Indra Kurniawansyah

Tempat Sharing Wisata, Bisnis, & Banyak Hal

Menu

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Malioboro

Apa yang Anda ketahui tentang Malioboro?, sudah sejak lama terkenal akan keindahan panorama alamnya serta keragaman budayanya. Ada banyak sekali kota di Indonesia yang bisa dijadikan tujuan wisata. Salah satu kota yang cukup sering dijadikan sebagai tujuan wisata di Indonesia adalah Yogyakarta.

Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Malioboro

Yogyakarta memiliki banyak lokasi wisata yang cukup populer di kalangan wisatawan, baik wisatawan domestik maupun wisatawan lokal. Sebut saja Benteng Vredeburg, Taman Sari, Keraton Yogyakarta, hingga Alun-Alun Kidul.

Objek wisata alam di Jogja cukup terkenal. Dua objek wisata alam yang cukup populer di Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis dan Gunung Merapi. Selain objek wisata, Yogyakarta juga terkenal akan keragaman makanan khasnya.

Ada banyak sekali makanan khas Yogyakarta yang tidak bisa ditemui di kota lain. Makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal tentu saja gudeg. Di Yogyakarta, Anda juga bisa mencicipi hidangan khas angkringan yang murah meriah.

Suasana kota Yogyakarta pun sangatlah menyenangkan. Anda bisa berkeliling kota dengan menggunakan becak atau andong yang mudah ditemui. Keramahan masyarakat Yogyakarta pun sudah sangat terkenal hingga saat ini.

Anda juga bisa berbelanja berbagai jenis oleh-oleh khas Yogyakarta, mulai dari batik hingga kerajinan gerabah khas karya pengrajin gerabah di Kasongan. Menghabiskan waktu liburan atau berwisata di kota Yogyakarta akan menjadi suatu pengalaman yang tak mudah untuk dilupakan.

Salah satu ciri khas lain dari kota Yogyakarta adalah Malioboro. Malioboro sebenarnya adalah nama jalan yang terletak di pusat kota Yogyakarta. Jalan ini termasuk jalan yang sudah cukup tua usianya.

Di masa lalu, Malioboro termasuk salah satu jalan terbesar di kota Yogyakarta. Kini, Malioboro telah berubah menjadi salah satu kawasan wisata yang cukup populer di Yogyakarta.

Di sepanjang jalan ini, Anda dapat menemukan pedagang kaki lima yang menjual berbagai pernak-pernik serta barang kerajinan khas Yogyakarta. Mulai dari berbagai jenis pakaian yang terbuat dari batik, aksesoria seperti gantungan kunci dan korek gas, hingga berbagai jenis kerajinan anyaman atau ukiran kayu jati.

Di Malioboro, Anda juga bisa menemukan beragam pusat perbelanjaan, dari yang berukuran kecil hingga pusat perbelanjaan besar seperti Malioboro Mall atau Pusat Perbelanjaan Ramai. Anda juga dapat menemukan beragam kedai restoran siap saji atau tempat makan tradisional.

Hal lain yang perlu diketahui tentang Malioboro adalah Anda bisa menemukan banyak sekali becak ataupun andong di lokasi ini. Selain itu, terdapat juga banyak sekali musisi jalanan, baik yang biasa-biasa saja maupun yang tampil dengan peralatan lengkap.

Biasanya, Malioboro akan sangat ramai pada saat musim liburan. Cara terbaik untuk menelusuri lokasi wisata ini adalah dengan berjalan kaki. Jika menggunakan kendaraan, baik mobil ataupun motor, Anda dapat memarkirkan di tempat parkir yang tersedia.

Lalu, menelusuri Malioboro dengan berjalan kaki. Selain lebih praktis, berjalan kaki di sepanjang Malioboro akan menambah kesan kunjungan Anda di kawasan wisata ini.

Kawasan Malioboro dapat dikunjungi kapan pun Anda suka. Malioboro adalah jalan umum, maka lokasi wisata ini dapat dikunjungi kapan saja. Meskipun demikian, sebagian besar toko akan tutup pada pukul sepuluh malam.

Beberapa toko seperti minimarket 24 jam akan tetap buka. Lesehan di Malioboro pun cenderung tetap buka hingga sekitar pukul 3 dini hari. Penjual gudeg bahkan bisa berjualan hingga pagi menjelang.

Jika ingin mengunjungi Malioboro sekadar untuk melihat barang-barang yang dijual oleh para pedagang kaki lima, Anda dapat mengunjungi kawasan wisata ini pada siang atau sore hari.

Namun, jika ingin melakukan wisata kuliner di Malioboro, waktu yang tepat adalah pada malam hari. Suasana di Malioboro pada malam hari akan terlihat lebih indah dibandingkan pada siang hari.

Anda bisa menemukan beragam lampu hias yang berada di tepi jalan yang semakin membuat suasana malam menjadi kian semarak. Mungkin Anda pernah mendengar beberapa lagu yang menceritakan tentang Malioboro dan suasananya di malam hari.

Jika berkesempatan menghabiskan malam di Malioboro, Anda dapat menikmati sajian kuliner bersama teman atau keluarga sembari diiringi alunan musik dan lagu yang dibawakan oleh musisi jalanan.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui

Jika ingin berwisata di kawasan Malioboro, ada beberapa hal penting yang harus diketahui. Hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika berada di kawasan wisata ini adalah sebagai berikut.

#Jaga Barang Bawaan dengan Baik

Pastikan untuk menyimpan barang-barang berharga seperti dompet, perhiasan, uang, maupun handphone di tempat yang aman. Anda bisa meletakkan barang-barang berharga di dalam tas dan memeluk tas pada bagian depan tubuh.

Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan. Malioboro akan sangat ramai, terutama pada saat musim liburan. Di tempat yang ramai seperti ini, keamanan barang bawaan anda harus menjadi pertimbangan utama.

#Memilih Tempat Makan

Hal kedua yang harus diperhatikan ketika sedang berada di kawasan Malioboro adalah memilih tempat makan. Ada banyak sekali lesehan serta tempat makan yang bisa ditemukan di Malioboro.

Jika memutuskan untuk makan di lesehan, pastikan lesehan tersebut menyertakan harga makanan dalam menunya. Lesehan atau tempat makan yang tidak mencantumkan harga pada menu makanannya biasanya akan mematok harga yang lebih mahal dari harga aslinya.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan ketika menikmati hidangan kuliner di Malioboro adalah pastikan Anda menyiapkan recehan untuk para pengamen atau seniman jalanan yang bermain musik pada saat sedang menikmati hidangan kuliner.

Memberi uang pada pengamen atau musisi jalanan bukanlah suatu keharusan. Namun, akan lebih nyaman jika Anda sudah menyiapkan recehan sebelum anda memutuskan untuk menikmati hidangan kuliner di Malioboro.

#Tips dan Trik Menawar Harga

Hal lain yang perlu diketahui tentang malioboro adalah tips dan trik menawar harga, yaitu sebagai berikut.

Tanyakan harga

Hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin membeli barang yang dijual oleh pedagang kaki lima di Malioboro adalah menanyakan harga barang tersebut. Jika hanya ingin sekedar melihat-lihat, usahakan untuk tidak menyentuh atau mengambil barang dagangan yang dipajang di kaki lima.

Jika sampai menanyakan harga barang, berarti Anda sudah dapat dipastikan akan membeli barang tersebut. Jangan kaget ketika mendengar harga yang disebutkan oleh penjual, karena biasanya, harga awal yang disebutkan oleh penjual dipatok cukup tinggi.

Tawar sepertiga dari harga awal

Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah menawar harga tersebut dengan nominal sepertiga dari harga yang disebutkan. Pastikan juga untuk tidak terlihat terlalu agresif atau terlalu membutuhkan barang tersebut.

Jika pedagang tidak juga menyetujui tawaran, segera tinggalkan pedagang tersebut. Biasanya, ketika ditinggalkan seperti ini, pedagang akan memanggil dan menyatakan bahwa Anda bisa membeli barang tersebut sesuai harga yang ditawarkan.

Jika tidak dipanggil, bisa mencari barang tersebut di penjual lain dan sedikit menaikkan tawaran Anda dari tawaran sebelumnya. Pastikan untuk tetap ramah dan akrab kepada penjual karena hal ini juga bisa berpengaruh kepada harga yang ditetapkan oleh penjual.

+++++++++++++++++++++++++++++++++


Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.
+++++++++++++++++++++++++++++++++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya