Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Sejarah

Pengertian Sejarah Menurut para ahli terkemuka adalah sebagai berikut:

  • Menurut Moh. Yamin, sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang bisa dibuktikan dengan kenyataan.
  • Menurut Koentowidjojo sejarah adalah rekonstruksi masa lalu tentang apa yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan dan dialami oleh manusia.
  • Menurut Sartono Kartidirdjo mengungkapkan bahwa sejarah adalah berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lampau.
  • Sedangkan menurut Mohammad Ali, sejarah merupakan berbagai bentuk penggambaran tentang pengalaman kolektif di masa lalu.

Dari beberapa pengertian sejarah menurut para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa definisi sejarah dapat menyangkut pada waktu dan peristiwa yang terjadi di masa lalu. Oleh karena itulah kemudian masalah waktu sangat penting untuk membantu memahami suatu peristiwa yang terjadi.

Pengertian Ilmu Sejarah

Pengertian ilmu sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang apa saja yang dilakukan manusia setelah mengenal tulisan tersebut. Hal ini sesuai dengan beberapa pengertian sejarah yang telah dijelaskan di atas, bahwa sejarah merupakan suatu rangkaian peristiwa yang terjadi pada masa lalu, yang menyangkut kehidupan manusia, yang telah mengenal tulisan.

Sebagai makhluk sosial, tentu Anda mengenal atau pernah belajar tentang ilmu sejarah. Dalam istilah, sejarah merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab yaitu Syajaratun yang berarti pohon. Penggunaan kata tersebut pada pengertian sejarah ini mengacu pada istilah pohon silsilah. Dalam istilah ini, maknanya adalah pohon tersebut merupakan masalah masa lalu atau suatu keturunana dari seseorang.

Namun, dalam ilmu sejarah, kata sejarah yang paling dekat dengan pengertian yang sebenarnya diambil dari bahasa Yunani. Dalam bahasa Yunani, sejarah berarti Historia yang mengandung arti sebagai ilmu atau orang yang pandai. Dalam bahasa Inggris sendiri, History yang berarti masa lampau umat manusia. Sedangkan dalam bahasa Jerman sejarah disebut sebagaia Geschite yang berarti sesuatu yang telah terjadi.

Dalam istilah bahasa-bahasa di Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai di dalam pengertian bahasa Indonesia terdapat banyak variasi di dalamnya. Walaupun begitu, sejarah dalam konteks Indonesia ini banyak diakui diambil dari istilah sejarah yang dipakai sebagai asal-muasal sejarah yaitu bahasa Yunani.

Dalam bahasa Yunani sejarah memang diartikan sebagai ilmu (Historia). Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa pengetian sejarah ini kemudain berkembang lagi dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, maupun Belanda yang mengambil istilah sejarah dan pengertian dari Yunani.

#Sejarah Sebagai Ilmu dan Seni

Dalam ilmu sejarah, tentu kita mengenal apa yang disebut dengan nama peristiwa. Sejarah sebagai peristiwa merupakan sebuah kejadian yang pernah terjadi, yang nantinya bisa dibuktikan secara ilmiah. Selain itu searah berdasarkan kisah bisa menceritakan peristiwa yang pernah ada agar bisa diceritakan kembali di masa yang akan datang.

Untuk sejarah yang dijadikan sebagai ilmu, menunjukkan bahwa sejarah menggunakan metode analisis yaitu menggunakan hasil yang bisa diterima maupun ditolak oleh para ahli bila sejarah tersebut tidak dapat dibutikan secara ilmiah. Sedangkan untuk sejarah sebagai seni mengandung sebuah pengertian bahwa dalam pembahasan hasil sejarah tersebut nantinya akan disusun dalam satu rangka. Hal tersebut dapat menarik perhatian orang dan dapat memengaruhi sikap dari jiwanya sendiri.

Dalam ilmu sejarah yang saat ini banyak dipelajari di berbagai kalangan pendidikan atau tingkat pendidikan lainnya, periodisasi merupakan penentuan atau penanggalan yang bisa diteliti secara rasional dan memiliki keterkaitan dalam suatu permasalahan.

Periodisasi ini merupakan suatu penanggalan kurun waktu tertentu yang nantinya dapat dibuktikan secara ilmiah dalam pencatatan sejarah dan lain sebagainya. Periodisasi sejarah, terutama periodisasi sejarah Indonesia yang umumnya digunakan, ada 3 zaman, yaitu:

  • Zaman tulisan
  • Zaman Kuno, yaitu zaman yang banyak membicarakan masa perkembangan agama dan kebudayaan misalnya kebudayaan Hindu-Budha dan lain sebagainya.
  • Zaman Modern, yaitu zaman yang berlangsung dari zaman agama Islam berkembang di Indonesia hingga saat ini.

Untuk kronologinya sendiri dapat diartikan sebagai urutan kejadian waktu yang disusun sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

#Kegunaan Ilmu Sejarah

Dalam mempelajari ilmu sejarah, tentu Anda dapat merasakan kegunaannya tersendiri. Secara sederhana, Louis Gotschalk mengatakan bahwa ada 4 bagian dalam kegunaan sejarah tersebut, yaitu:

1. Rekreatif

Rekreatif disini berarti dengan membaca atau mempelajari sejarah, Anda akan merasakan seolah-olah tengah dibawa bertualang dan menembus dimensi waktu. Anda akan berjalan dari waktu atau masa yang lalu atau mungkin bisa juga terbang ke masa yang akan datang.

Dengan mempelajari sejarah saja Anda bisa dibawa untuk mengetahui peristiwa-peristiwa yang sebelumnya tidak pernah diketahui dan tidak pernah saksikan sebelumnya.

2. Inspriratif

Dalam kegunaan memelajari ilmu sejarah ini, Anda bisa terinspirasi dari sejarah-sejarah yang telah dipelajari dan dibaca. Sehingga Anda menemukan inovasi dan pemikiran baru yang bisa membangun kreativitas dan juga suatu karya yang bagus.

3. Instruktif

Kegunaan sejarah dalam bagian instruktif ini dimaksudkan agar Anda mendapatkan pelajaran mengenai suatu hal yang baru misalnya pengetahuan mengenai suatu kondisi saat sedang berperang dan lain sebagainya.

4. Edukatif

Dalam kegunaan sejarah edukatif ini, Anda tentu akan mendapatkan suatu pelajaran yang penting dalam hidup, yang berasal dari masa lalu dan bisa diambil positifnya.

Seperti yang sudah dikatakan oleh Travelyan bahwa ada 3 kegunaan lain dari ilmu sejarah yang dipelajari adalah ilmiah yang merupakan suatu fakta dan bukti-bukti yang telah ada, imajinatif yang berarti suatu hal yang bisa dilakukan untuk menyimpulkan dari fakta-fakta dan bukti-bukti yang telah didapatkan, serta sastra yang menuntut untuk menyajikan ilmu yang telah didapat dalam bentuk yang menarik misalnya buku dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Dari keterangan di atas tentu Anda menemukan hal yang baru mengenai ilmu sejarah yang saat ini dipelajari. Ilmu sejarah, baik itu babad, hikayat, riwayat, atau lainnya yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai suatu kejadian atau pun peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lalu baik itu mengenai peristiwa, pemerintahan dan lain sebagainya.

Pengetahuan ilmu sejarah ini sendiri meliputi pengetahuan terhadap kejadian-kejadian pada masa lampau serta pengetahuan terhadap cara berpikir secara historis. Orang yang biasa mengkhususkan atau orang yang memelajari tentang sejarah-sejarah disebut juga dengan ahli sejarah atau sejarawan.

Dulu, pelajaran yang membahas mengenai sejarah digolongkan ke dalam bagian dari ilmu budaya atau kemanusiaan. Akan tetapi, saat ini ilmu sejarah sendiri lebih sering dilibatkan atau dikaitkan ke dalam ilmu sosial. Hal ini akan lebih mendalam ketika ilmu sosial tersebut menyangkut pada penyusunan sejarah secara kronologis atau secara perunutan waktu.

Dalam ilmu sejarah, ilmu di dalamnya dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu kronologi, historiografi, genealogi, paleografi, dan kliometrik.
Ilmu sejarah memang sangat penting untuk dipelajari oleh semua orang, selain untuk menambah wawasan mengenai suatu ilmu, sejarah juga dapat membantu dalam membangun ide atau pola pikir mengenai suatu karya atau sebuah inspirasi yang dapat memunculkan ide-ide baru.

Banyak hal bermanfaat dari belajar sejarah. Misalnya saja sebagai bahan referensi untuk Anda dalam menemukan sebuah temuan baru yang dapat mengembangkan ilmu. Baik mengembangkan ilmu yang sudah ada atau ilmu baru yang berasal dari temuan fakta serta bukti baru.

Review Sejarah

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Arjuna adalah salah satu dari Pandawa lima yang terkenal tampan dan lembutan serta suka menolong. Tokoh paling tangguh dalam kisah Mahabharata dengan kemampuan memanah yang…

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Apa saja peninggalan kerajaan Islam di Indonesia? Adakah salah satunya Anda ketahui? Berikut penjelasan dan informasi lengkapnya kami rangkum secara lengkap dibawah ini… Ket image:…