Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Indonesia

Indonesia Zamrud Khatulistiwa

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri lebih dari 17.000 pulau besar dan kecil. Dari jumlah tersebut, hanya dua pertiga saja yang dihuni. Bahkan lebih dari setengah jumlah pulau di Indonesia yang belum mempunyai nama.

Dengan banyaknya pulau di Indonesia ini tentu saja membuat Indonesia kaya akan sumber daya alam. Sebutan zamrud khatulistiwa juga diberikan kepada Indonesia karena jika dilihat dari udara, Negara Indonesia berwarna hijau seperti batu zamrud yang sangat indah dan terletak di garis khatulistiwa.

Indonesia Negara Bahari

Karena terdiri dari ribuan pulau, dua pertiga wilayah Indonesia terdiri dari perairan. Wilayah lautnya sangat luas, Tidak heran jika banyak penduduk Indonesia yang bekerja sebagai nelayan. Apalagi wilayah laut Indonesia sangat kaya dengan beraneka ragam ikan dan kekayaan laut lainnya seperti kerang, mutiara, rumput laut, dan juga keindahan lautnya.

Pantai-pantai yang ada di Indonesia menawarkan keindahan yang terkenal di seluruh dunia. Orang-orang pasti mengenal Bali dengan pantai Kuta-nya. Padahal Bali hanyalah sebagian dari keindahan yang ada di Indonesia.

Ada beberapa pulau di Indonesia yang memiliki jumlah ikan dan terumbu karang paling banyak di dunia. Oleh karena itu banyak sekali orang yang senang menyelam di Indonesia karena bisa melihat banyak flora dan  fauna laut.

Selain Bali, tempat yang paling banyak dikunjungi untuk dinikmati keindahan lautnya adalah Raja Ampat, dan Bunaken. Kedua tempat tersebut memang sedikit berbeda dengan Bali karena yang dilihat adalah keindahan alam bawah lautnya.

Kekayaan Alam Indonesia

Selain kaya dengan sumber daya laut, Indonesia juga kaya dengan hasil tambang. Tambang minyak bumi, batu bara, emas, timah, aluminium dan masih banyak lagi jenis logam yang ada di Indonesia. Selain tambang, kekayaan alam Indonesia juga terdiri dari tumbuhan-tumbuhan rempah dan buah-buahan.

Rempah-rempah dari Indonesia sudah terkenal ke seluruh dunia. Di masa lalu, rempah-rempah Indonesia ini menjadi rebutan bangsa-bangsa lain dan mengakibatkan Indonesia dijajah selama 350 tahun. Buah-buahan dari Indonesia terkenal manis dan kaya akan vitamin.

Flora dan Fauna

Karena memiliki hutan yang sangat luas, Indonesia juga memiliki banyak sekali jenis binatang maupun tumbuh-tumbuhan. Bahkan banyak di antara binatang dan tumbuh-tumbuhan tersebut yang hanya terdapat di Indonesia. Tidak sedikit di antara binatang dan tumbuhan tersebut yang dilindungi karena jumlahnya yang sangat sedikit.

Salah satu binatang yang dilindungi dan hanya ada di Indonesia adalah komodo. Komodo adalah kadal raksasa yang merupakan salah satu binatang purba yang tersisa. Bentuknya mirip dengan buaya dan beratnya bisa mencapai 120 kg.

Aneka Ragam Suku Bangsa dan Bahasa

Selain mempunyai banyak sekali kekayaan alam maupun kekayaan laut, Indonesia juga memiliki banyak sekali suku bangsa dan bahasa. Masing-masing suku bangsa mempunyai kebudayaan sendiri-sendiri dan menambah kekayaan yang ada di Indonesia. Tetapi semua suku bangsa tersebut tetap bersatu dan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua.

Dengan keindahan alam yang ada di Indonesia, membuat banyak sekali wisatawan dari luar Indonesia yang datang untuk melancong. Para wisatawan ini mengatakan mereka puas berkunjung ke Indonesia. Ditambah lagi dengan keramahan penduduknya, banyak di antara para wisatawan ini yang tidak sabar untuk kembali lagi ke Indonesia.

Masakan Khas Indonesia

Nah, untuk yang satu ini tentu saja tidak boleh dilupakan. Indonesia bisa dibilang sebagai surganya makanan. Mulai dari masakan tradisional, buah-buahan, dan sayuran semuanya ada banyak di Indonesia.

Setiap daerah di Indonesia memiliki masakannya masing-masing. Ayo coba kita absen masakan Indonesia apa saja yang paling digemari! Ada rendang, sate, soto (banyak variasi soto), sambal, kerupuk, bakso, nasi goreng, martabak, urap, lalap, rujak, pecel, asinan, coto, opor ayam, bubur ayam, nasi liwet, nasi kuning, nasi uduk, dan masih banyak lagi. Apakah Anda langsung lapar melihat berbagai menu yang ada di atas? Haha.

Masakan atau makanan yang sudah disebutkan di atas belum seberapa, masih ada banyak lagi. Bukan hanya menu dan bahan makanan saja yang berbeda, citarasa masakan di setiap daerah di Indonesia juga bervariasi. Di Palembang makanan khasnya berupa ikan-ikanan, khas Sunda makanan berupa dedaunan dan sambalnya, di Padang khasnya adalah pedas, di Jawa makanan khasnya adalah yang serba manis, dan masih banyak lagi.

Selain masakan ada juga berbagai macam buah-buahan asli Indonesia yang pasti enak. Sebut saja durian, manggis, kedondong, pisang, jambu air, belimbing, duku, salak, dan rambutan. Pasti ada di antara buah-buahan tersebut yang Anda sukai.

Musik Khas Indonesia

Musik khas Indonesia ada banyak macamnya, seperti yang Anda ketahui Indonesia punya musik dangdut, keroncong, dan tembangan. Walaupun di Indonesia peminat musik semacam itu kurang banyak namun di negara lain justru musik Indonesia ini sangat digemari.

Salah satu faktor mengapa orang asing mencintai musik khas Indonesia karena suara musik dan nyanyian yang berbeda-beda. Lagu dangdut khas dengan goyangannya, lagu keroncong khas mirip dengan lagu seriosa, dan tembang Jawa atau Sunda khas dengan suara menyanyi yang seperti ditekan sehingga menghasilkan suara penyanyi yang unik.

Bahasa Indonesia

Mata pelajaran bahasa Indonesia mungkin tidak asing bagi pendidikan di Indonesia sendiri. Mata pelajaran ini memang diwajibkan bagi setiap murid mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan lanjutan. Tentunya akan sangat membanggakan apabila pelajaran bahasa Indonesia ini menjadi mata pelajaran wajib di negara lain.

Pelajaran bahasa Indonesia ini bukan ditawarkan oleh lembaga kursus melainkan langsung dimasukkan ke dalam kurikulum mata pelajaran di beberapa sekolah.  Beberapa negara lain seperti Australia dan Polandia, mereka memasukkan pelajaran bahasa Indonesia ini menjadi salah satu pelajaran yang wajib untuk diikuti oleh siswanya.

Bahkan di Australia sendiri, bahasa Indonesia ini menempati urutan kedua bahasa asing yang paling banyak diminati untuk dipelajari oleh siswa dan mahasiswa disana. Jadi tidak heran, jika kita sedang berada di Australia, begitu banyak penduduk lokal yang mengerti dan bisa berbicara dengan baik dalam bahasa Indonesia ini.

Sebab Bahasa Indonesia Disukai

Berikut beberapa hal yang menyebabkan bahasa Indonesia ini menjadi disukai dan banyak dipelajari di negara lain, antara lain:

  • Bahasa Indonesia mudah dipelajari

Pengucapan kata dalam bahasa Indonesia ini lebih mudah diucapkan karena susunan katanya yang tidak berubah dengan konsonan maupun huruf vokalnya yang tetap. Berbeda dengan bahasa Inggris yang berubah dari cara penulisan dengan cara membacanya.

  • Bahasa Indonesia lebih ringkas

Bahasa indonesia dalam penulisan kalimat ataupun pengucapan lebih ringkas.  Seperti penunjukkan kata ganti orang, hanya ada satu kata yang dipakai untuk menunjukkan tanpa harus dibedakan perempuan atau laki-laki. Contohnya: Ia atau Dia, tidak menjelaskan perbedaan.

Selain itu, bahasa Indonesia ini juga lebih disukai karena lebih praktis dan tidak memiliki kalimat yang didasarkan perbedaan waktu. Misalnya untuk mengucapkan kejadian sebelumnya, kita hanya tinggal menambahkan kata: tadi atau kemarin.

Bahasa indonesia ini juga banyak disukai dan dipelajari karena Indonesia memiliki dasar yang kuat dengan keragaman budaya serta pulau. Banyak wisatawan maupun pekerja asing yang ingin bertandang ke Indonesia, oleh sebab itu mereka makin menyukai dan ingin belajar tentang bahasa Indonesia ini.

Tentu kita harus bangga dengan semua kekayaan dan keanekaragaman Indonesia. Tidak ada negara lain di dunia ini yang seperti negara kita tercinta. Negara dan orang asing saja banyak yang jatuh cinta dengan negara kita, apalagi kita, harus lebih lagi.

Cintai dan selamatkan keanekaragaman Indonesia ini, jangan sampai suatu saat Indonesia akan hancur karena masyarakatnya sendiri tidak mencintainya.

Review Indonesia

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Kamis 20 Juni 2019.

Wayang Kulit Berasal dari Daerah Mana? Apakah berasal dari Jawa, India, China atau bahkan negeri Malaysia seperti klaim mereka! Berikut fakta lengkapnya seputar kesenian populer…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Rabu 19 Juni 2019.

Budaya Jawa terkenal sangat kaya dan memiliki ciri khas tersendiri. Sebelum membahas budaya Jawa, ada baiknya membahas pengertian dari budaya atau kebudayaan. Budaya atau kebudayaan…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh Dank Rian, Rabu 19 Juni 2019.

Budaya Indonesia yang dikenal dan dikagumi dunia memang bukan sekarang saja. Melainkan sudah cukup dikenal secara luas sejak zaman dulu, Indonesia terkenal sebagai sebuah wilayah…

Terbaru di Sosial & Budaya | Diposting oleh INDRA, Rabu 19 Juni 2019.

Dalam cerita wayang bahasa Jawa siapa pun yang mendengar kata “raksasa” pasti akan membayangkan sosok jahat nan superbesar. Juga si buruk rupa yang setinggi gunung,…

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Apa saja peninggalan kerajaan Islam di Indonesia? Adakah salah satunya Anda ketahui? Berikut penjelasan dan informasi lengkapnya kami rangkum secara lengkap dibawah ini… Ket image:…