Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Analisa Bisnis Peternakan Kambing yang Menguntungkan dan Teknik Pemilihan Bibitnya

Oleh INDRA

Bisnis peternakan kambing merupakan salah satu bentuk peluang usaha dengan prospek yang sangat bagus. Sebagaimana diketahui, hampir 85% penduduk Indonesia merupakan penganut agama Islam yang setiap tahun selalu melaksanakan penyembelihan binatang ternak terutama kambing dan sapi.

Prospek Usaha Peternakan Kambing

Bisnis Peternakan Kambing

Kebutuhan atas hewan kambing ini terus mengalami peningkatan setiap waktu. Bahkan lebih dari itu, banyak masyarakat Indonesia yang suka menyantap daging kambing dalam berbagai bentuk sajian masakan seperti sate, gulai, tongseng dan sebagainya.

Setiap warung atau rumah makan yang menyajikan menu masakan tersebut, setiap hari selalu ramai dan penuh dengan pengunjung. Hal ini merupakan salah satu indikasi jika peternakan kambing bisa dijadikan sebagai ladang usaha yang sangat menjanjikan. Bisa dikatakan bahwa daging kambing dan bagian tubuh lainnya tidak pernah kekurangan pasar, meskipun bukan merupakan Hari Raya Idhul Adha atau Hari Raya Qurban.

Kelebihan lain dari bisnis peternakan kambing adalah proses pemeliharaannya membutuhkan waktu yang jauh lebih singkat dibanding dengan hewan ternak lainnya misalnya sapi. Bukan itu saja, modal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis ini juga tidak terlalu besar tapi pada sisi yang lain keuntungan yang didapat cukup banyak.

Dalam jangka waktu dua tahun saja, satu ekor kambing betina bisa menghasilkan keturunan atau anak hingga tiga kali. Dan yang lebih menguntungkan lagi, kambing termasuk binatang yang tidak mudah terserang penyakit dan proses pemeliharaannya tidak begitu rumit. Hewan ini termasuk mudah melakukan adaptasi terhadap lingkungan yang baru di segala cuaca dan iklim.

Selain dagingnya, masih ada bagian tubuh kambing yang bisa dijual belikan sehingga mampu menghasilkan keuntungan yang lebih maksimal. Jenis kambing domba misalnya dalam kurun waktu tertentu bisa diambil bulunya kemudian dijual kepasaran. Bulu ini nantinya diolah oleh pabrik kemudian dijadikan benang dan selanjutnya diproses lagi menjadi kain.

Sedangkan kambing yang bukan jenis domba kulitnya juga mempunyai nilai jual yang sangat tinggi karena bisa digunakan untuk membuat aneka macam barang kerajinan dan sebagainya. Selanjutnya susu kambing juga banyak yang membutuhkan meski masih kalah dibandingkan dengan susu sapi segar.

Apabila jumlahnya mencukupi, kotoran kambing juga memiliki daya guna yang cukup tinggi terutama setelah diolah menjadi kompos atau pupuk kandang. Jadi bisa dikatakan, peternakan kambing tidak hanya melulu menghasilkan dagingnya saja, namun hampir semua bagiannya dapat mendatangkan penghasilan.

#Beberapa Tips yang Perlu Diperhatikan

Kambing Perah

Mengelola bisnis peternakan kambing termasuk hal yang cukup mudah dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian secara seksama. Perlu diketahui, setelah usia kambing menginjak delapan bulan, susunya sudah bisa diperah kemudian diolah atau dijual. Namun hal ini khusus untuk kambing yang memang diternak untuk diambil susunya. Setiap satu ekor kambing rata-rata mampu menghasilkan susu sebanyak 20 liter.

Sedangkan untuk kambing pedaging, bisa disembelih paling tidak setelah berusia satu tahun. Nilai jual kambing ini dapat mengalami peningkatan bila sudah siap untuk dikawinkan, atau ketika tubuhnya sudah memiliki ukuran sekitar 95 sentimeter.

Agar bisa mencapai proses pertumbuhan yang maksimal, salah satu hal terpenting yang perlu mendapat perhatian khusus yaitu makanannya. Jenis makanan yang paling cocok bagi hewan yang suka mengembik ini adalah ampas tahu dan daun mahoni, selain rumput-rumputan.

Untuk kandangnya, ukuran yang paling paling pas adalah 1,5 meter X 0,6 meter untuk satu ekor kambing. Jadi jika memiliki lahan sebesar 6 x 6 meter misalnya, dapat digunakan untuk peternakan kambing sebanyak 20 ekor. Sebaiknya masing-masing kambing dibuatkan sekat agar tidak ada perkelahian yang bisa membuat hewan tersebut mengalami luka atau cedera.

Satu hal lagi yang tak boleh dilupakan, kandang tersebut harus dihadapkan kearah timur atau barat dan dibuat semi terbuka. Teknik ini bertujuan agar kandang tersebut bisa mendapatkan pasokan sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Sehingga kondisinya selalu kering dan tidak lembab.

Seperti yang telah dijelaskan di muka, prospek terbaik untuk pemasaran kambing yaitu ketika Hari Raya Idhul Adha tiba. Apabila masa pemasarannya memang ditujukan guna menghadapi hari tersebut maka waktu pemeliharaan bibitnya juga harus disesuaikan. Sehingga ketika Hari Raya Idul Adha tiba, kambing yang diternakan sudah memasuki usia yang pantas disembelih atau diambil dagingnya.

Namun apabila perternakan kambing ditujukan untuk memenuhi pasar dan kebutuhan warga sehari-hari, waktunya bisa lebih fleksibel. Hanya saja jika bicara masalah harga jual, kambing yang bisa disembelih pada Hari Raya Qurban biasanya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

#Memilih Bibit Kambing yang Baik

Memilih Bibit Kambing

Salah penentu keberhasilan dari bisnis peternakan kambing adalah pemilihan bibitnya yang harus unggul dan berkualitas prima. Beberapa ciri dari bibit kambing yang bisa menjanjikan keuntungan lebih besar antara lain punya tubuh yang terlihat segar, kekar dan selalu bergerak lincah. Selain itu bulunya bersih dan tidak memiliki cacat di tubuhnya maupun penyakit.

Ciri lain yang harus diperhatikan, mulut dan hidungnya jarang atau tak pernah mengeluarkan liur dan ingus. Demikian pula bagian lubang dubur atau anusnya, selalu dalam keadaan yang bersih, tidak ada kotoran yang menempel.

Kemudian jika ingin mendapatkan bibit indukan, untuk yang berjenis kelamin jantan minimal sudah berusia 1,5 tahun serta mempunyai gigi seri yang tetap. Badannya terlihat segar serta aktif bergerak. Dan yang tidak kalah penting, kambing jantan tersebut harus memiliki nafsu atau tingkat birahi yang tinggi.

Akan lebih bagus lagi jika merupakan keturunan kembar. Karena kambing yang asalnya dari keturunan kembar kemungkinan besar juga dapat memberi anak yang jumlahnya juga kembar atau lebih dari satu, sehingga mendatangkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Selanjutnya untuk kambing betina, usia minimalnya adalah satu tahun dan tidak mempunyai penyakit maupun cacat di tubuhnya. Induk betina berkualitas sempurna juga ditandai dengan bentuk badannya yang gemuk namun tetap terlihat segar dan bisa bergerak lincah.

Selain itu juga memiliki putting yang jumlahnya ada dua. Dan sama dengan kambing jantan, induk betina yang baik juga harus berasal dari keturunan yang kembar, sehingga saat bunting bisa menghasilkan keturunan atau anak yang jumlahnya lebih dari satu.
Ada beberapa jenis kambing yang tidak boleh dipilih untuk dijadikan bibit atau induk, karena memiliki cacat tubuh. Jenis-jenis cacat tubuh tersebut antara lain adalah rahang bawah serta rahang atas tidak rata.

Ada pula kambing yang matanya rabun bahkan buta. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat dilakukan pengecekan dengan cara mendekatkan jari kita pada bagian matanya. Apabila mata tersebut berkedip-kedip, ini menandakan kambing tersebut tidak memiliki kelainan di bagian matanya.

Bentuk cacat lainnya yaitu kakinya membentuk huruf X. Kambing seperti ini sebaiknya tidak usah dipilih. Demikian pula dengan kambing yang memiliki tanduknya melingkar atau hanya punya satu buah zakar saja maupun yang mempunyai dua buah zakar namun ukurannya tidak sama.

Kambing-kambing seperti ini pada umumnya tidak akan dapat menghasilkan keturunan yang kualitasnya bagus, hingga nilai jualnya menjadi rendah saat dilempar ke pasar. Khusus untuk betina, sering pula dijumpai kambing yang mengalami pembengkakan atau infeksi di bagian buah susu atau ambingnya. Kambing dengan kelainan seperti ini sebaiknya juga tidak dipilih untuk diternakan.

Dengan mengenal ciri-ciri kambing yang sehat maupun cacat, diharapkan bisnis peternakan kambing yang ingin dikembangkan dapat berjalan dengan lancar dan baik sekaligus memberi hasil dan keuntungan yang lebih maksimal. Apalagi jika disertai dengan niat dan usaha keras serta sifat pantang menyerah.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.