (Sumber: bookingcom)

Tempat wisata di Jawa Barat memang tidak selalu identik dengan kawasan puncak. Nah, dalam artikel ini kita akan mencoba melihat beberapa tempat wisata favorit di Jawa Barat.

1#Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai legendaris di Jawa Barat. Memiliki hamparan butiran pasir yang halus serta air laut yang bersih. Di bibir pantai ini Anda bisa menyaksikan momen indah ketika matahari terbit dan terbenam di tempat yang sama.

Keindahan Pantai Pangandaran menjadi semakin lengkap dengan terbentangnya Cagar Alam Pananjung sebagai latar belakang. Cagar alam satu ini dikenal memiliki kekayaan flora dan fauna yang beraneka ragam.

2#Gunung Tangkuban Perahu

Apakah Gunung Tangkuban Perahu termasuk salah satu tempat yang paling sejuk daerah Jawa Barat? Pada umumnya daerah pegunungan rata-rata beriklim sejuk karena berada pada dataran tinggi.

TERKAIT :  Sunrise di Candi Prambanan : Nuansa Indah Melihat Matahari Terbit dari Balik Candi

Namun, tidak ditemukan data yang bisa menjelaskan bahwa wisata alam gunung Tangkuban Perahu sebagai daerah paling sejuk di Jawa Barat.

Meski demikian, Gunung Tangkuban Perahu memiliki keunikan. Apa keunikan Gunung Tangkuban Perahu? Keunikan Gunung Tangkuban Perahu terletak pada sepuluh kawah yang ada padanya.

Gunung ini memiliki sepuluh kawah yang letaknya saling berdekatan. Di antara sepuluh kawah tersebut, ada tiga kawah yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Ketiga kawah tersebut adalah Kawah Upas, Kawah Ratu, dan Kawah Domas.

Lokasi ini bisa dicapai dengan berjalan kaki atau dengan menyewa kuda tunggan khusus yang terdapat di sekitar lokasi.

Arung Jeram Sungai Citarik

Arung Jeram Sungai Citarik (Selasa, 29/04/2019). Salah satu wisata alam yang menyajikan tempat penuh tantangan dengan pemandangan yang indah serta didukung udara yang sejuk. (Sumber: tempat_me)

3#Sungai Citarik dan Arung Jeramnya

Sungai Citarik memiliki keistimewaan sendiri. Wisata alam satu ini menjadi pilihan bagi para wisatawan yang menyukai tantangan. Sungai Citarik memiliki arus sungai yang cukup deras dan sehingga sungai ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk olah raga arung jeram.

4#Kawah Putih

Wisata alam lainnya yang tidak kalah unik di Jawa Barat adalah objek wisata Kawah Putih. Kawah Putih merupakan sebuah kawah tua yang terletak di ketinggian Gunung Patuha. Jika berkunjung ke tebing jurang kawah ini, hidung Anda akan langsung mencium bau belerang yang menyengat.

Meskipun bernama Kawah Putih, kawah ini berwarna hijau muda dan dikelilingi oleh pasir putih. Taburan asap tipis menghiasi riak air dalam kawah.

Atraksi alam menarik yang bisa Anda saksikan di kawah ini adalah letupan lumpur hidup yang sesekali meletup. Keajaiban lain yang bisa disaksikan di sini adalah warna air kawah yang bisa berganti atau berubah jika terkena sinar matahari.

5#Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu terletak di Kabupaten Sukabumi, tepatnya 60 km ke arah selatan Kota Sukabumi. Ia menjadi objek wisata andalan sekaligus kebanggan bagi rakyat dan pemerintahan Sukabumi. Keunikan pantai ini terlihat dari bentuknya yang merupakan perpaduan antara pantai curam dan landai.

TERKAIT :  Serunya Jelajah Tempat Asyik dan Murah di Bandung

Di satu sisi terlihat batu-batu karang terjal yang tegar menerima dahsyatnya hempasan gelombang. Sementara di sisi lain disuguhkan dengan pemandangan hutan cagar alam. Perpaduan dua tipe pantai inilah yang melekat dan menjadi ciri khas pantai ini.

6#Goa Lalay

Masih di Kabupaten Sukabumi, Anda bisa menemukan sebuah goa wisata yang cukup unik yakni Goa Lalay. Goa ini dihuni oleh jutaan kelelawar yang hidup dan mendiami tempat tersebut.

Setiap hari, Anda bisa menyaksikan ribuan kelelawar yang menggantung, meliuk-liuk serta bergerombol menyerupai gundukan awan hidup yang keluar dari mulut goa. Ini adalah atraksi alam yang unik dan menarik untuk disaksikan setiap sorenya.

Lokasi goa ini tidak berapa jauh dari objek wisata Pelabuhan Ratu.

7#Taman Bunga Nusantara

Objek Wisata Provinsi Jawa Barat makin lengkap dengan kehadiran Taman Bunga Nusantara. Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu aset nasional yang patut dibanggakan.

Taman ini dipenuhi oleh beragam keindahan bentuk dan warna bunga dari berbagai belahan bumi di dunia yang cocok dengan iklim Indonesia.

Taman ini ditata sedemikian rupa, sehingga tampil menarik. Taman ini didesain menjadi 10 taman bunga yang khusus sehingga tampak asri dengan kesan tradisional moder. Kesepuluh taman tersebut antaranya:

  • Taman air
  • Taman Rahasia (labyrinth)
  • Taman mawar
  • Taman gaya Perancis
  • Taman gaya Amerika
  • Taman Palem
  • Taman gaya Bali
  • Taman gaya Mediteranian
  • Taman Bugenvil
  • Taman gaya Jepang

8#Curug Cikaso

Masih di Sukabumi, Anda juga bisa mengunjungi wisata alam air terjun Curug Cikaso. Ketinggian Air Terjun ini mencapai 80 meter serta memiliki tiga permukaan air terjun. Tebing terjunnya hampir mencapai 100 meter.

TERKAIT :  Mengambil Foto di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Untuk mencapai kawasan ini, Anda bisa menempuhnya dengan berjalan kaki melewati pematang sawah. Jika malas jalan kaki, Anda bisa menyewa perahu motor untuk menyusuri bantaran sungai menuju lokasi.

Jangan Lewatkan:

9#Pantai Ujung Genteng

Objek wisata alam lain yang bisa jadi pilihan di Provinsi Jawa Barat adalah Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Banyak objek menarik yang bisa Anda saksikan di sini.

Pantai ini dikenal memiliki deburan ombak yang menantang yang dikenal dengan istilah ‘ombak tujuh’. Inilah yang kemudian membuat Ujung Genteng menjadi tempat favorit bagi para penggemar olah raga berselancar.

Banyak para wisatawan domestik dan mancanegara yang memilih lokasi ini sebagai tempat berselancar. Selain itu, pantai ini juga menjadi surga bagi para pemancing. Karena di sini terdapat beraneka ragam ikan untuk dipancing.

10#Cukang Taneuh

Objek wisata ini berlokasi di pesisir selatan Provinsi Jawa Barat. Di sini Anda bisa menikmati aliran Sungai Cijulang yang melewati goa-goa yang dihiasi oleh stalaktit dan stalaknit yang meneteskan air. Tebing sungai ini terus-menerus mengalirkan air, sehingga disebut dengan hujan abadi.

Hal ini menciptakan pemandangan menarik di sepanjang tebing gua. Selain itu, di dalam goa Anda bisa menyaksikan Air Terjun Palatar.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sensasi berenang di air yang dingin, menggigit, sambil menyaksikan tebing-tebing tinggi. Anda tertarik untuk mengunjungi lokasi ini?

Dari sekian pilihan tempat wisata favorit di Provinsi Jawa Barat di atas, manakah objek wisata pilihan Anda? Apakah Anda sudah mengunjungi semua objek wisata di atas? Jika sudah, manakah tempat yang paling sejuk daerah Jawa Barat? Semoga, pilihan objek wisata di atas salah satunya bisa menjadi pilihan Anda.

Author: Dank Rian

Penulis Tetap Blog www.indrakurniawansyah.com (Professional Authorship). Kategori utama tulisan tentang Wisata, Kuliner, dan Hotel. Hobby utama Menulis, Traveling, dan Bermain Bola.


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya