Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Ingin Pakai Baju Model Kaftan? Sebaiknya Baca Dulu Tips Ini!

Oleh INDRA

Ingin Pakai Baju Model Kaftan? Sebaiknya Baca Dulu Tips Ini. Pakaian muslim bisa memberikan manfaat yang sangat besar untuk yang memakainya, terutama dengan wanita. Salah satu manfaat yang bisa didapat dengan berpakaian muslim tersebut adalah adanya tempat terbaik di akhirat kelak. Namun tentu saja harus diimbangi dengan amalan yang lainnya. Salah satu pakaian muslim yang memberikan manfaat tersebut adalah kaftan. Bahkan model kaftan saat ini sudah banyak mengalami perkembangan dan kemajuan yang sangat bagus.

Baju Model Kaftan

Apakah kamu pernah mendengar dengan model nama pakaian tersebut? Secara umum kaftan adalah pakaian wanita muslim dengan konsep terusan. Modelnya mirip dengan pakaian gamis yang sering dipakai sangat anggun. Namun jika diteliti lebih mendalam lagi, terdapat perbedaan antara kaftan dengan gamis tersebut. Akan tetapi, secara fungsi masih bisa memberikan fungsi yang sama, yakni menutup aurat dengan seharusnya.

Pakaian berjenis tersebut umumnya memiliki panjang dari bahu sampai dengan mata kaki. Adapun untuk lebarnya menutup seluruh badan. Kaftan sendiri tidak akan memiliki ukuran yang ketat, selama kamu sendiri tidak mengubahnya menjadi ketat.

Dengan menjadi identik dari pakaian khas Timur Tengah, kaftan ini memiliki ciri khas yang memang tidak bisa ditinggalkan. Bahkan jika ke luar dari Timur Tengah pun pakaian ini masih tetap enak untuk dipandang. Terlebih dengan memiliki tubuh yang proporsional, dirasa tepat untuk memakai pakaian kaftan ini. Namun untuk yang memiliki tubuh besar pun tidak masalah karena justru akan tetap terlilhat anggun dengan balutan pakaian tersebut.

Namun seperti apa sih model kaftan yang bisa menjadi perhatian kamu itu? Apakah memang akan memiliki desain yang lebih bagus ketimbang dengan gamis? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya dalam paparan berikut ini.

Model pakaian yang berkembang sangat maju

Sebagai model yang menjadi ciri khas dari adat Timur Tengah, sudah sejatinya kaftan menjadi kebanggaan mereka. Bahkan pakaian tersebut menjadi sangat identik dengan zaman Persia dahulu kala. Akan tetapi, bukan fesyen namanya jika tidak mengalami perkembangan yang sangat maju dan pesat. Hal itulah yang ditonjolkan oleh kaftan ini.

Ternyata tidak hanya Timur Tengah yang menjadikan pakaian ini sebagai ciri khasnya.

India pun menjadikannya sebagai pakaian khasnya. Sering kita lihat di film-film atau keseharian dari para wanitanya yang mengenakan pakaian tersebut. Mereka memang akrab dengan pakaian tersebut. Namun di India pemakai model pakaian kaftan tidak selamanya beragama musli. Pun demikian juga dengan yang di Timur Tengah.

Untuk memakai pakaian tersebut akan sangat mudah dan sederhana. Kita tidak akan dibuat pusing karena hanya memiliki lubang untuk tubuh sebanyak 1 buah. Selain itu, untuk kedua tangan dari pakaian ini memiliki ukuran yang cukup longgar, meski banyak juga model tangan yang cukup ketat. Namun secara umum, pakaian kaftan memiliki tangan yang longgar.

Keindahan kaftan pun akan semakin terlihat dan itu akan menjadi pandangan yang indah bagi kaum pria. Kain kaftan biasanya memiliki hiasan berupa bordiran yang unik dan juga rumit. Tidak hanya itu, hiasan bordiran tersebut juga memiliki kesan yang mewah karena biasanya berwarna emas. Namun ada juga yang berwarna lainnya, disesuaikan dengan kain dasarnya.

Dengan memakai model kaftan tersebut akan membuat wanita tampak menjadi lebih anggun dari biasanya. Pakaian tersebut akan lebih cocok jika dikenakan dengan hijab yang trendi. Dengan begitu, akan membuat tampilan kamu terasa lebih sesuai dengan syariat agama Islam. Pun jika memang tidak mengenakan hijab tidak mengapa, hanya pakaian kaftan saja. Akan tetapi, kaftan memang akan cocok jika dipadukan dengan model hijab tersebut.

Aturan pemakaian kaftan agar lebih nyaman dan enak dipandang

Percaya atau tidak ternyata memakai pakaian bisa diseling dengan aturan yang membuatnya terasa lebih nyaman dan enak dipandang. Mungkin dengan menerapkan aturan tersebut dalam berpakaian akan terasa sedikit mengganggu kebebasan kamu, bukan? Tapi percayalah bahwa dengan memakain model kain kaftan yang disertai dengan menerapkan aturan ini, kamu akan menjadi semakin percaya diri.

Lantas apa saja yang diperlukan dalam memakai pakaian tersebut? Setidaknya ada lima aturan yang bisa kamu terapkan agar bisa berbusana dengan baik dan trendi.

1. Perhatikan kombinasi dalam kaftan

Pakaian kaftan umumnya menjadi pakaian yang istimewa dan jarang sekali dipakai dalam sehari-hari, khususnya dengan kamu yang tinggal di Indonesia. Apa jadinya jika kamu sehari-hari memakai pakaian tersebut? Hari dan momen yang istimewa untuk memakai kain kaftan umumnya di hari raya Idul Fitri atau acara resmi lainnya.

Namun tentunya kamu tidak ingin salah kostum dalam acara yang istimewa tersebut, bukan? Akan lebih baik jika kamu memakai kaftan dengan bahan kain yang tidak transparan. Kain yang transparan memang akan ditemui pada beberapa model kaftan. Namun bahan tersebut sangat kurang tepat jika dipakai pada acara yang sedang resmi tersebut.

Untuk bahan yang tidak tembus pandang, kamu bisa memilihnya dengan satin ataupun dengan katun. Kedua bahan tersebut masih memiliki unsur eleganitas yang baik. Akan tetapi, jika dirasa memang menyukai dengan kain yang tembus pandang, rasanya bisa ditimpali dengan manset, legging, ataupun dengan tanktop. Dengan semua itu, pemakaian kaftan tersebut dapat dikatakan “aman” dipandang oleh orang lain.

2. Perhatikan model kaftan dengan tubuh

Terkadang kamu memiliki ras apercaya diri yang amat kuat dan tinggi. Hal itu akan berlaku dalam memakai sebuah pakaian, termasuk dengan kaftan. Kaftan sendiri memang akan terlihat lebih anggun jika dipakai dengan kamu yang bertubuh proporsional. Namun apakah kamu yang memiliki tubuh besar dan mungil tidak boleh memakain pakaian tersebut?

Untuk mereka yang memiliki tubuh besar, termasuk di area payudara masih bisa memakai kaftan tersebut. Hanya saja lebih baik jangan memakai kaftan yang memiliki hiasan ramai di bagian dadanya. Hal itu hanya akan menjadi pusat perhatian ke area tersebut. Akan tetapi, jiak kamu memiliki tubuh yang kecil dan pendek, sebaiknya hindari memakai kaftan yang berukuran longgar. Kenapa? Karena dengan memakai ukurna tersebut akan membuat kamu semakin “tenggelam”.

Namun jangan khawatir untuk kamu yang bertubuh mungil. Pakailah alas kaki dengan hak yang tinggi. Dengan begitu, kaftan yang panjang tersebut akan diimbangi dengan hak sepatu tersebut. Dengan demikian, kamu yang mungil tidak akan terlihat mungil.

3. Jangan berlebihan dalam memakai perhiasan

Kamu pastinya selalu memakai perhiasan ke mana pun pergi, bukan? Ya karena perhiasan memang sangat identik dengan wanita. Jika tidak memakai perhiasan tersebut, rasanya ada yang kurang. Namun jangan salah ketika memakai kaftan, sebaiknya tanggalkan semua perhiasan tersebut atau setidaknya memakai hanya sebagian kecil saja.

Dengan memakai kaftan yang memang identik memiliki hiasan yang ramai, rasanya akan sangat bertabrakan dengan pemakaian perhiasan yang banyak. Coba tengok saja bagaimana hiasan dalam kaftan yang ada di luaran sana, hampir kebanyakan memiliki hiasan bordir yang sangat banyak, entrah itu di bagian dada ataupun di bagian lengan.

Jika ingin memakai perhiasan dan kebetulan kamu tidak berhijab, alangkah baiknya untuk memakai anting saja. Anting pun tentunya harus disesuaikan dengan bentuk dan hiasannya.

4. Hijab yang senada

Seperti bahasan di awal bahwa pemakaian model kaftan memang akan senada dan anggun jika dipadukan dengan hijab. Untuk itu, pemakaian hijab diperlukan agar semuanya terlihat lebih menawan lagi. Namun jangan salah karena hijab yang dipadukan dengan kaftan tidak boleh sembarangan. Kenapa? Karena salah-salah kamu akan bertabrakan warnanya.

Kaftan umumnya memiliki warna yang seragam dari ujung sampai bawah. Dengan kata lain, kaftan umunya hanya memiliki satu warna saja, tanpa perpaduan warna apa pun. Alangkah baiknya untuk tidak memakai hijab yang satu warna dengan kaftan yang kamu pakai. Akan lebih bagus jika memakai hijab yang senada dengan warna hiasan pada kaftan tersebut. Selain itu, hindari pula pemakaian hijab dengan warna hitam. Hal itu hanya akan memberi kesan bahwa kamu akan pergi ke pemakaman.

Nah itulah ulasan mengenai model kaftan yang bisa kamu pakai. Tentunya juga dengan tips memakai kaftan yang senada dan menawan. Semoga bisa menjadi inspirasi.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.