Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Wisata Alam di Jogja

Tempat Wisata Alam di Jogja dan sekitarnya yang bagus dan menarik. Wajib di kunjungi saat liburan ke provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wisata Alam di Jogja

Yogyakarta adalah daerah istimewa setingkat provinsi yang dipimpin oleh seorang sultan. Yogyakarta merupakan peleburan antara Kesultanan Yogyakarta dan Kadipaten Paku Alaman. Daerah Istimewa Yogyakarta yang kental dengan seni dan budaya ini memiliki potensi wisata yang harus dikunjungi. Berbicara soal potensi wisata, Yogyakarta memiliki segalanya, mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam Yogyakarta yang terdiri atas pantai dan gunung.

Sektor pariwisata merupakan sektor penting bagi Yogyakarta. Banyaknya objek wisata di DIY telah menyerap banyak kunjungan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pada 2010, tercatat sebanyak 1.456.980 wisatawan yang berkunjung menikmati keindahan dan keeksotisan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagian besar wisatawan tersebut berasal dari nusantara dan sisanya berasal dari luar negeri. Pariwisata di DIY terbagi menjadi 2 kategori, seperti wisata seni dan budaya serta wisata alam.

Daftar Objek Wisata Alam di Yogyakarta

Untuk lebih mengetahui objek wisata alam Yogyakarta, simak paparan berikut ini yang mudah-mudahan bisa membantu Anda dalam mengunjungi objek wisata yang ada di Yogyakarta.

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi yang dibangun pada abad ke-9 ini dipersembahkan untuk Trimurti atau tiga dewa utama dalam agama Hindu. Ketiga dewa itu adalah Dewa Brahma (Dewa Pencipta), Dewa Wishnu (Dewa Pemelihara), dan Dewa Siwa (Dewa Pemusnah). Berdasarkan prasasti Siwagrha, nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha yang dalam bahasa Sansakerta berarti “Rumah Siwa”.

Candi Prambanan berlokasi di Desa Prambanan yang letaknya sekitar 20 km dari Yogyakarta, 40 km dari Surakarta, dan 120 km dari Semarang atau persis di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi ini termasuk salah satu situs warisan dunia versi Unesco. Keindahan dan kemegahan candi ini telah menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Rata-rata, wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan terkagum-kagum dengan arsitektur dan kemegahannya.

2. Candi Kalasan

Salah satu objek wisata alam di Yogyakarta sekaligus wisata sejarah adalah Candi Kalasan. Candi ini termasuk candi Budha yang berlokasi di Desa Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi yang memiliki 52 stupa ini berlokasi di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo. Letak candi ini pun hanya 2 km dari Candi Prambanan.

3. Candi Mendut

Yogyakarta memang memiliki banyak objek wisata yang berupa candi, salah satunya adalah Candi Mendut. Candi Mendut ini adalah sebuah candi yang bercorak Budha. Candi ini tepatnya berada di Provinsi Jawa Tengah. Menurut sejarah, Candi Mendut didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra. Bangunan candi ini memiliki arsitektur yang menarik. Bahan bangunan yang digunakan Candi Mendut ini sebenarnya batu bata yang ditutupi dengan batu alam.

4. Pantai Parangtritis

Selain wisata alam berupa candi, di Yogyakarta pun bisa menikmati wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai yang terkenal adalah Pantai Parangtritis. Pantai Parangtritis berlokasi di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini letaknya kurang lebih 25 km sebelah selatan Yogyakarta. Pantai ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Pantai Parangtritis memiliki keunikan pemandangan alam yang tidak didapatkan di objek wisata lainnya, yaitu gunung-gunung pasir di sekitar pantai atau biasa disebut dengan gumuk. Pantai Parangtritis pun memiliki ombak yang besar. Objek wisata Pantai Parangtritis dikelola oleh Pemkab Bantul. Di sini, tersedia banyak penginapan dan toko souvenir khas Pantai Parangtritis.

Selain penginapan dan toko souvenir, di Pantai Parangtritis pun terdapat fasilitas lainnya seperti kuda dan ATV yang bisa digunakan untuk menelusuri keindahan Pantai Parangtritis. Selain itu, Pantai Parangtritis pun dilengkapi dengan fasilitas olahraga udara atau aeromodelling.

5. Malioboro

Berwisata ke Yogyakarta tidak lengkap jika tidak menelusuri Jalan Malioboro. Memang, Jalan Malioboro sudah menjadi ikon atau landmark Kota Yogyakarta. Jalan Malioboro membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempataan Kantor Pos Yogyakarta. Jalan Malioboro dikenal karena pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Yogya. Selain itu, pada malam harinya, di Jalan Malioboro ini banyak berjualan warung-warung lesehan yang menjual gudeg khas Yogya. Jalanan Malioboro pun dikenal sebagai tempat berkumpulnya para seniman-seniman Yogyakarta.

6. Kaliurang

Kaliurang adalah salah satu tempat wisata alam di Yogyakarta. Kaliurang ini persisnya terletak di Kabupaten Sleman, di perbatasan Provinsi Jawa Tengah. Kaliurang ini merupakan daerah dataran tinggi yang berudara sejuk. Di sini, banyak terdapat villa atau penginapan. Udaranya yang sejuk dan banyaknya penginapan membuat Kaliurang ramai dikunjungi wisatawan.

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Jawa. Gunung Merapi termasuk salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung Merapi ini berlokasi di beberapa daerah, yaitu Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Magelan, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten.

Gunung Merapi terakhir meletus pada 2010 lalu. Erupsi pertama Gunung Merapi terjadi pada 26 Oktober. Saat itu, sedikitnya terjadi tiga kali letusan. Letusan itu menyemburkan material vulkanik setinggi kurang lebih 1,5 km yang disertai dengan awan panas. Sejak saat itu, mulai terjadi muntahan awan panas secara tidak teratur. Letusan Gunung Merapi mencapai puncaknya pada 5 November 2010.

Bencana meletusnya Gunung Merapi telah memakan banyak korban jiwa. Namun, lokasi bencana itu tetap menjadi tujuan wisatawan yang ingin melihat jejak-jejak keganasan Gunung Merapi. Status Gunung Merapi yang masih aktif itulah yang membuat gunung tersebut menjadi objek wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya.

8. Air Terjun Sri Gethuk

Selain pantai dan gunung, Yogyakarta pun memiliki objek wisata alam berupa air terjun. Objek wisata air terjun yang bernama Air Terjun Sri Gethuk ini berlokasi di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi pesawahan yang hijau. Air Terjun Sri Gethuk ini selalu mengalir tanpa mengenal musim. Objek wisata Air Terjun Sri Gethuk ini terletak di Desa Bleberan. Keindahan Air Terjun Sri Gethuk ini sangat sayang jika dilewatkan.

9. Goa Selarong

Salah satu objek wisata alam di Yogyakarta adalah Goa Selarong. Objek wisata Goa Selarong ini berlokasi di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Goa ini memiliki makna sejarah karena goa yang terbentuk di perbukitan batu cadas ini digunakan sebagai markas gerilya pangeran Diponegoro dalam perang yang terjadi pada 1825-1830.

Sekarang ini, objek wisata alam Goa Selarong dilengkapi dengan area bumi perkemahan. Objek wisata ini berlokasi sekitar 14 km dari arah selatan Yogyakarta. Di daerah sekita Goa Selarong pun sedang dikembangkan area objek wisata berkonsep agrowisata.

10. Goa Cerme

Goa Cerme adalah salah satu objek wisata alam Yogyakarta. Gua Cerme merupakan gua peninggalan sejarah yang berlokasi di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km arah selatan Yogyakarta. Dulunya, Gua Cerme digunakan Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Daya tarik guna ini terletak dari keindahan stalagtit dan stalagmit. Di gua ini pun, terdapat sungai bawah tanah dan kelelawar.

Nah, itulah tempat wisata alam di Yogyakarta dan sekitarnya. Semoga penjelasan ini bisa menambah referensi tempat wisata di Yogyakarta. Selamat Berwisata ke Yogyakarta!

Review Wisata Alam di Jogja

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Senin 4 Maret 2019.

Berikut informasi objek wisata terbaik di Jogja mulai dari tempat menarik, tempat belanja, dan penginapan terbaik. Info spesial untuk Anda agar lebih nyaman dan maksimal…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tradisi Jawa yang masih kental dalam…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 1 Februari 2019.

Pantai Parangtritis Jogja adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menyajikan pemandangan indah dengan kesan romantis yang mendalam terutama saat matahari terbenam.…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 1 Februari 2019.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Menyediakan berbagai hewan langka dari berbagai tempat. Baik itu satwa yang ada di…