Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

10 Wisata Air Terjun Malang, Bikin Gak Mau Pulang!

Oleh INDRA

10 Wisata Air terjun Malang, Bikin Gak Mau Pulang! » Keindahan alam Indonesia sudah tidak diragukan lagi, ragam objek wisata di negeri ini umumnya didominasi oleh wisata alam yang mengagumkan termasuk objek wisata air terjun. Salah satu daerah yang terkenal dengan air terjunnya adalah Malang, di kota ini kita bisa bersantai sembari menikmati pemandangan air terjun yang mempersona.

Daftar Nama Air Terjun di Malang

Berikut ini 10 wisata air terjun yang ada di kota dan kabupaten Malang serta sekitarnya yang menarik dan sangat terkenal.

1. AIR TERJUN COBAN RAIS

Wisata Air Terjun Coban Rais

Air Terjun Coban Rais berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu Malang untuk dapat mencapai objek wisata air terjun Malang yang satu ini.

Diperlukan perjuangan yang tidak mudah dan sebentar karena kita harus melewati jalan setapak yang cukup landai. Perjalanan di lanjutkan dengan menelusuri jalan hutan dan juga sungai.

Dengan track dari pintu masuk ke air terjun yang cukup jauh, maka pastikan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup dan persiapkan stamina dengan sebaik mungkin.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk Rp. 5.000.
  • Parkir motor Rp. 1.000
  • Parkir mobil Rp. 5.000

Alamat Coban Rais ada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Batu Malang-Jawa Timur.

2. AIR TERJUN COBAN JAHE

2. AIR TERJUN COBAN JAHE

Keindahan yang ditawarkan Coban Jahe tidak hanya dilihat dari ketinggian aliran air terjun yang mencapai 45 meter saja namun juga dari keberadaan tebing bebatuan cadas di setiap sisinya, sangat cocok untuk dijadkan latar belakang mengambil foto. Selain berfoto, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah tubing.

Coban Jahe berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabapaten Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di kawasan Perhutani Unit II RPH Sukopuro, Jabung.

Untuk dapat mencapai lokasi Kita dapat menggunakan mobil hingga Dusun Bengawan. Jika sudah sampai di gapura masuk Dusun Bengawan, Kita harus berjalan kaki karena jalan setapak yang terjal dan cukup parah menyulitkan kendaraan roda empat untuk dapat masuk.

Bukan hanya itu saja kalian juga harus melewati pematang sawah lho.

Info Tiket Masuk!

    • Tiket Masuk Rp. 5.000 per orang
    • Parkir kendaraan Rp. 2.000
    • River tubing trek pendek Rp. 75.000
    • River tubing trek panjang Rp. 150.000
TERKAIT :  Tempat Wisata di Australia yang Wajib dikunjungi

?

Alamat Coban Jahe: Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabapaten Malang, Jawa Timur.

3. AIR TERJUN COBAN MANTEN

3. AIR TERJUN COBAN MANTEN

Coban Manten berada di ketinggian 1300 m dpl. dengan ketinggian aliran air mancurnya adalah sekitar 85 meter. Pemberian nama manten yang berarti pengantin ini tidak terlepas dari keberadaan dua air terjun yang berdampingan dimana lokasinya yang berdekatan ini disimbolkan seperti pasangan pengantin.

Wisata air terjun Malang ini berada di kabupaten Malang tepatnya di Desa Pandesari, Kec. Pujon, jaraknya tidak terlalu jauh dari Coban Rondo yaitu sekitar 4 km. Bagi Kita yang memulai perjalanan dari kota Malang, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 30 km.

Mengingat trek yang terjal dan terdapat tanjakan maka sarankan untuk tidak datang seorang sendiri, dan pastikan juga didalam rombongan harus ada pemandu yang menguasai trek.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket Masuk Rp. 15.000 per orang

Alamat Coban Manten: Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65391.

4. AIR TERJUN COBAN TRISULA

4. AIR TERJUN COBAN TRISULA

Ini adalah salah satu wisata air terjun Malang yang berada di Desa Ngadas, Kec. Poncokusumo, kab Malang. Pemberian nama Trisula tidak terlepas dari keberdaan air terjun yang memilki tiga tingkat. Tingkatan yang paling atas atau air terjun utama disebut dengan Coban Atas adapun ketinggiannya adalah sekiar 35 m.

Tingkat yang ada dibawahnya atau air terjun kedua di sebut dengan Coban Tengah dengan ketinggian 2,5 m. Tingkat yang terakhir atau air terjun ketiga disebut Coban Bawah dengan ketinggian 11 m.

Di lokasi ini Kita juga akan disuguhi dengan pemadangan menarik dari beragam tanaman yang sangat indah diantaranya adalah paku-pakuan, palm, anggrek, liam dan sebagainya.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket Masuk Rp. 2.500 per orang (wisatawan lokal)
  • Tiket Masuk Rp. 20.000 per orang (wisatawan mancanegara)
  • Parkir kendaraan Rp.2.000

Alamat Coban Trisula: Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang-Jawa Timur.

5. AIR TERJUN COBAN RONDO

5. AIR TERJUN COBAN RONDO

Coban Rondo merupakan salah satu air terjun terindah dan terpopuler di Malang. Coban Rondo berada pada ketinggian 1.135 m dpl, dengan ketinggian aliran air mencapai 84 meter.

Selain dapat bersantai sembari menikmati pemandangan sekitar kawasan air terjun yang memiliki ketinggian 60 meter, di tempat wisata ini Kita juga bisa bermain outbond, tubng, flyingfox, airsoftgun, tasung, paintball dan masih banyak lagi.

Fasilitas menarik lainnya adalah jungge trekking dan taman labirin. Coban Rondo berlokasi di Desa Pandansari, kec. Pujon. Air terjun di Malang relatif mudah dijangkau dengan jalanan yang mudah diakses.

TERKAIT :  Sunrise di Candi Prambanan : Nuansa Indah Melihat Matahari Terbit dari Balik Candi

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk Rp. 15.000
  • Tiket masuk taman labirin Rp. 10.000

Alamat Coban Rondo: Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang-Jawa Timur 65391.

6. AIR TERJUN COBAN TALUN

6. AIR TERJUN COBAN TALUN

Coban Talun berada di Desa Tulungrejo, kec. Bumiaji, Kota Batu Malang, Jawa Timur atau dapat ditempuh dengan waktu perjalanan 1,5 jam dari pusat kota Malang.

Selain dengan menggunakan kendaraan pribadi, Kita juga bisa menggunakan angkutan umum untuk dapat sampai ke lokasi. Dari terminal Landungsari naiklah bus dengan jurusan terminal Batu, dari terminal ini perjalanan dilanjutkan dengan naik angkutan kota menuju sumber Brantas dan pastikan kalian turun di Coban Talun.

Keindahan yang ditawarkan air terjun ini semakin jelas saat cuacanya sedang cerah dimana butiran air yang terbawa angin akan membiaskan warna pelangi yang sangat menawan. Keberadaan batu-batuan pegunungan semakin menambah keeksotikan Coban Talun.

Pastikan untuk tidak datang ke lokasi ini saat musim hujan atau sebaiknya segera tinggalkan lokasi jika turun hujan yang cukup deras karena berpotensi banjir.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk Rp. 5.000 per orang
  • Parkir motor Rp. 2.000
  • Parkir mobil Rp. 4.000

Alamat Coban Talun: Desa Tulungrejo, kec. Bumiaji, Kota Batu Malang, Jawa Timur.

7. AIR TERJUN COBAN KETHAK

7. AIR TERJUN COBAN KETHAK

Suasana yang asri dengan udara yang sejuk sangat terasa saat Kita berada di objek wisata Coban Kethak, uniknya di lokasi ini terdapat batu berbentuk kepala singa di bawah aliran air terjun. Hal lainnya yang membuat Coban Kethak tampak istimewa adalah keberadaan pohon alpukat dan pohon durian yang tumbuh disekitar area air terjun. Air terjun memecah tebing yang dihiasi dengan akar-akar pohon yang liar dan berair dingin.

Coban Kethak berada di kabupaten Malang tepatnya di Desa Pait, Kec. Kasembon. Untuk dapat sampai Coban Kethak, Kita harus menempuh perjalanan yang cukup mudah diakses.

Berada di samping jalan raya hutan Pait membuat objek wisata ini dapat dengan mudah ditemukan, dari jalan hutan Piat ini Kita hanya perlu menyusuri jalan berbatu yang berjarak sekitar 25 meter.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket Masuk : Rp. 5.000

8. AIR TERJUN COBAN GINTUNG

8. AIR TERJUN COBAN GINTUNG

Coban Gintung berada di Desa Sidorenggo, Kec. Ampel Gading, Kab. Malang atau berjarak 75 km dari pusat kota Malang. Dari kota Malang Kita harus meneruskan perjalanan ke daerah Turen yang kemudian dilanjutkan ke Dampit dan kecamatan Ampel Gading.

TERKAIT :  5 Universitas Terbaik di Jepang Terkenal Banyak Jurusan

Jika sudah sampai di Ampel Gading jangan ragu untuk bertanya ke warga sekitar jika Kita kurang mengerti dengan informasi dari papan petunjuk arah yang tersebar di sepanjang jalan.

Di lokasi ini juga terdapat banyak spot menarik yang bisa kalian gunakan untuk mengambil foto salah satunya adalah rumah pohon di samping air terjun. Untuk dapat memasuki rumah pohon ini para pengunjung diharuskan untuk antri mengingat rumah ini hanya bisa menampung oleh 4 orang saja.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk gratis
  • Parkir motor Rp. 5.000
  • Parkir mobil Rp. 10.000

9. AIR TERJUN COBAN GROJOGAN SEWU

9. AIR TERJUN COBAN GROJOGAN SEWU

Objek wisata air terjun Malang yang satu ini menawarkan pemandangan air terjun yang sangat indah dan terlihat masih alami. Kondisi sekitar Coban Grojogan Sewu yang masih bersih dan juga terawat membuat para pengunjung merasa nyaman berlama–lama di sini, selain itu juga tersedia ragam fasilitas pendukung seperti mushola, kamar mandi,

Gazebo dan warung-warung makan. Wisata air terjun Malang yang satu ini berada di Desa Bendosari, Kec. Pujon, Kab. Malang atau berjarak 37 km dari pusat kota Malang.

Mudah diakses karena lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan raya Kita bisa menggunakan kendaraan prbadi ataupun kendaraan umum.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk gratis
  • Parkir motor Rp. 2.000

10. AIR TERJUN COBAN PELANGI

10. AIR TERJUN COBAN PELANGI

Coba Pelangi, nama yang indah untuk menggambarkan wanawisata yang dikelola Perum Perhutani KPH Malang ini. Fenomena alam berupa pembiasan warna pelangi, membuat warga setempat sepakat memberi nama Coba Pelangi pada air terjun tersebut.

Lokasi air terjun yang berada di dalam Taman Bromo Tengger Semeru atau TN BTS, turut memanjakan pengunjung dengan pemandangan alam yang asri dan menyejukkan mata serta udara yang cukup hangat mengingat Coba Pelangi berada di ketinggian 1299,5 meter di kaki Gunung Semeru dengan suhu udaranya adalah sekitar 19 hingga 23 ̊ C.

Pagi hari adalah waktu berkunjung yang paling tepat, karena saat pagi-pagi Kita masih dapat menemukan kabut lembut yang segar dan sejuk.

Info Tiket Masuk!

  • Tiket masuk Rp. 5.000.
  • Parkir motor Rp. 2.000
  • Parkir mobil Rp. 5.000

Itulah 10 wisata air terjun Malang, yang sangat menarik untuk dikunjungi dan juga bersahabat dengan kantong.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: , , | Tampil: 111 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya