Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Bandung

Bandung merupakan sebuah kota yang dapat dikatakan cukup besar di Indonesia. Selain menjadi ibukota Jawa Barat, Bandung juga disebut-sebut sebagai ibukota negara kedua setelah Jakarta. Hal ini disebabkan oleh perkembangan Kota Bandung yang tidak kalah pesat dengan Jakarta.

Saat ini Bandung yang dijuluki Paris Van Java ini menjadi sebuah kota yang tujuan para pelancong dari pelosok Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, Bandung seringkali menjadi tujuan wisata baik itu wisatawan asing maupun lokal yang menginginkan suasana baru dan tidak akan pernah ditemui di kota lain.

TENTANG KOTA BANDUNG

Gerbang Depan Paris Van Java Mall

Gerbang Depan Paris Van Java Mall (Minggu, 28/04/2019). Salah satu tempat yang wajib di kunjungi saat liburan di kota Bandung. (Sumber: Swiss-Belhotel)

Setiap hari libur atau weekend, Bandung menjadi serbuan wisata bagi semua penduduk di Indonesia. Bahkan ketika libur panjang, Bandung akan menjadi sangat padat karena penduduk dari kota-kota lain akan berwisata ke Bandung dan memadati seluruh kawasan wisata di Bandung. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini Bandung menjadi icon parawisata yang paling banyak dituju oleh wisatawan.

#WISATA KULINER DI BANDUNG

Jika berbicara mengenai wisata kuliner di Bandung, tentu beberapa lembar kertas pun tidak bisa mewakili seluruh kuliner yang ada di Bandung. Selain terkenal dengan kreativitas dalam seninya, Bandung juga terkenal akan panganan-panganan lezat yang tidak bisa dijumpai di kota-kota lainnya.

Suasana Kedai Batagor Riri Bandung

Suasana Kedai Batagor Riri Bandung (Minggu, 28/04/2019). Salah satu oleh oleh khas Bandung sejak tahun 1985. (Sumber: oleholehkhasbandung)

Wisata kuliner di Bandung sangatlah beragam, dari mulai panganan kaki lima, restoran, kafe, bahkan hingga kantin-kantin makanan. Kuliner yang ada di Bandung menyuguhkan berbagai macam jenis makanan, mulai dari batagor alias baso tahu digoreng, surabi, baso tahu, dan masih banyak lagi.

Semua jenis makanan tersebut sering menjadi tujuan utama bagi para pelancong disluruh penjuru negeri.

Berikut adalah beberapa tempat makanan di Bandung yang terkenal dengan panganannnya;

1. Batagor RiRi

Batagor yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng merupakan penganan khas dari Kota Bandung. Batagor merupakan salah satu penganan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Bandung. Tidak tangung-tanggung, batagor ini sudah terkenal hingga ke seluruh pelosok Indonesia.

Batagor RiRi merupakan sebuah warung makan yang menyediakan jenis-jenis makanan yang terbuat dari baso, seperti baso tahu, baso urat, batagor, dan lain sebagainya. Dari semua makanan yang disediakan, batagor RiRi lah menu yang paling disarankan untuk dicoba.

Batagor RiRi bertempat disebuah warung makan di Jalan. Burangrang no.41 Bandung. Batagor ini juga dikenal dengan sebutan “batagornya artis”, karena di warung tersebut terpampang deretan foto-foto artis ibu kota yang pernah singgah dan menikmati batagor di warung makan tersebut.

Harga yang dipatok di warung batagor RiRi ini cukup terjangkau, dengan kisaran harga 10.000 hingga 25.000 untuk satu porsinya, semua orang bisa menikmati kuliner yang terkenal tersebut. Selain makanan, di warung Batagaor RiRi ini juga disediakan berbagai macam minuman yang menyegarkan, seperti es kelapa muda, es jeger (es jeruk seger), fresh juice, yoghurt, dan masih banyak lagi.

2. Brownies Kukus Amanda

Brownies kukus merupakan salah satu penganan yang khas dari Bandung. Semua orang tentu tidak asing lagi dengan penganan lezat brownies ini. Salah satu pelopor brownies kukus di Bandung yang terkenal adalah Brownies Kukus Amanda. Brownies Kukus Amanda merupakan salah satu penganan yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk para wisatwan asing atau lokal di Bandung.

Dengan pusat yang bertempat di Jl. Rancabolang No. 29, Margahayu Raya ini, Brownies Kukus Amanda sudah menjadi makanan terkenal di seluruh antero Bandung khususnya.

Harga yang ditawarkan untuk satu loyang brownies kukus ini cukup terjangkau. Dengan harga sekitar 24.000 hingga 47.000 rupiah, para wisatawan bisa membawa pulang satu loyang brownies yang sangat bervariatif rasanya. Dari mulai brownies original yang merupakan brownies kukus cokelat, tiramisu, keju, pandan, dan lain sebagainya, lidah Anda akan dimanjakan dengan kelezatan rasanya.

3. Gepuk Ny. Yong

Gepuk Ny. Yong merupakan salah satu tempat makanan yang dapat dikatakan serbaguna. Di tempat ini para wisatawan bisa menikmati kuliner khas Bandung atau makanan khas Sunda yang disediakan lebih dari 50 jenis. Namun, dari banyaknya jenis makanan yang dijual di Gepuk Ny. Yong ini ada satu jenis makanan yang paling menonjol, yaitu Gepuk.

Gepuk merupakan sebutan untuk jenis makanan yang diolah dari daging sapi. Dari tampilannya, gepuk dari Bandung ini mirip dengan empal. Namun, cara pengolahan dan bumbu-bumbu yang digunakan untuk kedua jenis makanan tersebut sangatlah berbeda.

Gepuk Ny. Yong tersedia dalam dua rasa, yaitu manis dan pedas. Varian menu ini disediakan untuk memanjakan lidah para wisatawan yang menyukai makanan manis atau pedas. Pengunjung bahkan bisa memesan gepuk setengah matang yang nantinya bisa digoreng di rumah, sehingga gepuk akan tahan lebih lama. Harga satu porsi gepuk ini cukup terjangkau, hanya dengan 9.000 para wisatawan bisa menikmati satu potong Gepuk Ny. Yong ini.

Masih banyak penganan khas Bandung yang terkenal lainnya, seperti Surabi, Brownies Prima Rasa, Pisang Bollen Kartika Sari, sate kelinci dan masih banyak lagi. Semua makanan khas tersebut mampu membuat para wisatawan rela pulang pergi untuk kembali lagi ke Kota Bandung. Selengkapnya…

#TEMPAT WISATA DI BANDUNG

Selain memiliki wisata kuliner yang lengkap dan terkenal, Bandung juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah ramainya dengan wisata kuliner. Wisata di Bandung ini adalah wisata alam Bandung.

Wisata alam Bandung menyuguhkan pesona dan pemandangan alam Bandung yang masih sejuk dan terpelihara. Banyak wisatawan lokal datang ke Bandung untuk berbelanja dan berwisata kuliner, sehingga wisata alam di Bandung pun tidak pernah sepi pengunjung.

Selain memberikan suasana alam yang sangat memesona, wisata alam di Bandung juga memberikan edukasi dan pengalaman yang tidak dapat didapatkan dikota-kota lain. Dari mulai air terjun, kawah gunung, hingga perkebunan, semuanya tersedia di Bandung.

1. Bumi Perkemahan Rancaupas

Bumi perkemahan Rancaupas sering dijadikan sebagai tempat berkemah oleh para pecinta alam. Hawanya yang dingin karena masih dikelilingi oleh suasana pegunungan membuat tempat wisata ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata seluruh keluarga.

Selain menawarkan tempat untuk berkemah, tempat ini juga menawarkan tempat wisata yang lainnya, seperti adanya penangkaran rusa, wisata gunung, dan lain sebagainya. Ditempat ini, para wisatwan bisa melihat rusa-rusa yang sengaja didatangkan langsung dari Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

Keindahan Perkebunan Teh Ciwalini Bandun

Keindahan Perkebunan Teh Ciwalini Bandung (Minggu, 28/04/2019). Salah satu destinasi wisata alam yang menarik dan indah di pandang mata. (Sumber: tempatwisatadibandung)

2. Perkebunan Teh Ciwalini

Perkebunan teh Ciwalini terletak di daerah Ciwidey Bandung. Di tempat wisata ini, para wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang begitu indah dan masih sangat sejuk karena jauh dari keramaian jalan raya.

Sepanjang jalan masuk, di perkebunan teh ini menyuguhkan pemandangan perkebunan teh yang terhampar luas dan begitu indah. Selain itu, para wisatawan juga bisa berenang di kolam pemandian air hangat.

Untuk para wisatawan yang berniat untuk menginap, di sini juga disediakan tempat penginapan dengan berbagai macam fasilitas di dalamnya.

3. Kawah Putih

Jika pergi ke daerah Utara Bandung, Anda akan menemukan tempat wisata alam yang disebut dengan kawasan Ciwidey. Di Ciwidey ini para wisatawan akan menemukan lokasi wisata yang berupa kawah gunung yang sangat terkenal dengan nama Kawah Putih.

Kawah yang berlokasi tidak jauh dari Bumi Perkemahan Rancaupas ini banyak digunakan sebagai tempat prewedding hingga menjadi lokasi syuting beberapa film nasional.

4. Situ Patenggang

Tempat wisata alam lainnya adalah Situ Patenggang. Situ ini merupakan tempat wisata menarik dengan keindahan alam yang masih sangat terjaga. Situ yang berarti danau ini memiliki keindahan yang sangat romantis dengan sebuah pulau yang bernama Pulau Asmara.

Di Pulau Asmara ini terdapat “Batu Cinta” yang mitosnya adalah tempat bertemunya Ki Santang dan Dewi Rengganis. Untuk menuju ke Pulau Asmara ini para wisatawan bisa meyewa rakit yang disewakan oleh penduduk sekitar.

Masih banyak tempat wisata Bandung lainnya yang tidak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan, seperti tempat wisata berbelanja, tempat rekreasi, dan lain sebagainya. Semua itu bisa didapatkan sekaligus di kota Bandung. Selengkapnya…

#Mall di Bandung

Mall di Bandung menjadi salah satu tempat tujuan bagi para wisatawan yang datang ke kota ini. Bermula dari banyaknya peminat yang datang ke Bandung, mall-mall pun didirikan di kota ini. Sekarang, mall di Bandung sudah cukup banyak. Semua tersedia dalam beberapa konsep. Seperti apa? Simak pada artikel-artikel berikut ini! Selengkapnya…

#Hotel di Bandung

Seperti yang Anda ketahui, hotel adalah tempat tinggal sementara. Ada banyak nama dan jenis hotel yang ada. Untuk Anda yang sedang ada di kota Bandung dan mencari hotel untuk Anda sewa, inilah informasi lengkap yang bisa diberikan mengenai hotel di Bandung. Selengkapnya…

#Pegunungan di Bandung

Pegunungan selalu menawarkan udara sejuk yang menenangkan, tak berbeda dengan pegunungan di Bandung. Bandung dilingkung ku gunung, begitu slogan yang sudah akrab di kalangan masyarakat Bandung. Artinya bahwa Bandung dikelilingi oleh gunung. Lalu, apa saja pegunungan di Bandung? Simak pada artikel-artikel berikut ini! Selengkapnya…

#Restoran di Bandung

Restoran di Bandung bisa Anda kunjungi ketika berada di kota kembang tersebut. Ragamnya bervariasi. Menu yang ditawarkannya juga takkalah banyak. Restoran di Bandung benar-benar menambah liburan Anda di Bandung akan lebih menyenangkan. Selengkapnya…

#Belanja di Bandung

Belanja di Bandung? Sebagian dari Anda mungkin sering melakukannya setiap akhir pekan. Belanja di Bandung memberikan Anda pengalaman berbelanja yang seru. Tempat-tempat seperti Cihampelas bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan pakaian-pakaian menarik. Selengkapnya…

Demikianlah pembahasan mengenai Kota Bandung, semoga bermanfaat.

Review Bandung

Terbaru di #Jelajah Bandung | Diposting oleh INDRA, Jumat 7 Juni 2019.

Bandung merupakan salah satu destinasi para wisatawan dari berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri. Itulah sebabnya di kota ini banyak terdapat tempat asyik dan…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Wisata Kuliner | Diposting oleh INDRA, Jumat 7 Juni 2019.

Rumah Sosis jl Setiabudi Bandung salah satu tempat yang menyajikan sensasi kuliner yang enak dan lezat dengan fasilitas hiburan yang lengkap. Mulai dari kolam renang,…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 7 Juni 2019.

Wisata Kampung Daun Lembang Bandung adalah salah satu tujuan wisata terbaik untuk liburan bersama keluarga tercinta. Apa saja keunggulan tempat ini? berikut informasinya kami sajikan…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Rabu 22 Mei 2019.

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi dan Jangan Sampai Terlewatkan Saat Anda Liburan di Kota Ini. Sebab tidak hanya menarik, tapi juga hits dan…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Senin 29 April 2019.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Jawa Barat. Objek wisata ini terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung,…

Terbaru di #Jelajah Bandung | Diposting oleh Dank Rian, Senin 29 April 2019.

Inilah 6 kolam renang di Bandung yang viewnya bagus dengan harga murah. Tempat yang pas untuk mengisi liburan dengan hal yang bermanfaat. Karena olahraga ini…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Jumat 26 April 2019.

Ini dia 7 tempat wisata di Bandung yang instagramable dengan spot foto yang bagus untuk mengabadikan moment kebersamaan bersama orang-orang tercinta. Berikut informasi lengkapnya kami…

Terbaru di Wirausaha | Diposting oleh INDRA, Minggu 3 Februari 2019.

Tips Memulai Bisnis Travel Bandung – Travel Bandung dapat dijadikan pilihan tepat untuk memulai bisnis travel. Karena Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi…