Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Menyediakan berbagai hewan langka dari berbagai tempat. Baik itu satwa yang ada di Indonesia maupun mancanegara. Tersedia juga fasilitas dan wahana yang bagus. Tidak heran bila tempat ini termasuk salah satu tempat wisata menarik yang jangan terlewatkan untuk di kunjungi.

Kebun Binatang Gembira Loka

Masa liburan memang waktu yang paling ditunggu oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang sudah memiliki anak. Karena, libur merupakan waktu dimana seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dan melakukan apa saja yang sudah direncanakan jauh-jauh hari. Pernahkah Anda memilih kebun binatang sebagai tujuan wisata berlibur Anda? Tentu akan sangat menarik bila Anda mengunjungi kebun binatang gembira loka karena tempatnya memang unik dan asyik.

Tentang Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo merupakan salah satu kebun binatang di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi. Memiliki berbagai spesies langka yang berasal dari berbagai belahan dunia. Memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan pernah Anda temukan di tempat lainnya. Terlebih lagi disini juga tersedia berbagai wahana dan fasilitas menarik untuk dewasa dan anak-anak.
Jumlah satwa: 470
Mulai dibuka: tahun 1956 M
Provinsi: Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam buka: Buka pukul 08.00 wib⋅- Tutup pukul 17.30 wib.
Alamat lengkap: Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta 55171.

√Lokasi

Pernahkah Anda mendengar nama Gembira Loka Zoo? Mungkin Anda lebih sering mendengar atau mengetahui tentang kebun binatang taman safari yang letaknya di kota Bogor. Lantas, dimanakah lokasi kebun binatang Gembira Loka?

Jika Anda ingin berlibur sambil berjalan-jalan ke sebuah kebun binatang, kota Jogjakarta mungkin bisa menjadi salah satu pilihannya. Kota yang terkenal dengan julukan Kota Gudeg ini, selain menawarkan wisata sejarah berupa candi Prambanan, ternyata juga menyediakan tempat alternatif untuk memuaskan para pelancong baik dari domestic maupun mancanegara.

Keramahan masyarakat Jogja yang dipadu dengan keasrian kotanya, membuat liburan keluarga akan semakin nyaman. Apalagi, objek wisata alam di Jogja lokasinya terletak di Selatan kota ini.

Kebun binatang Gembira Loka, memang namanya tidak terlalu membumi, layaknya taman safari. Namun, ternyata banyak hal yang bisa dilakukan jika Anda berkunjung ke sana. Siapa bilang mengunjungi kebun binatang, hanya akan disuguhkan dengan deretan kandang dan satwa saja, jika Anda beranggapan seperti itu, maka disarankan untuk mengunjungi Gembira Loka pada saat liburan tahun ini.

Alamat: Jln. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171.

√Sejarah

Agar membuat Anda lebih yakin untuk mengunjungi kebun binatang Gembira Loka, maka ada baiknya Anda menyimak dan membaca sejarah dari tempat ini. Gembira Loka merupakan ide yang dicetuskan oleh raja ke 8 Daerah Istimewa Jogjakarta yakni Sri Sultan Hamengku Buwono, tepatnya pada tahun 1933. Ide untuk membangun sebuah kebun raya yang sekaligus dijadikan sebagai kebun binatang, diharapkan mampu menjadi sebuah tempat hiburan bagi keluarga yang berkunjung ke Jogjakarta.

Namun, realisasi pembangunannya, baru terlaksana pada masa kepemimpinan raja ke 9 kala itu dengan bantuan seorang arsitek berkebangsaan Belanda bernama Ir. Karsten. Lokasi pembangunannya pun akhirnya ditentukan di sebelah barat sungai Winongo. Pembangunannya sempat terhenti, lantaran mendapatkan imbas dari Perang Dunia kedua. Dan baru dilanjutkan kembali, ketika Yayasan Gembira Loka Yogyakarta didirikan oleh Januismadi Dan Hadi, yang kala itu diketuai oleh Sri Paduka Paku Alam ke 8.

Satu nama lagi yang berjasa dalam pembangunan dan perkembangan kebun binatang Gembira Loka yakni Tirtowinoto. Orang yang ditunjuk oleh Sri Paduka Paku Alam untuk melanjutkan pembangunan tempat tersebut. Hingga, pada tahun 1978, tempat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, ini terbukti dengan jumlah pengunjung yang mencapai 1,5 juta jiwa.

Perjalanan panjang mengiri berdirinya kebun binatang yang pada jaman kerajaan lebih dikenal dengan sebutan Kebun Rojo. Nama yang diberikan, lantaran semua ide dan gagasannya berasal dari seorang raja dan direalisasikan oleh raja.

√Fasilitas

Pastikan rekreasi Anda dan keluarga menjadi seru dengan mengunjungi kebun binatang Gembira Loka. Ini lantaran, ada banyak tempat atau wahana yang disediakan di tempat itu. Bukan hanya keseruan karena bisa melihat beragam satwa, namun beberapa wahana tambahan ternyata menambah keasyikan dalam menikmati waktu berlibur.

Adapun wahana yang disediakan di Gembira Loka, diantaranya:

1. Wahana Terapi Ikan

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama terapi ikan. Beberapa tahun ini, di beberapa kota besar di Indonesia terapi ikan memang sedang membumi. Bahkan, terapi ikan juga masuk dan menjadi bagian dalam sebuah mal. Tidak jauh beda dengan yang ditawarkan di mall-mall besar, namun harga yang ditawarkan di Gembira Loka lebih murah dan bisa dipastikan lebih nyaman.
Ini lantaran, setelah lelah berkeliling di kebun binatang, Anda bisa merilekskan diri Anda dengan melakukan dan menikmati terapi ikan dengan suguhan alam terbuka yang indah.

2. Wahana Perahu Kayuh

Wahana yang satu ini, memang sudah menjadi salah satu wahana yang paling banyak diminati oleh para pengunjung. Wahana yang menyerupai bebek dan dikendarai dengan cara dikayuh. Wahana ini bisa dijumpai, ditengah-tengah kebun binatang Gembira Loka. Cukup merogoh kocek 15 ribu rupiah saja, wahana ini bisa dinikmati untuk 2 orang dewasa.

3. Wahana Banana Boat

Jika Anda menyukai wahana yang cukup memicu adrenalin, maka wajib untuk mencoba wahana Banana Boat. Wahana yang biasa Anda jumpai di pantai, kini hadir di Gembira Loka. Sensasi serunya kian terasa, lantaran wahana ini dimainkan di kolam buatan dengan menggunakan speed boat dengan kecepatan yang cukup tinggi. Cukup mengeluarkan uang sebanyak 20 ribu orang,

4. Wahana Jet Sky

Di kebun binatang Gembira Loka, wahana yang berhubungan dengan air memang terbilang cukup banyak pilihan. Sehingga, para pengunjung tinggal memilih saja. Salah satu wahana yang juga cukup menarik untuk dicoba yakni Jet Sky. Skuter air yang satu ini, cukup aman dimainkan oleh anak-anak sekalipun. Apalagi, setiap pengendara juga dilengkapi dengan pelampung. Jika Anda tertarik memainkan skuter air, setelah lelah berkeliling kebun binatang GembiraLoka, cukup sisihkan uang sebesar 20 ribu rupiah untuk satu Jet Sky.

5. Wahana ATV

Liburan akan semakin seru, ini lantaran di Gembira Loka Zoo terdapat wahana ATV. Jadi, jika Anda membawa anak-anak, wahana ini wajib menjadi pilihan, agar liburan semakin menyenangkan.

ATV adalah motor yang memiliki empat roda, dan bisa dikendarai dengan aman. Apalagi, sudah tersedia sirkuit tanah yang akan membuatnya semakin seru. Setiap anak yang tertarik main di wahana ini, hanya memerlukan uang sebanyak 20 ribu per motor.

6. Taring (Transportasi Keliling)

Jangan pernah takut mendengar istilah Taring di kebun binatang Gembira loka. Ini lantaran, Taring bukanlah sesuatu yang membahayakan. Bahkan, Taring akan membantu setiap pengunjung untuk mengunjungi semua tempat menarik yang hendak dikunjungi ketika berada di Gembira Loka.

Taring merupakan singkatan dari Transportasi Keliling. Transportasi ini disediakan bagi para pengunjung yang ingin memanjakan diri sambil melihat keindahan kebun binatang Gembira Loka, hanya dengan cara duduk di atas mobil. Transportasi ini menjadi pilihan yang tepat, apabila Anda berkunjung membawa orang tua dan anak-anak.

Selain itu, sejumlah fasilitas pendukung juga disiapkan ditempat ini, seperti toilet yang bersih, masjid untuk beribadah, hingga terdapat zona yang menyediakan fasilitas Wi fi gratis bagi pengunjung.

√Koleksi Hewan

Tidak akan rugi, jika liburan tahun ini Anda memilih Gembira Loka sebagai tujuan wisata. Ini lantaran, selain wahana yang tersedia lengkap, koleksi hewan yang disimpan dan dikembangbiakkan disalah satu tempat wisata di Jogja yang unik dan menarik ini terbilang lengkap.

Di Gembira Loka Zoo terdapat beberapa jenis mamalia, seperti Gajah Sumatera, ada juga kuda Nil, Harimau Sumatera, Simpanse, Beruang Madu, Singa hingga Unta. Jika yang suka dengan binatang Rusa tutul juga ada di tempat ini. Bukan hanya mamalia saja, sejumlah reptile juga bisa dijumpai disini, mulai dari Buaya muara, kura-kura berbagai jenis, biawak naga, ada juga Kaiman Kerdil Cuvier, sampai siamang.

Tunggu apa lagi? Pastikan keseruan liburan di Yogyakarta dengan mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka Jogja. Semoga Anda bersama orang-orang tercinta dapat menikmati keindahan dan keseruan ditempat ini.

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya