Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Air Terjun Madakaripura Probolinggo, Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa

Mau lihat air terjun tertinggi di Pulau Jawa? ada nih namanya air terjun Madakaripura Probolinggo, berikut informasi lengkap bagaimana caranya agar bisa sampai ke sana.

Air Terjun Madakaripura? Air Terjun Tertinggi di Pulau Jawa

Familiar dengan nama Bromo Tengger? Siapa sih yang tidak tau dengan pemandangan sunrise indah Puncak Gunung Bromo di Jawa Timur ini. Tapi tahukah Anda bila ada Air Terjun indah di kawasan kaki Gunung Bromo tepatnya di Desa Sapih, Probolinggo, Jawa Timur.

Namanya adalah Air Terjun Madakaripura, ini adalah air terjun tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 200 m atau 656 ft, sekaligus menjadikannya air terjun tertinggi kedua di Indonesia. Setelah Air Terjun Sigura-Gura yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.

Artikel Air Terjun Madakaripura (Review)

Mandakaripura yang berarti “Tempat Terakhir” memiliki mitos yang cukup kuat berhubungan dengan Patih Gajah Mada. Konon dahulu kala sang pemersatu bangsa ini menghabiskan sisa hidupnya dengan bersemedi di tempat ini, tepatnya di dalam Goa dibalik air terjun.

Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

Melihat keindahan yang ditawarkan Air Terjun Madakaripura ini, pasti banyak dari kalian yang tergelitik untuk bermain ke tempat ini bukan? Apakah perjalanan menuju air terjun ini mudah untuk ditempuh? tidak terlalu sulit, berikut informasi lengkapnya.

#Rute & Cara ke Air Terjun Madakaripura

Untuk kalian yang menetap di Jakarta kalian bisa menuju kota Malang sebagai start awal perjalanan.

Pastinya untuk kalian yang menaiki kendaraan pribadi seperti mobil sih mudah-mudah saja, tinggal masuk tol dan menyalakan Waze atau Google Maps hehe..

Nah untuk kali ini kita akan branggapan untuk memulai perjalanan sebagai Backpacker. Angkutan umum nan murah meriah adalah senjata kita para backpacker untuk mencapai air terjun Madakaripura.

Untuk mencapai air terjun Madakaripura kita harus ke Probolinggo, dan untuk mencapai ke Probolinggo ada dua cara yaitu melalui Malang atau Surabaya. Pilihan paling baik adalah melalui Malang.

Dari Jakarta ke Malang kalian bisa menggunakan 2 kendaraan murah yaitu Kereta Api dan Bus.

Rute Jakarta Malang

1. Via Kereta Api (KRL)

Jika menggunakan kereta api menuju Malang kalian bisa memulai perjalanan dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Malang Kota Lama harganya berkisar Rp 200.000an (cek tiket kereta api).

2. Via Bus

Selain menggunakan kereta api, kalian juga bisa menggunakan Bus dari Jakarta menuju malang kalau soal harga sih relative kadang tiket kereta lebih mahal kadang juga tiket kereta lebih murah. Tergantung kelasnya saja, yang jelas waktu tempuh bus lebih lama dari kereta api.

Jadwal Bus ke Malang

  • Bus Pahala Kencana (Rawamangun – Malang) Rp 250.000
  • Bus Kramat Djati (Lebak Bulus – Malang) Rp 285.000
  • Bus Gunung Harta (Pasar Minggu – Malang) Rp 310.000
  • Bus Lorena (Rawamangun – Malang) Rp 315.000

Sudah menentukan pilihan mau naik kendaraan apa? Yuk kita lanjutkan perjalanan ke air terjun Madakaripura. Sesampainya kalian di Malang ada beberapa opsi nih dengan tujuan ke Probolinggo.

  • Opsi pertama kalian bisa menyewa sepeda motor ini adalah opsi yang paling gampang dan tidak ribet bisa langsung cuss ke air terjun madakaripura.
  • Opsi Kedua selanjutnya adalah menaiki bus patas AC ke terminal Probolinggo dengan biaya kurang lebih Rp30.000. Dari terminal Probolinggo kalian bisa menggunakan jasa ojek atau carter angkot jika membawa rombongan yang terhitung banyak.
  • Opsi ketiga adalah dengan ikut paket wisata yang diadakan agen travel, misalnya saja Ezytravel. Keuntungannya apa aja sih? Sesampainya kalian di Malang, kalian akan dijemput dan perjalanan dilanjutkan ke Gunung Bromo untuk menyaksikan keindahan maha dasyat dari Bromo. Setelah itu langsung menuju air terjun Mandakalipura dan menghabiskan waktu di sana sebelum nantinya check-in ke hotel yang juga sudah kami sediakan.

Tidak berhenti sampai disitu saja, kesokan harinya juga akan ada perjalanan seru menelusuri Gunung Bromo menggunakan Jeep yang disediakan oleh agen travel.

Intinya dengan menggunakan travel agen kalian hanya perlu memperhitungkan untuk sampai ke Malang saja, gak perlu lagi pusing buat cari hotel, mobil, dll. Semua biaya perjalanan dan itinerary kalian sudah tercover dengan hanya sekali bayar.

#Lokasi Air Terjun

Lokasi Air terjun Madakaripura ada di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur 67183. Masuk dalam kawasan Taman Wisata Bromo Tengger Semeru.

#Wahana & Fasialitas yang Tersedia

Berikut wahana menarik yang ada dikawasan Air Terjun Madakaripura :

Wahana Air Terjun Madakaripura

  • Air Terjun
  • Kolam
  • Goa
  • Patung Patih Gajah Mada

Fasilitas yang tersedia :

  • Toilet
  • Ruang Ganti
  • Kamar Mandi
  • Warung Makan
  • Area Parkir

#Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura

Harga tiket untuk masuk Air Terjun Madakaripura berbeda antara hari libur, weekend, dan weekday. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

Secara lengkap tarif masuk air terjun Madakaripura dan biaya lainnya adalah sebagai berikut:

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura
Tiket Kategori Harga
Tiket Masuk Senin – Jumat Rp11.000
Sabtu & Minggu Rp13.000
Biaya Parkir Sepeda Motor Rp3.000
Mobil Rp5.000
Guide Penyewaan Rp20.000 – Rp50.000
Jas Hujan Rp5.000
Sewa Payung Rp5.000
Carrier Rp50.000 – Rp75.000
Sendal Jepit Beli Rp15.000 – Rp20.000

Catatan :

Biaya guide dapat Anda tawar harganya. Namun kami secara pribadi kadang memberi tips lebih sebab layanannya rata-rata sangat memuaskan.

Khusus biaya jas hujan, payung, dan sendal jepit, serta carrier dapat ditiadakan. Tentanya anda harus membawaanya sendiri dari rumah.

#Tips dan Saran

  • Siapkanlah jas hujan bila tidak ingin basah,
  • Siapkan baju double bila sesampainya dilokasi ingin mandi,
  • Siapkan fisik dan mental karena tempat tersebut cukup jauh sangat tersembunyi,
  • Siapkan kamera dan sejenisnya untu mengabadikan keindahan perjalanan dan air terjun,
  • Siapkan waterproff untuk kelancaran foto,
  • Siapkan gendongan bila bawa anak-anak sebab perjalannya 1 km lebih,

Terimakasih, demikianlah informasi Air Terjun Madakaripura yang merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Semoga artikel ini membantu dan menginspirasi Anda buat explore Indonesia lebih jauh.

#TAG

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya