Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Jenis-jenis Peluang Bisnis Online yang Bisa di Jalan dari Rumah

Oleh INDRA

Menjalankan sebuah bisnis akan menyenangkan, terlebih dengan bisnis di dunia maya. Ada banyak jenis peluang bisnis online yang bisa kita jalankan. Apa sajakah bisnis tersebut? Untuk mengetahuinya, marilah kita simak ulasannya di sini.

Peluang Bisnis Online

Semua orang tentunya ingin sukses dan kaya. Untuk meraih cita-cita itu, diperlukan kejelian dalam melihat setiap peluang yang ada. Bisnis online adalah salah satu peluang yang jangan sampai Anda lewatkan. Begitu banyaknya peluang bisnis online yang bertaburan di internet.

Saat ini menggapai keuntungan sebesar-besarnya lewat internet sangat terbuka lebar bagi siapa pun. Syaratnya harus dapat menerima resiko yang nantinya akan dihadapi, karena memang semua usaha baik itu online atau tidak masing-masing mempunyai resiko dan tantangan yang harus dilalui.

Di antara sekian banyak peluang itu, pasti ada yang bisa Anda jadikan langkah awal untuk meraih impian sebagai orang yang sukses secara finansial.

Langkah Mendulang Sukses Berbisnis

Langkah awal yang harus Anda ketahui adalah jenis peluang bisnis online yang bisa menjadi sumber penghasilan.

Ada banyak bisnis online yang bisa dijalankan. Ada yang gratis maupun berbayar. Semua tergantung dari waktu dan modal yang Anda miliki. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online yang bisa diambil:

1. Adsense/iklan

Kalau Anda pernah mendengar istilah Google Adsense, maka istilah adsense tentu sudah tidak asing lagi. Untuk memulai bisnis adsense ini, Anda harus mempunyai website atau  blog.

Bisnis adsense adalah bisnis menyewakan space di website atau blog Anda untuk dipasang iklan produk atau alamat website lain. Anda bisa mencari sendiri pemasang iklan di website/blog atau Anda bisa mendapat order dari broker iklan seperti Google Adsense dan kumpulblogger.

Sistem pembayaran yang diterapkan dalam adsense ada dua, yaitu berdasarkan sistem Pay Per Click (PPC) atau sistem sewa menurut rentang waktu tertentu, misalnya mingguan atau bulanan.

2. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah penjualan berbasis internet, dimana saat terjadi transaksi Anda akan memperoleh sebagian komisi dari nilai penjualan tersebut.

Dalam sistem affiliate ini, akan memperoleh link khusus dari pemilik  website yang produknya akan dijual. Saat menjual produk melalui link tersebut, sistem akan mencatat jumlah transaksi yang terjadi melalui link Anda.

3. Pay To Click (PTC)

PTC adalah bisnis online yang penghasilannya dapat diperoleh dari klik iklan yang ada di internet. Anda akan memperoleh sejumlah imbalan dengan melakukan klik iklan yang ditampilkan. Jumlah iklan dan besarnya ditentukan oleh penyelenggara.

Biasanya ada batasnya minimum jumlah uang yang dikumpulkan sebelum dibayarkan oleh pihak penyelenggara. Anda harus hati-hati dalam menjalankan PTC. Banyak sekali penyelenggara yang menipu atau istilah dalam internet adalah scam.

Cari tahu dahulu selengkap-lengkapnya sebelum Anda mengikuti PTC pada suatu website. Jangan sampai Anda menghabiskan waktu sia-sia karena penghasilan yang telah diperoleh tidak dibayar oleh penyelenggara.

4. Online Shop

Pasar di internet tidak terbatas. Anda bisa memasarkan produk baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Online shop yang dalam bahasa Indonesia disebut toko online, adalah sistem menjual barang melalui internet.

Anda bisa menjual barang apapun juga. Yang harus Anda lakukan adalah membuat website untuk memajang barang-barang yang akan Anda jual. Setelah itu, lakukanlah promosi melalui website penyedia iklan baik yang gratis maupun berbayar.

Itulah beberapa peluang bisnis online yang bisa Anda coba. Jangan ragu-ragu untuk mencoba. Tanpa mencoba Anda tidak akan tahu hasilnya. Anda bisa memulai dengan bisnis tanpa modal. Dengan demikian risiko yang Anda tanggung tidak terlalu besar.

Anda mungkin hanya akan kehilangan sebagian waktu dan biaya untuk online saja. Tapi walaupun gagal, paling tidak Anda akan mendapatkan banyak pengalaman dan ilmu baru dalam dunia online.

Kuncinya Belajar

Jika kasus-kasus di atas memang Anda alami, maka saya ingin menyarankan kepada Anda untuk terus belajar. Tidak hanya sekadar belajar, tetapi Anda harus belajar dari sumbernya.

Bisa melalui sumber kursus online, seminar, webinar, buku, atau coba searching siapa tahu ada ahlinya yang bisa didatangi untuk belajar langsung.

Harapannya agar Anda tidak lagi ketiban kerugian dan kekecewaan dalam menjalani bisnis online. Juga agar Anda tak lagi menjadi korban penipuan dalam bisnis online.

Cara Membuka Toko Online

Masih bingung untuk membuka toko online? Sebaiknya simak beberapa langkah yang dapat diambil dalam merelealisasikan impian ini, antara lain:

1. Pilih produk yang akan dijual

Barang apa saja dapat dijual di internet, asalkan mempunyai nilai manfaat itu sudah cukup untuk dijadikan komoditi dagangan di toko online. Sebut saja pakaian, bantal, guling, kasur. Semua orang pasti membutuhkan barang tersebut, namun akan dapat menarik minat mereka apabila dagangan tersebut mempunyai keunikan atau kelebihan tersendiri.

Begitu pula dengan jasa dapat ditawarkan lewat internet dengan mudah. Jasa translate, jasa penulisan, menjahit, servis mobil dan lain sebagainya. Yang terpenting adalah Anda mempunyai keahlian atau dapat menyediakan jasa atau barang yang akan ditawarkan kepada para pengunjung toko online.

Carilah barang yang mudah didapatkan, misalnya yang diproduksi masal di daerah Anda. Bila berasal dari Pekalongan maka akan sangat pas bila menjual batik secara online. Dan tentu semua orang bisa menilai barang apakah yang cocok untuk dijual atau dipasarkan oleh dirinya sendiri.

2. Pesan toko online

Jangan cemas apabila masih asing dengan dunia internet dan komputer, karena Anda dapat menyewa jasa seorang programer untuk membuatkan website berbasis toko online. Dengan sedikit uang maka toko tersebut akan segera jadi dan dapat digunakan. Jangan membuang banyak waktu untuk belajar membuat sendiri website, karena ada jalan pintas yakni memakai jasa orang lain.

Pesanlah toko online dengan desain yang sesuai dengan barang atau jasa dagangan yang akan dipampang. Karena bila tidak cocok akan sangat mengganggu kenyamanan para pengunjung. Setelah website jadi, maka nilailah sendiri apakah sudah sesuai atau tidak. Bila belum memuaskan maka segera mintalah revisi kepada penyedia jasa pembuatan tersebut.

3. Upload gambar

Usahakan untuk mengupload gambar hasil jepretan sendiri, agar para pengunjung benar-benar yakin bahwa barang yang dijual adalah milik Anda sendiri bukan orang lain. Bila kesulitan untuk memotret maka mintalah bantuan dari para ahlinya agar diperoleh gambar dengan kualitas terbaik.

Hendaknya setiap barang yang dijual ada gambarnya langsung, agar pengunjung dapat menilai kualitas barang lewat kunjungannya. Hindari gambar dengan kualitas yang buram atau gelap, semua harus terang dan jelas agar tidak ada kesamaran.

4. Promosi

Toko online akan semakin ramai apabila disertai promosi gencar-gencaran oleh pemiliknya di berbagai forum dan media sosial. Namun jangan terlalu berlebihan berpromosi di forum atau facebook, karena nanti dapat dinilai mengganggu oleh pihak lain.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: