Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Peluang Usaha

Peluang Usaha menyajikan kumpulan ide peluang bisnis yang menjanjikan. Modal relatif kecil dengan untung yang besar dan bisa berkembang. Informasi lengkap akan kami sajikan di bawah ini. Termasuk update terbaru saat ini.

Peluang Usaha

Jangan salah lho! Orang yang sudah memiliki pekerjaanpun, tetap masih ingin memiliki peluang usaha yang menghasilkan. Siapa yang tidak mau memiliki pendapatan lebih dari 1 atau 2 juta, bahkan lebih?

Mantap rasanya bila bukan hanya tanggal gajian kantor yang kita tunggu, tapi juga ada uang lainnya yang datang sewaktu-waktu. Wah, terbayang gemuknya pundi-pundi penghasilan kita pastinya.

Peluang Usaha, Informasi & Ide Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Maksud dari peluang usaha itu sendiri adalah suatu kesempatan yang dimiliki seseorang, yang apabila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dapat menghasilkan keuntungan yang bagus. Nah, tentu kita semua tanpa terkecuali ingin sekali memiliki kelebihan pendapatan walaupun harus mengorbankan sesuatu yang amat berharga pada awalnya.

Walaupun waktu utama sudah tersita banyak dengan pekerjaan tetap, sisa waktu yang ada juga bisa dioptimalkan. Tak terkecuali bagi seorang ibu pekerja yang kembali disibukkan dengan anak-anak & urusan rumah tangga sepulang dari kantor.

Tinggal bagaimana cara mengatur waktu sebaik-baiknya dan memanfaatkan waktu sekecil apapun.

Berikut beberapa Jenis Peluang Usaha :

1. Bisnis penulisan

Bila kita memiliki minat menulis, tak ada salahnya untuk mengembangkan potensi diri. Ikuti pelatihan/workshop menulis fiksi/non fiksi ataupun skenario serta bergabunglah dengan milis kepenulisan sebagai sarana tukar informasi dan menimba ilmu.

Jangan sungkan bertanya kepada yang berpengalaman dan jangan patah semangat bila tidak ditanggapi. Ilmu sudah ada, kesempatan didepan mata, manfaatkanlah.Cerpen yang diterbitkan, novel yang dibukukan, artikel yang dimuat, semua ada harganya lho. Rajinlah menulis dan kirimkan. Coba dan coba lagi sambil terus memperbaiki diri. Teruslah mencoba!

2. Jasa penterjemah

Jangan biarkan keahlian kita berbahasa asing dipendam begitu saja. Kita bisa membuka bisnis kecil-kecilan yang tidak begitu menyita waktu pekerjaan utama kita.

Banyaknya novel impor membuat bisnis terjemahan memiliki banyak peluang. Rajinlah menawarkan diri kepada penerbit buku impor dan berilah contoh hasil terjemahan kita.

3. Jasa private

Peluang usaha dapat kita peroleh bila kita mahir berbahasa, komputer, atau ilmu pasti. Bukalah kursus private akhir pekan yang tidak menyita waktu. Tidak usah besar apalagi dengan promosi yang luas bila kerepotan.

Cukuplah dengan membuka iklan dilingkungan tempat kita tinggal saja. Targetkan 4-5 murid saja agar waktu kita tidak habis untuk mengajar.

4. Bisnis jualan online

Semakin berkembangnya dunia internet dewasa ini, membuat peluang bisnis online berkembang juga. Dari mulai produk buatan tangan, produk rumahan, hingga produk mancanegara, banyak kita jumpai anekaragamnya.Kita juga bisa ikut meramaikan bisnis ini dengan bisnis online yang lain daripada yang lain.

Pilihlah produk yang masih jarang dijual secara online dan tawarkan kemudahan-kemudahan menarik lainnya. Sistem penghantaran yang cepat dan produk yang siap kirim dapat menjadikan peluang usaha ini berkembang.

5. Bisnis Pulsa

Tidak diragukan lagi, peluang usaha bisnis pulsa semakin marak saja. Sambil kita bekerja bisnis ini dapat kita jalankan. Kita tinggal register saja menjadi agen pulsa dan secara otomatis pulsa akan bertambah. Cara kirimnya hanya tinggal kirim pesan pendek ke operator pulsa kita. Sangat gampang dan tidak merepotkan.

6. Multi Level Marketing (MLM)

Ada banyak jenis MLM yang ditawarkan di pasaran. Pilihlah produk yang memang banyak peminatnya dan jelas jual belinya. Peluang usaha ini dapat menjadi salah satu pendapatan yang menarik bila kita banyak memiliki banyak teman.

Dari mulai tas, sepatu, pakaian, kosmetik, dan berbagai produk konsumtif lainnya, kesempatan usaha yang satu ini cukup menjanjikan. Walaupun kebanyakan dijual dipasaran dengan sistem kredit, kita akan mendapatkan keuntungan yang lumayan bila mampu mengontrol keuangannya dengan baik.

Tentunya bisnis sampingan diatas peluang berhasilnya lumayan tinggi bila kita mampu mengelolanya dengan baik. Usaha apapun bila ditekadkan dengan sungguh-sungguh dan dikontrol secara profesional, akan menghasilkan keuntungan yang membanggakan.

#Cucian Mobil dan Motor

Anda tahu berapa jumlah mobil dan motor di kota besar, khususnya Jakarta? Hemm..dengan jumlah yang begitu besar kenapa tidak kita tangkap peluang usaha dibalik itu? Jeli plus rencana usaha yang matang, itu yang Anda butuhkan.

Tak perlu teori yang muluk – muluk. Siapa yang tak mau kendaraannya bersih dan terawat? Tidak semua orang rajin dan punya waktu membersihkan kendaraannya. Dua hal itulah yang agaknya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk membuka usaha cuci mobil dan motor ini.

Melihat lonjakan jumlah kendaraan bermotor di seluruh Indonesia, sungguh luar biasa. Ini adalah satu celah bisnis yang sangat menarik yang bisa diambil. Tidak perlu terlalu banyak berpikir. Coba ambil satu satu saja peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan bermotor. Bisnis bengkel, suku cadang, tambal ban, atau bahkan bisnis cuci mobil atau bisnis cuci motor. Peluang usaha satu ini tentunya akan sangat menarik.

#Lirikan Jitu

Lirikan jitu itu bukan hanya masalah cinta. Masalah peluang bisnis juga. Mengapa? Tidak ada satu orang pun yang mau mengalami kerugian. Walaupun katanya kegagalan itu adalah guru yang terbaik dan guru yang akan membuat kebangkitan semakin jitu, tetap saja kegagalan itu akan membuat hati menciut walau tak lama. Jangan dikira orang yang mengalami kebangrutan itu tidak bersedih dan tidak sedikit yang akhirnya cukup berlarut dalam merasakan kegagalan itu. Seorang Honda saja hingga mengalami depresi selama 2 bulan ketika salah satu barang miliknya yang ditawarkan kepada Toyota, ditolak. Ia bangkit dan malah membuat produk yang tidak dibuat oleh pihak Toyota. Tetap saja bahwa kegagalan itu menyakitkan.

Mengingat kegagalan itu sakit, maka lirikan jitu terhadap peluang bisnis adalah satu hal yang harus dilakukan dengan jitu juga. Pengamatan dan survei yang tepat harus dilakukan dengan pertimbangan yang sangat matang. Jangan sampai pengamatan itu hanya berdasarkan perasaan dan perkiraan yang tidak didasarkan kepada data empiris yang bisa dilihat dan bisa dipertimbangkan dengan baik. Mempelajari bagaimana melirik satu peluang usaha dengan baik harus benar-benar dipahami dengan baik.

Cara melirik peluang bisnis itu misalnya, Anda bertanya pada diri sendiri apakah Anda tahu berapa jumlah mobil dan motor di kota besar, khususnya Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan? Jutaan, bukan? Dengan jumlah yang begitu besar kenapa tidak kita tangkapdibalik itu? Jeli plus rencana usaha yang matang, itu yang Anda butuhkan. Tak perlu teori yang muluk-muluk. Siapa yang tak mau kendaraannya bersih dan terawat? Tidak semua orang rajin dan punya waktu membersihkan kendaraannya. Dua hal itulah yang agaknya bisa menjadi bahan pertimbangan Anda untuk membuka usaha cuci mobil dan motor ini.

Bila telah mantap membuka usaha pencucian kendaraan bermotor. Pikirkanlah apa yang biasanya yang akan menarik orang datang ke sebuah tempat pencucian? Harga murah dengan pelayanan prima. Itu adalah kunci suksesnya. Kalau begitu, pikirkan siapa yang bisa mencuci motor atau mobil dengan bersih dan peralatan apa saja yang dibutuhkan. Fasilitas apa yang harus disediakan agar memudahkan proses pencucian. Tidak ada yang mau berjam-jam menunggu kendaraannya dicuci. Semua ingin cepat tetapi bersih dan waktu menunggu tidak membosakan.

Tempat

Lokasi tempat usaha adalah salah satu faktor yang sangat menentukan ramai tidaknya usaha cuci mobil dan motor ini. Semakin ramai semakin besar peluang usaha untuk sukses dan meraup keuntungan. Semakin luas tempat usaha tentu juga semakin baik. Namun jangan paksakan kalau Anda baru membuka pertama kali. Sebagai langkah awal Anda bisa menyewa tempat yang dapat memuat 3 motor dan 2 mobil. Mengapa harus menyewa? Karena biaya yang Anda keluarkan akan lebih murah daripada membeli. Toh, dengan menyewa akan lebih memudahkan Anda pindah tempat jika lokasi kurang menguntungkan.

Tidak ada jaminan bahwa tempat itu akan mendatangkan rezeki karena yang mengatur rezeki ada Tuhan. Jangan katakan kalau satu tempat itu membawa hoki. Pendapat ini ditakutkan mengandung kesyirikan. Satu tempat bisa menguntungkan kalau ada usaha untuk promosi dan memberikan pelayanan yang terbaik dengan harga yang pantas. Bila misalnya, tempat itu tidak memberikan keuntungan yang dibayangkan, pasti ada yang kurang pas dengan tempat tersebut. Bisa jadi air atau luas tempat yang bermasalah. Kalau ini yang menjadi kendala, carilah tempat lain yang sekiranya secara ilmu ekonomi tempat tersebut akan mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Jangan pernah menggunakan pertimbangan yang tidak masuk akal dalam menentukan satu tempat usaha. Tetaplah menggunakan logika dan tidak berdasarkan ilmu yang hanya akan membuat hati menjadi terjebak ke dalam kesyirikan.

Modal

Modal awal yang Anda keluarkan memang terhitung lumayan besar, terutama untuk sewa tempat. Anda juga harus mengeluarkan sekian rupiah untuk membeli peralatan cuci motor dan mobil ini, antara lain, kompresor penyemprot air, sikat debu, lap pembersih, selang air, ember, sikat karpet, sabun, dan lain-lain. Belum lagi, Anda harus merekrut karyawan yang baik yang akan memberikan pelayanan yang terbaik. Mencuci mobil atau motor itu harus dengan hati agar kotoran terlihat dengan jelas. Kalau tidak dengan hati dan melakukan pencucian hanya ala kadarnya, hal ini bisa berefek kurang baik terhadap pelanggan.

Seberapa cepat BEP ( Break Event Point ) kembali tergantung kejelian Anda melihat pasar. Anda tentu harus survei lokasi dan melihat seberapa besar kira – kira calon pengunjungnya. Mempertahankan konsumen itu sangat sulit dan lebih sulit daripada mendapatkan konsumen baru. Untuk itulah pemberian pelayanan yang terbaik menjadi satu kunci cepat lambatnya modal kembali. Berikan fasilitas ruang tunggu yang baik dengan perlengkapan seperti makanan dan minuman serta bahan bacaan. Bila perlu sediakan game yang bisa dipakai oleh anak-anak.

Hal ini malah menjadi peluang bisnis yang lainnya. Sediakan game yang gratis dna game yang berbayar. Kalau tempatnya luas, bila perlu sediakan salon kecantikan. Para ibu bisa merawat tubuhnya selagi menunggu mobilnya dicuci. Lingkungan tempat cuci mobil atau motor itu juga diusahakan hijau dan penuh dengan taman yang indah dan rapi. Lingkungan yang rapi dan nyaman itu telah menjadi salah satu modal menarik para konsumen untuk datang dan datang lagi.

Karyawan

Setelah melihat pasar baru Anda bisa menentukan berapa jumlah karyawan. Untuk mengurangi pengeluaran, sebaiknya Anda menerapkan sistem komisi sebagai balas jasa, bukan berupa gaji. Ini lebih memudahkan Anda mengontrol pengeluaran dan kemajuan usaha. Karena dengan sistem komisi tentu karyawan akan lebih terpacu bekerja dibandingkan sistem gaji.

Bila sistem gaji, mereka tahu bahwa mereka pasti mendapat gaji tiap bulan, bisa saja mereka akan malas-malasan dalam melayani pelanggan. Ini tentu tidak baik bagi perkembangan usaha Anda. Besarnya komisi tergantung kesepakatan, namun lebih baik berkisar antara 30 – 40 % dari pendapatan bulanan.

Tiap minggu Anda bisa memberi mereka tips yang sesuai dengan kinerja. Dan menjelang hari raya jangan lupa berikan THR yang sesuai dengan standar peraturan pemerintah. Mereka bahagia, Andapun dapat mempertahankan karyawan agar tetap bekerja dengan Anda setelah hari raya.

Untuk meningkatkan kualitas usaha cuci ini, Anda sebaiknya mentraining karyawan dengan peraturan dan etika dalam melayani pelanggan.Misal, selalu tersenyum tiap ada konsumen datang, mengucapkan terima kasih. Kelihatannya sepele, namun siapa yang sudi datang kembali ke tempat Anda bila karyawan selalu cemberut dan tidak sopan.

Bila ingin praktis dan tidak repot, Anda juga bisa membeli paket usaha ini dengan sistem franchise. Biasanya mereka sudah menyediakan peralatan usaha dan sistem manajemennya, jadi Anda hanya menyediakan dana saja.

Tips Mempertahankan Konsumen

#Harga Kompetitif

Jangan terlalu mahal agar konsumen datang kembali, namun jangan terlalu murah bila akhirnya pelayanan pada konsumen tidak maksimal. Buat bengkel Anda semenarik mungkin, caranya desain bengkel cuci Anda dengan warna dan interior yang enak dipandang mata. Berikan sesuatu yang khas dan yang lain daripada tempat pencucian lain.

#Sediakan ruang/tempat tunggu yang nyaman

Setel lagu – lagu yang lembut agar suasana menyenangkan. Bila perlu sediakan juga minuman dan makanan kecil yang bisa dibeli. Jadi sambil menunggu motor atau mobil dicuci, konsumen bisa memesan makanan dan minuman. Selain menambah pemasukan, konsumen juga tidak bosan.

#Voucher

Anda bisa menyediakan voucher setiap kali konsumen datang. Misal, setiap 10 kali mencuci mereka akan mendapatkan cuci gratis 1x.Ini bisa menjadi salah satu daya tarik dan kelebihan bengkel Anda.

#Desain semenarik mungkin

Buat bengkel Anda semenarik mungkin, caranya desain bengkel cuci Anda dengan warna dan interior yang enak dipandang mata.

Peluang usaha, terutama bidang jasa akan maju namun sangat tergantung pada seberapa tulus melayani pelanggan. Jangan hanya berfikir mencari untung semata. Toh, uang akan datang dengan sendirinya bila pelanggan puas, Anda setuju bukan?

Review Peluang Usaha

Terbaru di Peluang Usaha | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Berikut berbagai Cara Membuka Usaha Makanan sendiri terutama untuk pemula agar sukses dalam bisnis ini. Berbagai analisa dan pertimbangan yang perlu diketahui dan dilakukan terlebih…

Terbaru di Peluang Usaha | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil untuk menangkap peluang bisnis ini wajib diketahui dan disiapkan sejak awal. Agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik diawal…

Terbaru di Peluang Usaha | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Agrowisata atau wisataagro adalah kegiatan wisata yang berlokasi atau berada di kawasan pertanian secara umum lebih dikhususkan pada areal Holtikultura dalam hal ini pada lahan…

Terbaru di Peluang Usaha | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Inilah Cara Budidaya Tanaman Jamur Tiram sederhana di rumah yang cocok untuk pemula. Cara dan prosesnya relatif mudah dipelajari serta dipraktekan. Untuk modalnya juga relatif…