Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Cara Membuat Online Shop Ini Bisa Buat Kita Jadi Jutawan

Oleh INDRA

Kini siapa yang tidak tergoda untuk menjalankan sebuah bisnis, entah itu bisnis masakan, bisnis investasi, bisnis fesyen, dan bisnis lainnya. Namun untuk menjalankannya masih banyak yang beranggapan miring, salah satunya dengan tidak adanya modal. Namun untuk mengakali alasan tersebut, ada bisnis yang bisa dibuat dengan mudahnya, yakni toko online atau disebut juga dengan online shop. Lantas, bagaimanakah cara membuat online shop itu?

Cara Membuat Online Shop

Online shop ini tidak berbeda jauh dengan toko-toko yang lainnya, hanya saja ada sedikit perbedaan yang bisa dikenali. Jika toko pada umumnya dilakukan di sebuah tempat, dengan bangunan yang berdiri kokoh, tidak demikian dengan online shop. Toko jenis ini tidak mempunyai bangunan yang berdiri kokoh, melainkan hanya sebuah jaringan yang bermodalkan jaringan internet atau dunia maya. Namun masih sama-sama menjual produk atau jasa.

Cakupan dari online shop ini sangat luas, bisa mencapai hinggai seluruh negeri atau seluruh dunia. Media yang dibutuhkannya pun tidak perlu ribet karena hanya bermodalkan alat yang sederhana. Beberapa media pendukung tersebut berupa komputer atau laptop atau smartphone, dan internet yang memadai. Jika semua itu telah dimiliki maka kita pun bisa menjalankannya.

Cara Membuat Toko Online

Ulasan pembuka itu rasanya bisa memberi gambaran seperti apa cara kerja online shop itu. Sekarang saatnya untuk mengetahui cara membuat online shop. Ini dia cara-caranya:

• Langkah pertama

Untuk melakukan langkah pertama ini adalah dengan menentukan apa yang akan kita jual di toko tersebut. Seperti namanya ‘toko’ tentu saja harus ada sesuatu yang ditawarkan. Kita bisa mencari inspirasi di luaran, seperti berjualan barang fisik (kamera, buku, fesyen, dan lainnya), jualan jasa (bersih-bersih kostan, pembuatan website, tour dan travel, dan masih banyak lagi), atau jualan barang yang sifatnya digital (ebook, software, kursus online, dan lainnya).

TERKAIT :  Takdir Allah Pasti yang Terbaik

Jika kita telah menentukan apa yang hendak dijual dan yakin, tentunya kita harus siap untuk melangkah ke langkah selanjutnya.

• Langkah kedua

Dalam langkah kedua ini kita diharuskan untuk memiliki media atau lapak. Lapak tersebut akan berguna untuk mempromosikan apa yang kita jual. Sebagai contohnya kita bisa menentukan jualan melalui lama Facebook, Twitter, blog, website, Bukalapak, OLX, atau sejenisnya. Semua itu perlu dilakukan karena jualan ini sifatnya adalah di dunia maya.

Untuk menggunakan langkah ini, minimalnya kita bisa gunakan laman media sosial karena gratis. Kita bisa dengan leluasa menjual dan mempromosikan. Namun dengan menggunakan media sosial ini masih belum cukup kuat. Kenapa? Karena jika jualan kita sudah mulai serius dan besar, kita membutuhkan website.

Dengan mempunyai website tersebut cakupan jualan kita akan lebih luas lagi. Bahkan kita pun akan memiliki kepercayaan dari calon konsumen. Untuk memiliki website pun tidak sulit karena ada dua yang bisa ditawarkan, yakni website berbayar dan website gratisan. Sebagai contoh untuk website yang berbayar, www.doyangemil.com, sedangkan untuk yang gratisan, http://rajabisnis.wordpreess.com.

Jika langkah kedua ini sudah terpenuhi, lalu bersiaplah untuk menuju ke langkah ketiga.

• Langkah ketiga

Dalam langkah ketiga ini akan diulas mengenai optimasi dari media sosial dan website yang sudah kita buat. Apa yang akan dilakukan dengan keduanya? Tentunya harus ada pembaruan berita, seperti update jualan terbarunya atau informasi lainnya. Inti dari kepemilikan media sosial dan website itu adalah untuk mempromosikan jualan kita.
Khusus untuk website, di sana harus tertera alamat lengkap, nomor yang bisa dihubungi, profil perusahaan, atau galeri. Semua itu harus ada agar yang berkunjung ke website kita bisa mendapatkan kepercayaan.

TERKAIT :  Rajin Berbicara di Internet Bisa Banyak Uang

Selain itu, website pun harus diisi dengan konten atau galeri yang bagus dan berkualitas. Disebut berkualitas tentunya harus dengan original alias tidak menyalin dari yang lain/plagiasi. Hal ini adalah untuk menguatkan website tersebut di mata mesin pencari, seperti Google, Yahoo, atau Bing.

Sambil membuat konten yang bermutu, lakukan juga promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan mengandalkan media sosial. Hal ini akan diuntungkan jika kita memiliki teman dengan jumlah yang cukup banyak. Jangan lupa arahkan calon konsumen dengan mencantumkan alamat website milik kita. Jika tidak, kita juga bisa mengarahkan mereka ke nomor telepon, alamat email, atau lainnya yang dirasa nyaman.

Selesai dengan langkah tersebut, mari kita ulas langkah pamungkas dari bahasan tentang cara membuat online shop ini.

• Langkah keempat

Untuk menjalankan sebuah toko online atau apa pu itu, satu hal yang harus diperhatikan adalah fokus. Kenapa? Dengan fokus terhadap apa yang sedang kita lakukan, pengembangan usaha kita akan jauh lebih cepat. Pun demikian dengan mendirikan online shop.

Meski dirasa mudah dalam mendirikan online shop, namun tetap saja urusan fokus harus tetap dikedepankan. Bagaimana agar kita bisa fokus menjalankan bisnis tersebut?

Setidaknya ada empat langkah dasar yang wajib kita jalankan, yakni:

  • Lakukan pembaruan/update terhadap toko online tersebut.
  • Luangkan waktu yang berkualitas untuk mengurus toko online.
  • Promosikan dengan gencar.
  • Cari informasi terbaru yang berkaitan dengan bisnis yang kita jalankan.

Apa yang kita dapatkan dari toko online?

Apa yang akan kita dapatkan dengan membuka toko online? Hal yang paling utama ialah keuntungan, bukan? Tidak dipungkiri dengan membuka sebuah toko online, keuntungan yang bisa didapat akan jauh lebih besar dari yang kita bayangkan. Namun selain itu, ada tiga hal yang membuat kita harus membuka toko online ini.

TERKAIT :  Takdir Allah Pasti yang Terbaik

1. Cakupan pasar yang sangat luas

Untuk memasarkan apa yang kita jual di toko online bisa dilakukan dengan mudahnya. Dengan mengandalkan media internet, kita bisa melakukan itu hingga ke berbagai pelosok, termasuk luar negeri. Selain itu, jualan kita pun bisa menjangkau berbagai usia serta berbagai kalangan.

2. Biaya yang dikeluarkan bisa dihemat

Dalam urusan pengeluaran dana, toko online ini akan jauh lebih hemat dibanding dengan toko offline. Jika toko offline kita diharuskan memiliki sebuah bangunan, jika tidak kita harus menyewa atau membelinya. Jika diharuskan memakai karyawan, tentunya ada gaji yang harus dikeluarkan untuk mereka.

Lain halnya dengan toko online, kita bisa melakukannya di rumah sekalipun. Untuk biaya, kita hanya akan dibebankan dengan jaringan internet dan pembuatan website dan hosting, itupun jika menggunakan website berbayar. Untuk penggunaan karyawan, kita bisa menghapusnya karena itu bisa dilakukan oleh sendiri.

3. Pemberian informasi jauh lebih akurat dan lengkap

Untuk hal ini, informasi yang diberikan akan lebih mendetail dibanding dengan toko offline. Kita hanya tinggal mencantumkan secara gambling tentang jualan kita dalam sebuah tulisan. Selain itu, kita pun bisa memasang banyak foto agar membuat calon konsumen tertarik. Untuk medianya pun akan jauh lebih luas, jadi bisa memajang apa saja di toko online tersebut.

Semua informasi mengenai bagaimana cara membuat online shop sudah kita dapatkan. Sekarang tinggal kita untuk mengaplikasikannya. Selamat mencoba.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG | Tampil: 94 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya