Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Nama Nama Bayi

Nama nama bayi yang unik menjadi pilihan bagi para orangtua. Tapi, keunikan saja bukan satu-satunya alasan untuk memberikan nama tersebut pada anak. Perhatikan juga maknanya.

Daftar Isi :

Nama adalah doa. Itulah sebabnya begitu banyak calon orangtua yang mencari nama nama bayi untuk anak mereka. Tidak hanya anak pertama saja, anak kedua, ketiga, dan seterusnya juga membuat kedua orangtua mereka harus mempersiapkan nama-nama bayi. Namun, karena nama adalah sebuah doa dan harapan, maka untuk membuat nama bayi tidak bisa asal-asalan.

TIPS MEMILIH NAMA BAYI

Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam menentukan nama bayi. Jangan sampai anak Anda malu dengan namanya sendiri karena jadi bahan ejekan atau karena nama mereka pasaran.

Kumpulan Nama Nama Bayi

Nama-nama bayi yang unik banyak dicari oleh para orangtua untuk anak-anak mereka. Keunikan ini sangatlah mahal harganya, terlebih di era komunikasi yang semakin global ini. Bahkan ada seorang fublic figure yang membuatkan account jejaring sosial dan email untuk anak mereka yang masih bayi. Ketika ditanya alasannya, ia menjawab agar nama anaknya menjadi yang pertama di jejaring sosial tersebut. Pada kenyataannya, semakin unik nama-nama bayi anak kita, semakin mudah pula untuk mendapatkan account email atau jejaring sosial.

Tidak sampai di situ saja, nama-nama bayi ini bahkan menjadikan sebuah komoditi jasa yang dijualbelikan. Menjadi komersil karena pada kenyataannya banyak orang yang kesulitan untuk mencarikan nama-nama bayi untuk anak mereka. Mereka ingin menamai anak mereka dengan nama-nama bayi yang unik, namun merasa tidak cukup banyak waktu untuk memikirkannya. Bisa jadi terkadang ia merasa semua ide nama-nama bayi yang ingin diberikan untuk anaknya sudah dipakai orang lain. Namun sebetulnya, tidak sesulit itu mencari nama-nama bayi yang unik.

#Sesuai dengan Jenis Kelamin

Jika Anda ingin memberikan nama-nama bayi yang unik, pastikan tidak sekadar unik tapi juga sesuai dengan jenis kelaminnya. Jangan sampai nama-nama bayi perempuan Anda diberikan kepada anak lelaki Anda ataupun sebaliknya. Nama-nama seperti ini nantinya akan menyulitkan anak Anda, terutama dalam hal penerimaan masyarakat sekitar. Hal itu dikarenakan nama-nama bayi perempuan menjadi aneh ketika digunakan pada nama-nama bayi lelaki begitupun sebaliknya.

Tak jarang terjadi kasus anak-anak yang memiliki kecenderungan transgender karena kesalahan Anda dalam memberikan nama-nama bayi kepada mereka. Akhirnya jadilah anak perempuan yang tomboy atau yang pada masa dewasanya cenderung menjadi tomboy atau anak laki-laki yang cenderung kemayu tentunya sesuai dengan nama mereka.

Jangan salahkan mereka jika akhirnya seperti itu karena bisa jadi hal ini salah satu penyebabnya adalah kesalahan Anda sendiri dalam memberikan nama yang tidak sesuai dengan jenis kelamin mereka.

#Sesuai dengan Doa dan Harapan Anda

Hal ini sebenarnya sama halnya dengan sugesti. Semakin sering Anda menyebut nama anak Anda, maka seperti itulah ia kelak. Itulah sebabnya, mengapa nama-nama bayi yang Anda berikan hendaknya disesuaikan dengan doa atau harapan Anda akan menjadi seperti apa atau bagaimana anak Anda kelak.

Dengan sering menyebut atau memangil nama anak Anda, maka secara tidak langsung Anda mendoakannya. Oleh karena itu, doa atau harapan yang tekandung dalam nama-nama bayi yang mungkin Anda berikan tersebut akhirnya terwujud menjadi sebuah kenyataan.

Jangan sampai Anda salah menamai anak Anda dengan memberikan nama yang artinya sesuatu hal yang buruk atau negatif sifatnya. Secara tidak langsung, hal nama yang Anda berikan akan membuat si anak menjadi seperti namanya. Dalam hal tutur kata, tingkah laku, dan lain sebagainya.

Bahkan tak jarang anak yang diberi nama dengan nama-nama bayi yang berarti segala hal yang jelek atau buruk nantinya ia akan bertabiat seperti nama tersebut. Tak dapat kita salahkan jika seorang anak bahkan sampai membenci orangtuanya yang menamainya seperti itu.

Banyak nama-nama yang berarti baik dan positif untuk dijadikan alternatif nama-nama bayi Anda. Agar menjadi unik, maka Anda bisa cari nama-nama yang berasal dari bahasa negara lain seperti Arab, Perancis, atau negara-negara lainnya.

#Sesuai dengan Nama Keluarga

Ada kalanya nama-nama bayi disesuaikan dengan tradisi nama keluarga. Misalnya ada sebuah keluarga yang semua nama anaknya jika perempuan dimulai dengan ‘Siti’ dan jika anak laki-laki dimulai dengan ‘Ahmad’. Ini sudah menjadi turun temurun dan menjadi aturan tidak tertulis dalam keluarga. Tentunya sebagai orangtua sekaligus anak dari kedua orangtua Anda, Anda tidak ingin mengecewakan mereka dengan tidak mengikuti nama keluarga tersebut.

Namun tidak usah khawatir, walaupun ada kesamaan nama depannya, Anda dapat menjadikan nama-nama bayi dari anak Anda menjadi unik dengan nama tengah atau nama belakangnya. Pastikan tidak sama dengan satupun keluarga Anda atau bahkan orang lain di sekitar Anda. Setidaknya di lingkungan pergaulan atau sosial Anda dan keluarga. Dengan begitu, nama anak Anda tetap bisa menjadi nama yang unik.

#Sesuai dengan Kehidupan Anda

Sering kita dengar ada bayi yang namanya diganti dengan alasan sering sakit-sakitan atau rewel karena keberatan oleh nama. Percaya atau tidak, bergantung bagaimana Anda menyingkapinya. Namun, jika dilihat dari logikanya, hendaknya nama itu disesuaikan dengan karakter Anda sekeluarga. Pastikan nama itu tidak membuat orang mengatakan tidak sepadan dengan diri kedua orangtuanya atau bahkan keluarga Anda. Sehingga, seringkali ketika anak sakit atau rewel, nama-nama bayi inilah yang kadang dikambinghitamkan.

Contoh nyatanya, tidak usah menggunakan gelar seperti ‘Raja’, ‘Raden’, ‘Kangjeng’, dan lain sebagainya jika memang Anda bukan keturunan keraton atau berasal dari golongan bangsawan. Hal ini nantinya menyebabkan kesalahpahaman, bahkan bisa menjadi sebuah konflik di dalam masyarakat. Terutama di masyarakat yang masih begitu kental dengan tradisi kerajaan. Bukannya pujian yang didapat, melainkan cacian, makian atau bahkan hujatan karena nama-nama bayi yang Anda pilih memang tidak sepantasnya Anda gunakan.

#Sesuai dengan Adat Istiadat

Adat istiadat ini masih banyak dipegang oleh sebagai besar orang, begitupun dalam menentukan nama-nama bayi untuk Anak mereka. Itulah sebabnya diperlukan konsultasi terlebih dahulu untuk membuat sebuah nama bayi untuk Anak Anda. Pastikan namanya tidak menyalahi aturan adat yang berlaku di daerah Anda. Hendaknya dimusyawarhkan terlebih dahulu jika memang Anda merasa masih awam dalam menentukan nama yang sesuai adat ini.

Jangan sampai terjadi adanya nama yang tidak sesuai dengan adat pada sebuah daerah tertentu. Tidak di semua daerah adat mengenai nama ini berlaku, namun jika ada, konsultasikan terlebih dahulu dengan ketua adat atau orang yang dituakan di daerah Anda tersebut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hukuman masyarakat karena penamaan yang salah ini di masa yang akan datang yang justru menjadi bumerang untuk anak Anda dan juga keluarga Anda.
h3>#Sesuai dengan Posisi dalam Keluarga

Posisi anak di dalam keluarga di sini maksudnya sebagai anak tunggal, anak pertama, kedua, anak bontot, dan lain sebagainya. Status ini bisa membuat Anda berkreasi membuat nama-nama bayi yang unik untuk anak Anda. Biasanya digunakan hitungan atau langsung posisinya.

Agar menjadi unik, Anda bisa gunakan nama hitungan atau posisi dalam bahasa Arab, penaman kimia, Jawa, dan lain sebagainya. Keunikan nama-nama bayi yang dimuat di dalam nama anak Anda akan membuat mereka dapat berperan dengan baik sesuai dengan posisi mereka dalam sebuah keluarga.

Tidak hanya itu, tanggung jawab dan kesadaran juga menjadi salah satu efek dari nama-nama bayi unik yang sesuai dengan posisi mereka dalam keluarga. Lagi-lagi karena banyaknya orang yang menggunakan posisi mereka dalam keluarga. Untuk membuat nama tersebut menjadi sebuah nama yang unik, yaitu dengan menggunakan bilangan yang tidak lazim, seperti dengan bahasa asing, kimia, dan lain sebagaianya. Ini bisa dijadikan alternatif untuk membuat Anda memiliki keunikan dalam nama-nama bayi.

Review Nama Nama Bayi

Terbaru di Arti Nama | Diposting oleh INDRA, Kamis 2 Mei 2019.

Daftar nama bayi pilihan untuk perempuan dan laki-laki adalah tips terbaik untuk pasutri yang lagi menunggu kelahiran buah hatinya. Memang tidak aneh sebab nama merupakan…