Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Islam

Islam merupakan salah satu agama yang ada di dunia ini. Islam diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad Saw sebagai agama penyempurna agama-agama sebelumnya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini dibahas mengenai definisi dan informasi lebih dalam tentang agama Islam.

Pengertian dan Makna Islam

Islam berasal dari kata ‘Salam’ atau ‘Salamah’ yang bermakna selamat. Inti pengertian selamat tersebut adalah fokus ajaran agama Islam adalah mengajak umat Muhammad dan pemeluk agama Islam untuk selalu mentaati ajaran Islam, mengikuti tuntunan serta menjauhi semua yang dilarang, sehingga diharapkan dapat hidup selamat sebagai konsistensinya.

Konsistensi dari hidup selamat tersebut dinyatakan dengan pahala, dan konsistensi dari pelanggaran yang dilakukan disebut dengan dosa.

Manifestasi Islam dalam Kehidupan

Apabila digambarkan sebagai perjalanan, maka Anda pasti mengetahui bahwa dalam setiap pemberangkatan penumpang atau cargo; akan diperlukan sebuah manifest sebagai petunjuk yang memperlihatkan dan menjelaskan isi, nama, jumlah dan kondisi penumpang atau barang yang diangkut.

Islam tidak berbeda jauh dengan gambaran tersebut. Dalam kehidupan; Islam bertujuan memanifestkan semua perjalanan tersebut. ManifestasiIslam dinyatakan dengan sebuah petunjuk bagi umat Islam dan pemeluk ajarannya; berupa kitab suci yang diturunkan kepada umat Islam melalui Rasulullah Muhammad SAW bernama Al-Qur’anul Karim.

Berdasarkan hal tersebut maka Al-Qur’anul Karim dapat dianggap sebagaimanifest bagi sebuah perjalanan besar makhluk yang diciptakan Allah SWT – terutama manusia. Al-Qur’anul Karim berfungsi dua, yakni: Sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi berita peringatan.

Penjelasannya adalah sebagai berikut :

  • Al-Qur’anul Karim sebagai Pembawa Kabar Gembira. Maksudnya, Al-Qur’anul Karim memuat firman Allah SWT (kalam Illahi); membawa kabar gembira seperti : hidup mulia bila mengikuti ajaran Islam, memperoleh ridho Allah bila berbuat ikhlas, mendapatkan tiga kebahagiaan saat menjalankan shaum (puasa) di bulan Ramadhan, masuk ke dalam jannah (surga) milik Allah SWT bagi mereka yang bertakwa dan sebagainya.
  • Al-Qur’anul Karim sebagai Pemberi Berita Peringatan. Maksudnya adalah bahwa Al-Qur’anul Karim juga memberi contoh-contoh perilaku yang melanggar larangan, contoh sikap dan sifat orang-orang munafik, kisah inspiratif sahabat-sahabat di jaman Rasulullah SAW, serta kisah-kisah orang yang berkhianat pada jaman Nabi dan Rasul hidup di masanya, serta petunjuk dan tanda-tanda para penghuni nar (neraka) milik Allah SWT.

Lima Pilar Ajaran Islam

Apabila diibaratkan sebagai suatu bangunan kokoh, maka Islam berdiri di atas sebuah pondasi kokoh berupa lima pilar utama yang disebut dengan Rukun Islam. Rukun Islam ada lima, yakni: Syahadat, Shalat, Shaum (puasa), Zakat dan Haji.

Secara garis besar dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Syahadat. Syahadat atau syahadatain adalah bermakna persaksian. Maksudnya adalah persaksian antara manusia dengan Rabb pencipta yakni Allah SWT di alam ruh – yakni saat manusia berusia empat bulan dalam rahim ibu.Syahadat terbagi dua, yakni syahadat Allah dan syahadat Rasulullah. Maksudnya adalah bersaksi bahwa Allah SWT adalah satu-satunyaRabb (Tuhan) manusia; disebut dengan Syahadat Allah. Dan bahwa Rasulullah Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT, disebut dengan Syahadat Rasulullah.
  2. Shalat. Shalat adalah perintah yang agung; diturunkan Allah SWT kepada manusia melalui Rasulullah Muhammad SAW. Dengan melampui perjalanan yang berat dan sakral. Yakni perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha dalam satu malam – yang sesungguhnya melampaui batas akal sehat manusia. Terlebih lagi dengan diangkatnya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha atau lapisan langit yang ketujuh. Di sanalah perintah Shalat diberikan.
  3. Shaum. Shaum memiliki arti maknawi berpuasa. Maksudnya adalah menahan diri dari rasa haus dan lapar dalam waktu sebulan, yakni waktu yang ditentukan pada bulan Ramadhan. Dan maknaharfiyahnya sesungguhnya bukan hanya menahan nafsu haus dan lapar namun hakikatnya juga menahan diri dari hawa nafsu dan amarah, yang sebenarnya berasal dari diri sendiri.
  4. Zakat. Zakat pada hakikatnya adalah membersihkan harta benda yang Anda miliki. Meski secara zhahir – berzakat berarti mengeluarkan sebagian harta benda Anda sebesar 2.5%; namun sesungguhnya harta Anda tidak hilang namun justru bertambah di mata Allah SWT. Namun dengan syarat Anda berzakat dengan keimanan dan keikhlasan.
  5. Haji. Menunaikan ibadah Haji adalah seperti menunaikan ibadah yang lengkap antara paduan ibadah hati, ibadah harta serta ibadah fisik. Namun Anda yang ikhlas menjalaninya akan memperoleh Haji yang mabrur di mata Allah SWT.

Nah, dihalaman ini juga kami sajikan informasi secara update seputar agama Islam. Seperti fiqih, hadits, al Qur’an, biografi sahabat dan ulama, dll.

Review Islam

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Apa saja peninggalan kerajaan Islam di Indonesia? Adakah salah satunya Anda ketahui? Berikut penjelasan dan informasi lengkapnya kami rangkum secara lengkap dibawah ini… Ket image:…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Senin 6 Mei 2019.

Berikut tips agar tetap produktif saat berpuasa, sehingga pekerjaan yang dijadwalkan dapat terlaksa sesuai progres. Tanpa harus menjadikan ibadah puasa sebagai alasannya. Biasanya kantor memberlakukan…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Sabtu 30 Maret 2019.

Bolehkah puasa sunnah sebelum membayar hutang puasa ramadhan? Bulan Syawal telah tiba,…semua bergembira termasuk ingin bersegera melaksanakan puasa sunah Syawal mengingat pahalanya yang sangat besar…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Selasa 26 Maret 2019.

1. Definisi: Puasa ialah menahan diri dari makan, minum dan bersenggama mulai dari terbit fajar yang kedua sampai terbenamnya matahari. Firman Allah Ta \’ala: \’\’…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Selasa 26 Maret 2019.

Segala puji bagi Allah, yang telah menurunkan kepada hamba-Nya kitab Al-Qur’an sebagai penjelasan atas segala sesuatu, petunjuk, rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang muslim. Semoga…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Selasa 26 Maret 2019.

Inilah alasan orang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja. Penyebab puasa yang dikerjakan hanya sia sia belaka. Ketahuilah wahai saudaraku agar kita tidak menjadi…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Sabtu 23 Maret 2019.

Inilah hikmah dibalik makan sahur yang selama ini bisa jadi tidak kita ketahui. Sebagai dijelaskan dalam hadits-hadits yang berisi tentang sahur dan puasa. Berikut informasi…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Jumat 22 Maret 2019.

Inilah cara Rasulullah dan para sahabat menyambut bulan Ramadhan yang juga diamalkan oleh para ulama dan para salaf (pendahulu umat Islam) terdahulu. Sebagaimana disadur dari…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Jumat 22 Maret 2019.

Beberapa Keistimewaan Bulan Ramadhan yang Wajib diketahui. Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Setiap muslim yang merasa…

Terbaru di Puasa | Diposting oleh INDRA, Jumat 22 Maret 2019.

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan merupakan hari yang dinanti-nanti oleh pemeluak agama Islam. Sebab didalamnya banyak terkandung keutamaan yang tidak akan ditemukan pada…