Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Wisata Alam di Bandung

Bandung adalah kota sejuta pesona. Banyak hal yang bisa dinikmati di kota ini. Salah satunya adalah pesona wisata alam di Bandung yang luar biasa. Dalam artikel ini, diketengahkan beberapa tempat menarik yang mengagumkan. Simak.

Wisata alam Bandung memang menjadi pilihan tempat berlibur lain bagi mereka yang sudah puas berbelanja di Kota Bandung. Ya, setelah menghabiskan uang untuk berbelanja di Kota Bandung, para wisatawan akan melepas lelahnya dengan mengunjungi berbagai tempat wisata alam Bandung. Bandung memang termasuk kota yang mempunyai banyak tempat wisata bernuansa alam. Oleh karena itu, kota ini dijuluki sebagai Kota Kembang dan Paris Van Java.

Tempat wisata Bandung yang menjadi daya tarik utama adalah wisata alam pegunungan. Wisata alam memang banyak dijadikan pilihan liburan, baik itu oleh masyarakat Bandung ataupun para wisatawan dari luar kota. Pada umumnya, objek wisata alam di Bandung banyak terdapat di kawasan Bandung Utara dan Bandung Selatan.

Tempat-tempat Wisata Alam di Bandung

Jika berlibur ke Kota Bandung, tak ada salahnya Anda dan keluarga menikmati keindahan wisata alam Kota Bandung. Ada banyak tempat wisata alam menarik di Kota Bandung. Apa saja itu? Nah, artikel ini akan mengulas satu per satu tempat wisata alam di Bandung. Berikut ini tempat-tempat wisata alam di Bandung yang dapat dijadikan referensi saat berlibur ke Bandung.

Pemandangan Indah Gunung Tangkuban Perahu
Pemandangan Indah Gunung Tangkuban Perahu (Minggu, 28/04/2019). Salah satu destinasi wisata alam yang bagus dan melegenda. (Sumber: infobdg)

#Gunung Tangkuban Perahu

Bagi para wisatawan, Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu tempat tujuan wisata alam terfavorit di kawasan Bandung Utara. Gunung Tangkuban Perahu yang terakhir kali meletus pada 1910 ini mempunyai 9 kawah yang masih aktif hingga saat ini.

Banyaknya letusan yang terjadi dalam kurun waktu 1,5 abad terakhir ini menyebabkan bermunculannya kawah-kawah di Gunung Tangkuban Perahu. Kawah-kawah di gunung ini, yaitu Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Siluman, dan Pangguyuban Badak.

Dari seluruh kawah tersebut, salah satu tujuan utama di kawasan wisata alam Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu sebab dianggap sebagai kawah terbesar. Selain itu, kawah lainnya yang juga banyak dikunjungi adalah Kawah Upas. Letaknya bersebelahan dengan Kawah Ratu. Selain kawah-kawah tersebut, ternyata masih ada objek wisata lainnya, yakni gua dan air keramat Cikahuripan.

Sekitar satu kilometer dari gerbang utama objek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, terdapat kawasan wisata terbaik dari Tangkuban Parahu bernama Kawah Domas. Kawah yang berjarak sekitar 1,3 km dari Kawah Ratu ini di dalamnya terdapat lumpur mendidih, air panas mendidih, dan suara desisan uap belerang.

Bagaimana, menarik bukan? Jadi, cobalah sejenak menikmati keindahan alam di Tangkuban Perahu saat Anda berlibur ke Kota Bandung sebab sangat sayang dilewatkan begitu saja.

#Wisata Alam Maribaya

Tempat wisata alam Bandung yang satu ini pun tak kalah menariknya dari Tangkuban Perahu. Wisata alam Maribaya yang berada di ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut ini masuk dalam kawasan timur Lembang, Bandung.

Objek wisata alam ini mempunyai sumber mata air panas dan beberapa curug atau dalam bahasa Indonesianya adalah air terjun. Seluruh air terjun yang ada di sini menghadirkan keindahan yang berbeda-beda. Curug-curug tersebut adalah Curug Sigulung, Curug Cikawari, dan Curug Cikoleang yang mempunyai sumber air dari Sungai Cikawari serta Sungai Cigulung.

#Dago Pakar atau Tahura Juanda

Taman Hutan Raya (Tahura) Juanda atau lebih dikenal dengan nama Dago Pakar adalah tempat wisata alam yang berada di antara kawasan Cicadas dan Lembang. Tempat wisata alam Dago Pakar ini tak terlalu jauh dari pusat kota Bandung, yaitu berjarak 7km jika melalui Jalan Ir. H. Djuanda atau dikenal Jalan Dago.

Taman Hutan Raya Juanda ini mempunyai beragam kekayaan alam yang begitu menakjubkan. Taman hutan dengan kesegaran yang masih alami ini dipenuhi oleh jajaran pohon pinus. Selain didominasi oleh pohon pinus, banyak juga tumbuh kaliandra, pohon bambu, dan jenis tanaman yang lain.

Di Dago Pakar pun, Anda dapat menikmati kesejukan air terjun atau curug seperti Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay. Selain itu, ada juga sejumlah situs peninggalan sejarah seperti gua-gua peninggalan sejarah pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang, yaitu dikenal dengan Goa Belanda dan Goa Jepang.

Keindahan Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey
Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey (Minggu, 28/04/2019). Destinasi yang sangat menarik untuk dikunjungi. (Sumber: panduanwisata)

#Kawah Putih Gunung Patuha Ciwidey

Tak hanya di daerah Bandung Utara, di Bandung Selatan pun banyak tempat wisata alam unggulan, salah satunya adalah Kawah Putih. Ya, Kawah Putih Ciwidey ini merupakan salah satu objek wisata alam terkenal di Bandung Selatan.

Kawah ini adalah sebuah kawah dari Gunung Patuha dengan ketinggian mencapai 2.434m dari permukaan laut. Kawah Putih ini dibatasi oleh dua tebing batu kapur yang berwarna kelabu, yaitu dikenal dengan tebing Sunan Ibu dan Sunan Rama.

Hal yang unik dari kawah ini adalah warna air dalam kawah bisa berubah dari waktu ke waktu bergantung cuaca. Jika pagi hari turun hujan, kawah ini akan berwarna putih dan diselimuti kabut tipis yang lama-lama akan berubah menjadi berwarna putih keabu-abuan. Ketika matahari mulai terbit, pantulan sinar dari bagian sisi lereng gunung akan memantulkan warna seperti keemasan.

Sementara itu, jika pagi hari cuacanya cerah, akan terlihat warna hijau kebiruan yang begitu indah. Selain itu, hamparan pasir putih, batuan yang khas, dan dihiasi tanaman cantigi atau vacciinium di pinggir kawah semakin mempercantik suasana.

Di kawah ini pun para pengunjung bisa menikmati keindahan kawah dari jarak yang sangat dekat. Tak jarang pula ada orang yang sengaja datang ke Kawah Putih hanya untuk berfoto pre-wedding. Ada juga yang sekadar hunting foto pemandangan Kawah Putih dan aktivitas alam lainnya.

#Perkebunan Teh Ranca Bali

Perkebunan teh Ranca Bali ini berada di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Perkebunan teh yang terletak di ketinggian 1.628 dpl ini adalah salah satu objek wisata alam di Bandung Selatan selain Kawah Putih. Lokasi antara perkebunan teh Ranca Bali memang tidak terlalu jauh dengan objek wisata lainnya di daerah Ciwidey seperti Kawah Putih, Bumi Perkemahan Ranca Upas, tempat pemandian air Cimanggu, dan pemandian air Walini.

Perkebunan Ranca Bali ini adalah sebuah kawasan perkebunan teh yang dimiliki dan dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII, Jawa Barat. Perusahaan ini mengolah dua komoditi, yakni kina dan teh. Selain itu, perkebunan ini didukung juga dengan keberadaan pabrik pengolahan teh CTC dan Orthodoks.

#Situ Patenggang atau Situ Patengan (Patengan Lake)

Patengan Kake atau Situ Patengan merupakan sebuah objek wisata alam berupa danau alam yang berada di kawasan perkebunan teh Ranca Bali atau berjarak kurang lebih 47 kilometer dari Bandung. Jika dibanding dengan objek wisata Kawah Putih, Situ Patenggang memang lebih ramai pengunjung karena fasilitasnya lebih lengkap dan lebih banyak. Luas objek wisata ini adalah sekitar 17 ha, sedangkan luas danaunya adalah sekitar 48 ha.

Nama tempat wisata alam ini berasal dari bahasa Sunda, yakni pateangan-teangan yang artinya ‘saling mencari’. Dikisahkan bahwa nama tersebut adalah sebuah mitos masyarakat sekitar, yaitu lambang dari kisah cinta abadi sepasang kekasih yang terpisah.

Hal yang membuat unik dan menarik dari Situ Patenggang, yaitu di tengah danau terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Asmara. Disebut Pulau Asmara karena memang bentuknya menyerupai hati.

Berdasarkan kisah yang berkembang di sana, diceritakan bahwa ada kisah cinta antara putra Prabu dan putri titisan Dewi, yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis. Alkisah keduanya berpisah sekian lama. Tapi, karena rasa cinta yang sangat dalam, keduanya pun dilanda rasa ingin bertemu yang tak terbendung.

Mereka pun saling mencari dan pada akhirnya bertemtu di sebuah lokasi yang hingga saat ini dikenal dengan Batu Cinta. Lalu, Dewi Rengganis ini meminta kepada kekasihnya untuk dibuatkan sebuah danau dan perahu untuk berlayar bersama. Perahu inilah yang konon berubah jadi sebuah pulau berbentuk hati. Kini, pulau tersebut dikenal dengan nama Pulau Sasakala yang artinya Pulau Asmara.

Berdasarkan kisah dan keyakinan masyrakat di sekitarnya, bila singgah sejenak di Batu Cinta dan selanjutnya mengelilingi Pulau Asmara, diyakini orang yang melakukan hal tersebuta akan memperoleh cinta abadi seperti kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Nah, itulah tempat-tempat wisata alam Bandung yang wajib Anda kunjungi. Dan masih banyak lagi tempat wisata menarik di Bandung dan sekitarnya yang akan kami update pada postingan disitus ini. Selamat berlibur!

Review Wisata Alam di Bandung

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 7 Juni 2019.

Wisata Kampung Daun Lembang Bandung adalah salah satu tujuan wisata terbaik untuk liburan bersama keluarga tercinta. Apa saja keunggulan tempat ini? berikut informasinya kami sajikan…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Rabu 22 Mei 2019.

Tempat Wisata di Bandung yang Wajib Dikunjungi dan Jangan Sampai Terlewatkan Saat Anda Liburan di Kota Ini. Sebab tidak hanya menarik, tapi juga hits dan…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Senin 29 April 2019.

Tempat wisata alam di Jawa Barat yang paling sejuk di mana sih? Provinsi ini dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata alam di Indonesia. Daerah…

Terbaru di #Jelajah Bandung, Tempat Wisata | Diposting oleh Dank Rian, Senin 29 April 2019.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu objek wisata alam yang terletak di Jawa Barat. Objek wisata ini terletak sekitar 30 km di utara Kota Bandung,…