Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Wisata di Jogja

Inilah daftar lengkap Tempat Wisata di Jogja yang terpopuler dan terhits saat ini. Lokasi berada di dekat pantai, dekat bandara, dekat stasiun, dekat pusat kota, dan akses penting lainnya. Tersedia berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam, wisata pantai, wisata budaya, wisata bersejarah, dan wisata kuliner.

Tempat Wisata di Jogja

Sebuah kota akan besar namanya jika memiliki keistimewaan. Keistimewaan itu biasanya berupa hasil kebudayaan dan adat istiadat. Bahkan, jika kebudayaan dan adat istiadat itu sudah mengakar dan mendarah daging, kota itu akan besar hingga dikenal oleh masyarakat dunia. Seperti yang terjadi pada Daerah Istimewa Yogyakarta.

Daftar Tempat Wisata di Jogja

Kekayaan budaya yang dimiliki masyarakat Yogya sama terkenalnya dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Bali. Dua kota besar itu merupakan kota di Indonesia yang sepertinya paling sering dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing. Hal ini wajar karena kedua kota itu memang masih dengan sangat kental memertahankan kebudayaan serta ajaran-ajaran para leluhurnya.

Berikut daftar lengkap tempat-tempat wisata yang ada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta:

#Wisata Kuliner

Berwisata ke kota budaya ini tidak lengkap jika tidak mencicipi lezatnya kuliner khas kota ini. Di sekeliling kota, terdapat banyak tempat makan yang akan memanjakan lidah Anda, termasuk warung-warung angkringan.

Inilah beberapa rekomendasi tempat wisata kuliner yang bisa Anda kunjungi saat Anda mampir di Yogya.

√Lotek Teteg (Baciro, Yogyakarta)

Terletak di Jalan Argolubang 184, tepatnya di Gang Delima GK. IV/196 wilayah Baciro, Lotek Teteg menyuguhkan makanan khas yang lezat dalam porsi besar. Warung yang letaknya strategis ini tidak pernah sepi dikunjungi pengunjung.

Warung makan ini didesain agar membuat pengunjungnya merasa nyaman. Tempat makan yang beragam (dengan meja dan kursi atau ala lesehan), penyanyi yang melantunkan lagu-lagu daerah, dan suasana yang sejuk menambah nikmatnya berwisata kuliner di Lotek Teteg.

Tidak hanya lotek, Lotek Teteg juga menyuguhkan salad khas Indonesia alias gado-gado. Porsi besar menjadi ciri khas warung makan ini. Sekilas, beberapa orang mungkin berpikir tidak dapat menghabiskan makanan tersebut. Akan tetapi setelah mereka mulai mencicipinya, gado-gado atau lotek porsi besar tersebut akan segera ludes dari piringnya.

Bumbu kacang yang diolah langsung dari kacang tanah segarnya terasa amat gurih dan meresap ke dalam sayur-sayuran. Sayur mayur yang digunakan pun tidak kalah segarnya. Dilengkapi dengan kerupuk renyah yang sangat tepat dipadukan dengan bumbu kacang, lotek dan gado-gado warung Lotek Teteg semakin menggoyang lidah Anda.

Buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.30 sore waktu setempat, tidak ada salahnya Anda mengunjungi warung makan ini jika Anda kebetulan berkunjung di wilayah Baciro, Yogya.

√Nasi Goreng Beringharjo (Pabringan, Yogyakarta)

Nasi goreng barangkali terdengar biasa saja bagi para pecinta kuliner. Akan tetapi nasi goreng kaki lima beringharjo ini berbeda, dan kelezatannya telah diakui sejak tahun 1960-an. Dengan perpaduan resep Jawa dan Cina, nasi goreng yang terletak di Jalan Pabringan 1 Yogya ini siap menggoyang lidah Anda.

Nasi goreng Beringharjo juga bisa ditemui di Jalan Mataram, di area pertigaan ketiga menuju pasar Beringharjo. Yang menyenangkan dari berwisata kuliner di kaki lima nasi goreng Beringharjo ini adalah penjualnya memasak nasi goreng sekaligus dalam jumlah banyak sehingga para pembeli tidak perlu antre berlama-lama untuk merasakan nikmatnya nasi goreng tersebut. Untuk tempat makan, jangan khawatir, Anda bisa duduk di kursi-kursi yang tersedia atau menikmati kuliner lesehan di sekitar jalan tersebut.

Nasi goreng Beringharjo beroperasi dari jam 18.00 hingga jam 23.00 waktu setempat. Dengan kurang dari Rp10.000 Anda bisa merasakan lezatnya nasi goreng ini. Akulturasi budaya dan kuliner Jawa dan Cina terlihat jelas pada menu variasi nasi goreng Beringharjo. Ada nasi goreng sea food, nasi goreng kamping, nasi goreng ayam, nasi goreng babi, dan sebagainya.

√Sentra Gudeg Wijilan dan Barek

Siapa yang tidak kenal gudeg? Saking identiknya gudeg dengan Yogya, kota ini sampai mendapat julukan ‘kota gudeg’. Makanan khas kota Yogya ini bisa dengan mudah ditemukan di seantero kota. Akan tetapi, adalah Sentra Gudeg Wijilan dan Barek salah satu penjual gudeg yang patut diperhitungkan karena rasanya yang menggugah selera.

Sentra Gudeg Wijilan dan Barek ini merupakan lokasi deretan warung-warung gudeg di sepanjang jalam Wijilan. Pilihlah warung yang Anda suka, karena warung mana pun di sentra gudeg di kota Yogyakarta ini sama-sama lezat.

Tentu masih banyak lagi tempat kuliner yang enak dan menarik di Jogja.

#Wisata Alam

Yogyakarta merupakan sebuah tempat yang memiliki beragam pesona wisata alam. Salah satu wisata alam yang banyak dikunjungi adalah candi Prambanan. Selain itu, masih banyak pesona wisata alam lain yang bisa dikunjungi.

  • Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia.
  • Candi Kalasan adalah salah satu objek wisata alam di Yogyakarta sekaligus wisata sejarah yang berlokasi di Desa Kalasan.
  • Candi Mendut adalah sebuah candi yang bercorak Budha yang didirikan pada masa pemerintahan Raja Indra dari dinasti Syailendra.
  • Pantai Parangtritis adalah wisata alam berupa pantai. Salah satu pantai yang terkenal di Jogja berlokasi di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.
  • Malioboro adalah kawasan jalan yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempataan Kantor Pos Yogyakarta. Terkenal dengan kerajinan khas Yogya, wisata malam, berbagi kuliner khas Yogya, dan juga merupakan tempat berkumpulnya para seniman-seniman Yogyakarta.
  • Kaliurang merupakan tempat wisata alam yang ada di daerah dataran tinggi memiliki udara sejuk dan nyaman. Memiliki banyak villa dan penginapan, sehingga cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.
  • Gunung Merapi adalah salah satu gunung berapi yang ada di Pulau Jawa. Gunung Merapi yang pernah meletus dan meninggalkan sisa-sisa magma dan lava, sehingga terbentuk keindahan alam tersendiri.
  • Air Terjun Sri Gethuk adalah objek wisata alam berupa air terjun yang berlokasi di antara ngarai Sungai Oya yang dikelilingi pesawahan yang hijau.
  • Goa Selarong adalah goa bersejarah yang pernah digunakan sebagai markas gerilya pangeran Diponegoro dalam perang melawan Belanda tahun 1825-1830 M.
  • Goa Cerme adalah gua peninggalan sejarah yang pernah digunakan Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Memiliki keindahan stalagtit dan stalagmit.

#Pusat Perbelanjaan Modern (Mall)

Yogyakarta dikenal dengan julukan Kota Pendidikan. Banyak mahasiswa dari berbagai provinsi lain menimba ilmu di sana. Sebagain besar mahasiswa Yogyakarta kerap menghabiskan waktu senggangnya di berbagai Mall di Yogyakarta dengan beragam aktivitas. Berikut adalah mall di Yogyakarta yang nyaman untuk dijadikan tempat kumpul dan ajang nongkrong bersama teman.

  • Galeria Mall adala salah satu pusat perbelanjaan di Yogyakarta yang didirikan pada 8 Desember 1995. Berlokasi di Jalan Jend. Sudirman No. 99-101, Yogyakarta.
  • Jogjatronik Mall merupakan pusat perbelanjaan yang menyediakan berbagai barang elektornik, seperti televisi, home theater, mesin cuci, komputer, AC, hingga handphone. Lokasi ada di Jalan Brigjen Katamso No 75-77, Gondomanan.
  • Malioboro Mall adalah mall yang ada di kawasan Malioboro tepatnya ada di sebelah kiri Jalan Malioboro. Mall ini merupakan mall yang pertama yang didirikan di Yogyakarta. Tepatnya mulai difungsikan sebagai pusat perbelanjaan pada tahun 1993.
  • Ambarrukmo Plaza adlaah mall yang berlokasi di jalan Laksda Adisucipto. Berada di lokasi yang strategis, hanya 10 menit dari Bandara Internasional Adisucipto.

#Pegunungan

Pesona pegunungan di Yogyakarta tak kalah menarik dengan yang terdapat di Provinsi lain. Gunung Merapi dan daerah Pegunungan Kaliurang di Yogyakarta menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan.

√Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi di Indonesia yang masih aktif. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.968 meter di atas permukaan laut. Walau disebut sebagai kawasan berbahaya, tapi tetap menjadi kawasan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan terutama yang senang dengan tantangan dan pendakian.

√Daerah Pegunungan Kaliurang

Kaliurang merupakan daerah dataran tinggi yang berada di daerah Yogyakarta. Kaliurang berlokasi di kaku Gunung Merapi. Karena udaranya yang sejuk dan pemandangannya yang masih asri dan hijau, Kaliurang sering menjadi salah satu tujuan wisatawan. Hawa di Kaliurang yang dingin disertai angin yang sepoi-sepoi memberikan rasa yang segar pada tubuh. Kesejukan itulah yang menjadi nilai lebih yang dimiliki Kaliurang. Di kaliurang, kita bisa melihat pemandangan Gunung Merapi.

Belanja di Yogyakarta merupakan aktivitas lain yang bisa dinikmati ketika berlibur. Selain mengunjungi berbagai tempat wisata alam dan budaya, kita juga bisa menikmati wisata kuliner dan wisata belanja yang ada di Yogyakarta. Berikut adalah pembahasan mengenai berbagai tempat belanja di Yogyakarta.

Itulah daftar lengkap tempat wisata di Jogja yang bagus dan menarik.

Review Wisata di Jogja

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Senin 4 Maret 2019.

Berikut informasi tntang Yogyakarta yang harus Anda ketahui saat akan liburan ke daerah istimewa ini. Dengan mengetahuinya Anda dapat lebih mudah saat berlibur disini. Dan…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Senin 4 Maret 2019.

Berikut informasi objek wisata terbaik di Jogja mulai dari tempat menarik, tempat belanja, dan penginapan terbaik. Info spesial untuk Anda agar lebih nyaman dan maksimal…

Terbaru di Wisata Kuliner | Diposting oleh INDRA, Minggu 3 Februari 2019.

Menikmati Kuliner Khas Jogja yang Murah Enak dan Kekinian – Berwisata ke daerah Jogja belumlah lengkap tanpa mencicipi makanan khas daerah itu. Kadang-kadang sepiring hidangan…

Terbaru di Tempat Wisata, Wisata Kuliner | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Anda pernah ke Yogyakarta? Pasti singgah di Malioboro Yogyakarta, bukan? Jangan bilang pernah ke Yogyakarta jika belum mengayun langkah di Malioboro. Ya, kawasan ini memang…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Malioboro Jogja saat ini terus berbenah dalam semua aspek terutama sebagai salah satu tempat wisata di Jogja. Dulu tempat ini menjadi primadona di Jawa sehingga…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tradisi Jawa yang masih kental dalam…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Sabtu 2 Februari 2019.

Apa yang Anda ketahui tentang Malioboro?, sudah sejak lama terkenal akan keindahan panorama alamnya serta keragaman budayanya. Ada banyak sekali kota di Indonesia yang bisa dijadikan…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 1 Februari 2019.

Kondisi Pantai Parangtritis saat ini memang tidak terlalu jauh berbeda dengan dulu. Memiliki arus ombak yang cukup berbahaya. Mungkin ombak ini tidak tinggi tetapi gulungannya…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 1 Februari 2019.

Pantai Parangtritis Jogja adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menyajikan pemandangan indah dengan kesan romantis yang mendalam terutama saat matahari terbenam.…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh INDRA, Jumat 1 Februari 2019.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Menyediakan berbagai hewan langka dari berbagai tempat. Baik itu satwa yang ada di…