Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Budaya

Pengertian Budaya adalah cara hidup, berkembang dan dimiliki secara bersama-sama oleh sebuah kelompok, yang nantinya akan diberikan kepada generasi berikutnya. Dapat terbentuk dari dari kebiasaan masyarakatnya. Di dalamnya terdapat berbagai macam unsur yang tidak sederhana, yaitu karya seni, pakaian, perkakas, adat istiadat, politik,sistem agama, terutama bahasa.

Pengertian Budaya

Bahasa merupakan salah satu bagian yang ada di dalamnya, yang tidak akan pernah bisa terpisahkan. Hal ini dikarenakan bahasa berperan penting dalam perjalanan hidup manusia. Dengan demikian muncul anggapan, bahwa secara genetis mereka menganggap bahwa bahasa yang ada merupakan hasil warisan nenek moyang mereka.

Ketika  individu atau seseorang dari anggota masyarakat, melakukan komunikasi dengan individu lainnya yang memiliki kebudayaan berbeda, individu tersebut harus beradaptasi dengan cara menyesuaikan perbedaan yang ada. Hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu bukti bahwa budaya yang ada memang untuk dipelajari.

Budaya merupakan pola dalam kehidupan yang secara menyeluruh mempunyai sifat luas, abstrak dan kompleks. Beragam macam aspek yang ada pada budaya, memberikan pengaruh terhadap perilaku komunikatif antar individu satu sama lainnya. Unsur-unsur yang ada pada sosial dan budaya ini telah mengalami penyebaran dengan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan oleh manusia.

Citra dalam berbudaya memang mempunyai sifat yang memaksa. Dengan itu, hal budaya merupakan bekal anggota masyarakat. Selain itu, budaya juga menghasilkan berbagai nilai logis yang berasal dari anggota masyarakat agar persaudaraan semakin terasa di antara satu sama lain.

Pengertian Kebudayaan

Kebudayaan mempunyai hubungan yang erat dengan kumpulan individu yang bergabung menjadi kelompok di dalam lingkungan masyarakat. Malinowski yaitu salah seorang ahli berpendapat bahwa kebudayaan sangat berpengaruh terhadap semua komponen yang ada di dalam masyarakat. Pendapat yang dikemukakan oleh Malinowski ini disebut dengan cultural-determinism.

Memang, pendapat mengenai definisi budaya hadir dalam beberapa versi. Namun, bila disimpulkan, kebudayaan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang akan memberikan dampak langsung baik dari segi pengetahuan yang berkaitan dengan segala macam gagasan, mau pun ide yang ada pada logika manusia, yang membuat kebudayaan itu memiliki sifat abstrak di dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara, bentuk atau wujud nyata dari kebudayaan adalah berbagai benda atau barang yang dibuat oleh manusia sebagai makhluk hidup yang berbudaya baik dari barang yang sifatnya nyata atau pada perilaku, contohnya bahasa, pola perilaku, seni, religi, organisasi sosial dan masih banyak yang lainnya. Yang terpenting, segala hal yang telah diciptakan oleh manusia tersebut pastinya merupakan sesuatu yang bisa melancarkan keberlangsungan kehidupan di lingkungan masyarakat.

Unsur-unsur Budaya

Berdasarkan dengan pendapat dari para ahli, berikut ini adalah unsur atau komponen yang ada di dalam kebudayaan:

  • Menurut Melville J. Herskovits, kebudayaan mempunyai unsur pokok 4 macam, antara lain kekuasaan politik, keluarga, sistem ekonomi, dan juga alat-alat teknologi.
  • Sedangkan, pendapat yang dikemukakan oleh Bronislaw Malinowski, unsur pokok terdiri atas 4 macam, yaitu organisasi kekuatan politik, lembaga-lembaga, alat-alat atau petugas-petugas yang ada pada bidang pendidikan, organisasi ekonomi dan sistem norma sosial.
  • Menurut Bronislaw, budaya adalah sistem norma sosial yang digunakan untuk membuka peluang dari kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama antaranggota masyarakat. Dengan kegiatan tersebut, rasa kerjasama yang kuat akan tumbuh pada diri mereka masing-masing.

Wujud dan Komponen

Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh J.J.Hoenigman, wujud dari kebudayaan dibagi menjadi 3 macam, yaitu artefak, gagasan dan juga aktivitas. Ada pun penjelasannya, adalah sebagai berikut:

  • Wujud Ideal (gagasan). Wujud ideal yang ada pada kebudayaan merupakan bentuk budaya dari kumpulan peraturan, norma-norma, nilai-nilai, gagasan, ide dan lainnya yang memiliki sifat abstrak. Maksud abstark di sini, yaitu tidak bisa disentuh. Bentuk dari kebudayaan ini berada di dalam pemikiran atau di dalam kepala masyarakat. Anggota yang ada di lingkungan masyarakat itu menuangkan ide di dalam tulisan, tempat atau lokasi yang cocok dari kebudayaan dalam bentuk buku-buku atau karangan. Buku tersebut berisikan hasil pemikiran masyarakat.
  • Aktivitas (tindakan). Aktivitas bisa disebut juga dengan tindakan. Apabila dilihat dari definisinya, aktivitas merupakan sebuah tindakan yang tercermin dari pola perilaku manusia di dalam lingkungan. Bentuk dari aktivitas ini dikenal dengan istilah sistem sosial. Sistem yang ada di lingkungan masyarakat ini terdiri atas segala aktivitas yang dilakukan manusia, antara lain mengadakan kontrak, bergaul dan saling melakukan interaksi. Interaksi yang dilakukan sesuai dengan pola-pola yang ada di dalam nilai-nilai atau norma yang berlaku. Hal ini bersifat konkret, karena bisa terjadi kapan saja di dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, juga bisa didokumentasikan setelah selesai diamati.
  • Artefak (karya). Artefak lebih sering dikenal dalam bentuk karya. Bila dilihat dari definisinya, artefak merupakan bentuk dari kebudayaan secara fisik yang merupakan karya, perbuatan dan aktivitas manusia yang ada di lingkungan masyarakat. Wujudnya bisa berupa barang atau segala hal yang bisa dilihat, diraba dan yang paling penting bisa didokumentasikan. Artefak mempunyai sifat paling konkret bila dibandingkan dengan wujud kebudayaan lainnya. Di lingkungan sosial masyarakat, wujud dari kebudayaan satu sama lain tidak mungkin terpisahkan.

Komponen dalam Kebudayaan

Setelah mengetahui wujud-wujud yang ada di dalam kebudayaan, kali ini akan dibahas mengenai berbagai komponen mau pun elemen yang ada di dalam kebudayaan. Berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh ahli antropologi, Cateora, komponen dari kebudayaan dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:

1. Kebudayaan Material

Kebudayaan material merupakan segala hal yang telah dibuat oleh manusia sebagai anggota masyarakat berupa barang atau wujud yang bersifat konkret dan nyata. Contohnya adalah berbagai penemuan dari arkeologi. Barang-barang temuan itu berbentuk senjata, perhiasan, mangkuk tanah liat dan masih banyak yang lainnya. Bukan hanya itu, yang termasuk ke dalam kebudayaan material, antara lain mesin cuci, gedung pencakar langit, pakaian, stadion olahraga, pesawat terbang dan juga televisi.

2. Kebudayaan Nonmaterial

Kebudayaan bukan hanya bersifat material, namun ada juga komponen yang sifatnya nonmaterial. Kebudayaan ini merupakan hasil ciptaan dalam bentuk abstrak sehingga tidak bisa diraba maupun disentuh. Kebudayaan ini merupakan warisan turun temurun yang sampai saat ini masih ada, yaitu tarian tradisional, lagu, cerita rakyat maupun berupa cerita dongeng.

3. Lembaga Sosial

Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa pendidikan serta lembaga sosial memiliki peran utama dalam membangun komunikasi dan juga kontek antara individu dengan individu lainnya yang ada di lingkungan masyarakat. Sistem yang terbentuk di suatu negara merupakan konsep dan juga dasar yang akan berpengaruh besar ke dalam tatanan sosial di masyarakat.

Misalnya, seringkali muncul anggapan bahwa wanita desa tidak membutuhkan pendidikan tinggi. Selain itu, wanita tidak diperbolehkan untuk bekerja karena yang wajib bekerja adalah pria. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan kota-kota besar yang sudah membebaskan para wanitanya agar mendapatkan pendidikan serta mengizinkan para wanita untuk bekerja.

Pada dasarnya, budaya lahir dari kehidupan masyarakat. Hal yang dilakukan oleh masyarakat, juga hal yang dihasilkan adalah budaya. Apa pun bentuknya, baik materil maupun nonmateril. Kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia yang jam karet, juga bisa dikategorikan sebagai budaya.

Semoga Indonesia tetap bisa mempertahankan budaya baik yang dimilikinya.

Review Budaya

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Kamis 20 Juni 2019.

Wayang Kulit Berasal dari Daerah Mana? Apakah berasal dari Jawa, India, China atau bahkan negeri Malaysia seperti klaim mereka! Berikut fakta lengkapnya seputar kesenian populer…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Rabu 19 Juni 2019.

Budaya Jawa terkenal sangat kaya dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebelum membahas budaya Jawa, ada baiknya membahas pengertian dari budaya atau kebudayaan. Budaya atau kebudayaan…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh Dank Rian, Rabu 19 Juni 2019.

Budaya Indonesia yang dikenal dan dikagumi dunia memang bukan sekarang saja. Melainkan sudah cukup dikenal secara luas sejak zaman dulu, Indonesia terkenal sebagai sebuah wilayah…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Rabu 19 Juni 2019.

Dalam cerita wayang bahasa Jawa siapa pun yang mendengar kata “raksasa” pasti akan membayangkan sosok jahat nan superbesar. Juga si buruk rupa yang setinggi gunung,…