Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Belajar Membuat dan Mengelola Bisnis Online Shop

Oleh INDRA

Membuat sebuah bisnis online shop tentu tidaklah mudah. Diperlukan sebuah ketelitian serta persiapan jenis produk yang akan dijual melalui online shop tersebut. Secara umum pengertian online shop adalah sebuah toko yang memperdagangkan produk secara online melalui sebuah website di internet.

Memulai Bisnis Bisnis Online Shop

Memulai Bisnis Bisnis Online Shop

Memulai sebuah online shop dapat dilakukan dengan membuat sebuah website jual beli, blog, hingga website khusus. Saat ini cukup banyak website jual beli yang menyediakan jasa untuk mempertemukan antara penjual produk dengan pembeli, seperti olx.co.id, berniaga dot com, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya website tersebut para penjual yang baru memulai menjual produknya secara online akan mendapat banyak kemudahan. Kelebihan dari website yang menyediakan jasa tersebut adalah popularitasnya yang cukup tinggi di masyarakat.

Kepopuleran tersebutlah yang membantu produk yang Anda jual lebih cepat laku. Penjual akan mendapatkan kemudahan dalam memperkenalkan produk yang akan dijualnya melalui jaringan anggota dan masyarakat umum yang sudah mengenal website tersebut.

Namun kekurangannya adalah calon pembeli tidak sepenuhnya percaya, karena khawatir ada oknum penjual yang memasang produk bodong untuk menipu calon pembeli.

Bila ingin hadir sebagai mitra jual beli yang memiliki integritas dan kepercayaan dari konsumen, Anda dapat memulainya dengan cara membuat website berdomain. Kehadiran website dengan domain yang mandiri menambah rasa percaya pada setiap pembeli dan calon pembeli.

Namun bila ingin menggunakan domain yang gratis dan tidak mengeluarkan biaya, Anda bisa menggunakan sebuah blog, seperti blogspot.com, wordpress.com, dan masih banyak lagi.

Semakin banyaknya para penjual produk secara online diiringi pula dengan menjamurnya oknum-oknum yang memiliki niat jahat untuk menipu para calon pembeli. Penipuan bisnis online menjadi masalah khas yang dimiliki oleh pebisnis di bidang ini.

Sebuah bisnis online shop sebaiknya dibuat dengan perencanaan dan penuh perhitungan yang cermat. Walaupun biaya yang dikeluarkan lebih murah dalam membuat website online shop dibandingkan dengan menyewa sebuah kios atau ruko, pengeluaran yang sudah dikeluarkan jangan disepelekan.

Biaya sewa hosting dan biaya sewa kios keduanya sama-sama dipertaruhkan untuk mengembangkan sebuah usaha. Perbedaannya hanya pada wujud fisik tokonya serta target pasar yang diraihnya. Tantangan dalam penjualan pun berbeda, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Hal yang Harus Diperhatikan

Alangkah baiknya bila ingin memulai sebuah usaha online shop dapat memperhatikan hal-hal berikut:

1. Produk yang Dijual

Jenis produk yang dijual tentu harus jelas, artinya detail produknya harus diuraikan agar calon pembeli dapat memiliki gambaran dan memperkirakan bentuk barang yang akan dibeli. Uraiannya berupa foto dari tampak depan, samping, atas dan sudut lainnya yang dianggap perlu. Penjelasan ukuran panjang, lebar, hingga tinggi hingga berat produk yang dijual.

2. Harga

Harga jual produk idealnya tidak dibuat terlalu mahal. Ini dikarenakan harga yang ditawarkan melalui toko online, belum termasuk biaya ongkos kirim yang umumnya ditanggung pula oleh calon pembeli. Harga jual yang dibuat tidak terlalu mahal tersebut sekaligus merupakan sebuah strategi untuk mendapatkan jumlah pembeli yang banyak.

3. Kontak Penjual

Untuk mempermudah cara komunikasi antara calon pembeli dengan penjual, Anda sebagai penjual perlu mencantumkan kontak yang jelas, umumnya nomor telepon. Semakin canggihnya teknologi saat ini banyak para penjual online yang melengkapi kontaknya dengan mencantumkan aplikasi chatting seperti pin BBM, whats app dan aplikasi sejenis lainnya.

4. Cara Pembayaran

Sarana pembayaran juga harus dilengkapi agar calon pembeli mudah untuk melakukan pembayaran. Disarankan untuk mencantumkan rekening bank yang bekerja sama dengan jaringan atm bersama ataupun prima. Minimal dapat mencantumkan lebih dari satu rekening bank nasional agar calon pembeli memiliki lebih dari satu pilihan cara pembayaran.

Disarankan pula agar Anda sebagai penjual mengaktifkan layanan internet banking ataupun m-banking untuk mempermudah proses pengecekan transfer yang dikirim oleh calon pembeli.

5. Promosi

Sebagai penjual online yang baru tumbuh dan berkembang promosi harus sering dilakukan. Beragam promosi bisa mulai dilakukan melalui penawaran kepada teman, hingga memasang iklan di media sosial. Cara berpromosi seperti ini diibaratkan seperti membagikan brosur untuk memperkenalkan online shop yang sudh dibuat agar lebih cepat dikenal masyarakat dan berkembang lebih cepat.

6. Kemitraan

Program kemitraan pun perlu dibuat seperti Reseller atau dropshiper untuk membantu online shop semakin populer dan memiliki jaringan yang banyak hingga provinsi lain. Secara umumĀ  program kemitraan tersebut diberi syarat dan ketentuan agar berjalan dengan tertib dan sesuai dengan ketentuan.

Bila hal-hal tersebut sudah diterapkan dalam mendirikan sebuah bisnis online shop, dapat dipastikan perkembangan jualan online pun akan lebih cepat berkembang dan lebih populer.

Calon pembeli atau konsumen yang akan melihat produk-produk yang Anda jual pun akan beragam. Ada calon pembeli yang hanya melihat produk, bertanya tentang produk, hingga calon pembeli yang ingin bermitra. Seiring dengan berjalannya waktu, bila menemukan calon pembeli yang ingin bermitra harus sigap meresponnya. Ini bisa membantu mengembangkan bisnis Anda.

Beragam calon pembeli lainnya pun ada pula yang sekadar bertanya agar dapat harga pembanding sehingga menjadi dasar untuk membeli produk dari penjual tersebut atau tidak.

Oleh karena itu dalam mencantumkan harga perlu Anda melakukan survey pasar terlebih dulu, sehingga mudah dalam menentukan harga jual secara umum. Inovasi produk yang dijual pun harus dilakukan agar konsumen yang sudah pernah membeli dan konsumen yang ingin bermitra tidak menjadi jenuh dengan produk yang ditawarkan. Bila konsumen tidak jenuh maka dapat dipastikan akan tetap setia berlangganan membeli produk yang dijual.

Inovasi yang harus dilakukan oleh penjual tidak selalu harus dari produk. Inovasi dalam penjualan juga perlu dilakukan. Sebagai contoh pembelian dengan beberapa jumlah produk akan mendapatkan gratis ongkos kirim, beli satu gratis satu, pembelian tertentu mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik dan masih banyak lagi inovasi lain.

Bila hal-hal tersebut sudah dilakukan, Anda bisa mulai berinovasi dengan melakukan pameran di mall atau pameran kewirausahaan di beberapa tempat untuk memperluas jaringan konsumen. Sehingga calon pembeli yang akan berkunjung dan bermitra tidak berasal dari dunia maya saja, namun juga bisa berasal dari dunia nyata.

Misalnya calon pembeli yang berasal dari masyarakat biasa yang bukan kaum sosialita, namun memiliki jaringan luas, tidak menutup kemungkinan akan berlanjut pada kerjasama yang saling menguntungkan untuk keduanya.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, harapannya masyarakat yang belum memahami cara membuat bisnis online shop dapat belajar dari hal-hal yang disebutkan agar dapat memulai penjualan secara online di internet dengan lancar dan meminimalisasi kendala yang dapat timbul dalam proses penjualan nantinya.

Tentunya harapan selanjutnya calon pembeli juga dapat lebih cerdas memilih online shop yang baik agar tidak mudah tertipu dengan oknum yang ingin berbuat jahat dengan membuat shopping online di internet.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.