Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Cara Memakai Jilbab Kreasi yang Praktis dan Syar’i

Berikut ini cara memakai jilbab kreasi yang praktis dan sesuai dengan syar’i (menutup aurat). Jilbab jenis ini hadir sebagai jawaban untuk menarik remaja agar mau menggunakan hijab. Sebab biasanya remaja maupun wanita dewasa paling takut disuruh pakai jilbab. Katanya tidak modern dan jadi tidak menarik penampilannya. Tapi, jangan takut dan ragu untuk memakai jilbab ya, selain untuk melaksanakan kewajiban, kini jilbab pun dapat dipakai dengan berbagai macam gaya yang trendi dan modis.

Cara memakai jilbab kreasi

Memakai jilbab kreasi terbukti dapat menambah cantik penampilan wanita.  Apalagi sekarang banyak produsen jilbab yang menjual berbagai macam bentuk dan model jilbab yang bagus-bagus. Saat ini pun telah banyak diproduksi berbagai jenis dan gaya jilbab. Bagi para pemakai jilbab tak perlu lagi merasa takut dan khawatir akan ketinggalan mode.

Jilbab dalam Pandangan Islam

Salah satu tuntunan dalam agama Islam bagi wanita muslim adalah memakai jilbab. Memakai jilbab merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi wanita muslim yang telah akil baligh.  Menutup aurat seperti rambut hukumnya adalah wajib sesuai dengan perintah Allah SWT dalam QS. An Nuur ayat 31.  

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya…”

Dari petikan terjemahan Al-quran di atas yang dimaksud dengan jilbab adalah khimar atau kain kerudung. Jilbab dalam pandangan Islam adalah sepotong kain yang digunakan untuk menutup aurat seperti rambut sampai menutup dadanya.

Tapi ada juga pendapat yang menyatakan bahwa jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh badan. Hal ini didasarkan pada QS. Al-Ahzab ayat 59 yang artinya:

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam surat Al-Ahzab di atas ada kata yang disebut dengan jilbab. Jilbab pada ayat ini berarti sebuah pakaian longgar dan terusan yang digunakan untuk menutupi tubuh seorang wanita. Jadi arti jilbab pada kedua ayat ini berbeda. An-Nuur ayat 31 lebih mengarah pada kain penutup kepala sampai dada seorang wanita sedangkan Al-Ahzab 59 ini lebih mengarah kepada arti jilbab sebagai sebuah pakaian.

Pada umumnya, masyarakat kita memahami jilbab sebagai penutup rambut dan dipakai bersama baju panjang yang menutup aurat. Perlu dipahami lebih mendalam bahwa jilbab adalah kain yang digunakan untuk menutup kepala, bukan hanya sekedar rambut.

Banyak sekali wanita yang memahami bahwa jilbab hanyalah penutup rambut belaka. Jadi kebanyakan dari mereka memilih jilbab yang hanya menutup rambut mereka tapi masih memperlihatkan bagian telinga dan leher mereka. Fakta yang seperti ini kurang memenuhi makna jilbab yang sesungguhnya.

Saat ini telah diproduksi banyak sekali jenis jlibab mulai dari jilbab langsung pakai sampai jilbab yang dapat dikreasikan dengan berbagai bentuk. Untuk kebanyakan wanita yang menyukai kepraktisan, mereka akan memilih jilbab langsung pakai karena jilbab ini sangat praktis digunakan. Tinggal dimasukkan ke dalam kepala tanpa ada tindakan lanjut dalam pemakaiannya.

Untuk jenis jilbab yang masih harus digunakan dengan bantuan peniti dan aksesois lain pun juga masih diminati banyak wanita. Terlebih saat ini pemakaian jilbab ini dapat dikreasikan dengan berbagai gaya sehingga menimbulkan kesan yang cantik dan menarik.

Untuk memakai jilbab jenis ini, kebanyakan wanita masih membutuhkan aksesoris tambahan seperti peniti, jarum pentul, ciput, pita dan masih banyak aksesoris lain yang dapat disertakan dalam pemakaian jilbab.

Tips Memilih Jilbab

Sebelum mengetahui cara memakai jilbab kreasi, yuk kita lihat beberapa tips dalam memilih jilbab.  Tips ini antara lain:

Sesuaikan dengan makna jilbab yang sesungguhnya. Ketika memilih jilbab, hal utama yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda adalah apakah jilbab tersebut akan menutupi aurat Anda secara sempurna. Seorang wanita muslim yang memiliki iman yang kuat dan percaya akan kewajibannya untuk menutup aurat dengan memakaikan jilbab di kepalanya pasti akan melakukan hal ini. Jilbab yang seperti ini disebut dengan jilbab yang syar’i.

Aspek inilah yang menjadi pertimbangan utama. Untuk pertimbangan aspek gaya dan mode menjadi pertimbangan selanjutnya. Yag terpenting adalah bahwa jilbab tersebut akan menutupi auratnya secara sempurna yaitu bagian kepalanya sampai ke dadanya.

Lihat model atau bentuk jilbab. Banyaknya model atau bentuk jilbab yang ada terkadang membuat kita sendiri bingung dalam memilihnya.  Tapi jangan lupa memilih model yang sesuai dengan kebutuhan kita dan bentuk wajah kita.  Sekaligus menyesuaikan dengan cara memakai jilbab kreasi yang kita inginkan.

Pemilihan dalam hal warna juga diperlukan. Kita harus mencari info yang sebanyak-banyaknya tentang warna jilbab yang sesuai dengan warna kulit kita. Warna jilbab apa yang akan membuat kita lebih cantik dan warna jilbab apa yang justru akan merusak penampilan kita jika disesuaikan dengan warna kulit kita.

Model atau bentuk jilbab terkadang juga disesuaikan dengan jenis pakaian yang kita kenakan. Terkadang kita memilih jilbab yang dicocokan dengan jenis pakaian kita. Karena padu padan antara jilbab dan pakaian sangatlah dibutuhkan. Jilbab yang terlihat matching dengan pakaiannya akan memberi kesan lebih cantik dan menarik daripada jilbab yang tak sesuai dalam hal warna dan gaya dengan pakaian yang dikenakan.

Kalau memilih jilbab yang langsung pakai, biasanya lebih simpel dan ringkas, tapi perhatikan ukuran lubang untuk muka/wajah.  Biasanya, ukuran semua jilbab standar tapi ada juga yang dibuat lebih kecil bahkan ada yang lebih besar.

Sesuaikan dengan tujuan pemakaian. Membeli dan memilih jilbab harus sesuai dengan tujuan pemakaian.  Kalau hanya untuk di rumah, mungkin Anda akan lebih memilih jilbab berbahan kaos yang modelnya lebih sederhana. Selain itu cara memakai jilbab kreasi juga tidak terlalu ribet dan mudah dipakai.

Tapi untuk ke acara yang lebih resmi seperti ke kantor maupun acara pesta dan lainnya, cara memakai jilbab kreasinya lebih banyak dan dapat ditambah dengan aksesoris yang cantik.

Bahan kain yang dipakai. Nah, bahan kain yang enak digunakan untuk jilbab adalah yang berbahan dasar katun karena menyerap keringat serta tidak panas.  Bahan kaos juga menjadi pilihan, atau bahan lain tapi lebih ringan dan dingin. Bahan ini akan membantu kita dalam memakai jilbab karena akan menghindarkan dari kita rasa gerah saat terkena panas matahari.

Cara memakai jilbab kreasi ini adalah dengan memadukan bahan kain yang lebih tipis dengan bahan kain yang lebih tebal.

Cara Memakai Jilbab Kreasi

Sebenarnya memakai jilbab itu tidak sulit, apalagi sekarang ini banyak pilihan jilbab yang bisa kita kenakan.  Aneka jilbab dapat dipakai ke sekolah, ke tempat kerja, acara pesta, dan lainnya.  Jangan kahwatir, kini banyak cara memakai jilbab kreasi yang bisa menambah cantik penampilan kita.

Berikut ini cara memakai jilbab kreasi yang praktis dan sesuai dengan syar’i (menutup aurat):

  • Siapkan ciput dan jilbab segiempat dua buah.  Warnanya bisa sama, bisa juga berbeda tergantung dari keinginan kita.  Hanya saja usahakan serasi dengan warna baju yang akan dipakai.
  • Siapkan peniti kecil dan beberapa jarum pentul.
  • Sebagai alas jilbab, pasang ciput terlebih dahulu.  Ada banyak macam ciput, bisa yang model polos, dari bahan kaos maupun bahan satin.  Fungsi ciput ini untuk menahan agar rambut tidak terlihat/keluar dan untuk menahan jilbab agar lebih kuat terpasang.
  • Cara memakai jilbab kreasi berikutnya yaitu dengan memakai jilbab segiempat pertama seperti biasa, lipat dahulu jilbab segiempat tadi menjadi segitiga, lalu pasang salah satu  ujung jilbab ke arah leher (dililit), rapikan dengan peniti.
  • Pasang jilbab segiempat yang kedua, dengan cara yang sama, diatas jilbab yang pertama.  Ekor jilbab yang pertama diangkat ke atas jilbab kedua dan diberi jarum pentul.
  • Sisa dari ujung jilbab kedua inilah yang akan dibuat berbentuk bunga. Caranya pilin dan bentuk ujung jilbab menjadi bunga dan sematkan jarum pentul setiap selesai dibentuk.  Lakukan sampai ujung jilbab habis.

Nah, tidak terlalu sulit kan cara memakai jilbab kreasi ini?  Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.  Tapi, kalau mau yang lebih praktis sebenarnya banyak model jilbab berbentuk dua warna dan ada hiasan bunga seperti ini yang banyak dijual dalam bentuk jadi/siap pakai

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.