Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Kiat Sukses Usaha Travel Mobil

Kiat usaha travel mobil adalah peluang untuk menjalan wirausaha yang menjanjikan. Sebab beberapa tahun terakhir ini memang travel mobil semakin menjamur dan semakin diminati. Banyaknya tempat wisata di Indonesia memulai bisnis travel mobil yang semakin membanjiri kota-kota di Indonesia seperti Bandung dan Yogyakarta. Bagaimana caranya? Baca artikel ini sampai tuntas.

Kiat usaha travel mobil

Jenis-jenis Usaha Travel Mobil

Usaha atau bisnis travel mobil dulu pada awalnya banyak yang digunakan untuk kepentingan pariwisata. Namun kini, berkembang pula untuk kepentingan bisnis dan juga keperluan pribadi.

Jenis Bisnis Travel Mobil

Berdasarkan tujuan sebuah mobil disewa, maka jenis-jenis usaha atau bisnis travel mobil dibedakan menjadi beberapa jenis.

#Travel Mobil untuk Pariwisata

Usaha mobil travel untuk pariwisata ini biasanya banyak ditemukan di kota-kota tujuan wisata seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Meski tidak menutup kemungkinan pula di kota-kota lain banyak pula orang menyewa mobil untuk kepentingan pariwisata.

Biasanya pemilik usaha travel ini telah memiliki paket-paket wisata yang bisa dipilih wisatawan. Layanan yang mereka tawarkan termasuk antar-jemput dari dan ke hotel. Bagi wisatawan yang menginap di sebuah hotel, tidak perlu keluar dari halaman hotel, cukup menunggu hingga mobil travel datang menjemput.

Paket wisata itu bisa berupa paket jalan-jalan satu hari, dua hari, hingga seminggu. Bisa mengambil rute mengujungi obyek-obyek wisata di dalam kota, bisa pula hingga luar kota, dan luar pulau. Hampir semua layanan untuk kepentingan pariwisata bisa didapatkan dari para agen travel mobil.

Selain penawaran paket-paket wisata, pemilik usaha travel ini juga bisa menyewakan armadanya tanpa sopir. Dengan demikian, wisatawan memiliki lebih banyak keleluasaan untuk membawa mobil ke mana pun mereka suka.

#Travel Mobil Trayek Antarkota

Perjalanan antarkota bisa dilakukan dengan berbagai kendaraan, baik itu darat, laut maupun udara. Perjalanan darat sendiri bisa dilakukan dengan berbagai moda transportasi, mulai dari kereta api, bis, mobil pribadi, hingga mobil travel. Mobil travel yang digunakan untuk trayek antarkota biasanya beroperasi setiap hari. Sebuah agen perjalanan biasanya memiliki trayek dalam satu pulau saja, misalnya lintas Jawa. Sangat jarang travel mobil yang melayani trayek antarkota dan antarpulau, mengingat mobil travel tidak nyaman digunakan untuk jarak jauh.

#Rental Mobil untuk Keperluan Bisnis dan Pribadi

Bentuk bisnis travel mobil yang lainnya adalah rental atau persewaan mobil. Biasanya, mobil-mobil ini disewakan untuk keperluan bisnis atau keperluan pribadi. Keperluan bisnis misalnya untuk dinas kantor ke luar kota atau acara-acara kantor yang membutuhkan armada mobil yang banyak. Keperluan pribadi misalnya pergi ke sebuah undangan bersama seluruh keluarga atau berkunjung ke rumah sanak saudara.

Biasanya, rental mobil kealahan melayani pelanggan yang akan menyewa mobil yang akan digunakan untuk pulang kampung pada acara mudik tahunan. Menyewa mobil pada saat mudik ke kampung halaman, bukan saja bisa mengangkut seluruh anggota keluarga bersamaan, melainkan juga sebagai ajang pamer untuk tetangga-tetangga di kampung seolah-olah mereka yang merantau ke kota-kota besar telah sukses dan bisa membeli mobil.

Hal ini tidak lepas dari anggapan bahwa mobil dianggap sebagai simbol status seseorang. Rental mobil untuk keperluan bisnis dan pribadi ini bisa disewakan bersama sopirnya sekaligus maupun hanya mobilnya.

Kiat Sukses Bisnis Travel Mobil

Banyak orang menganggap bisnis travel mobil ini memiliki risiko yang tinggi, baik itu dari sisi keselamatan penumpang maupun kendaraan. Ada juga risiko kecelakaan yang bisa membahayakan nyawa penumpang, juga kerusakan mobil yang parah, dan juga risiko kehilangan apabila ada penumpang nakal yang membawa kabur mobil yang disewakan. Namun, keuntungan yang didapatkan dari usaha ini cukup menggiurkan. Jika tahu triknya, Anda bisa meminimalisir semua risiko tersebut. Simak beberapa kiat berikut ini.

#Memiliki Badan Usaha yang Jelas

Sebelum menjalankan bisnis travel mobil, yang pertama kali harus dilakukan adalah membentuk badan usaha, baik itu CV maupun PT, terserah Anda. Badan hukum ini akan memudahkan segala sesuatunya ketika usaha sudah berjalan.

#Tak Harus Memiliki Kendaraan Pribadi

Anda tidak perlu memiliki kendaraan pribadi untuk memulai usaha ini. Manfaatkan jaringan pertemanan dan keluarga dengan meminjam mobil dari mereka. Pinjam mobil dari teman atau sanak keluarga ini yang memiliki kondisi performa bagus, sehingga Anda tidak direpotkan apabila mobil mogok di jalan. Bicarakan prosentasi keuntungan dengan teman dan saudara. Bertindaklah jujur dan profesional, sehingga tidak mengecewakan orang-orang dekat Anda.

#Daftarkan Armada ke Asuransi

Daftarkan semua armada Anda ke asuransi sehingga tidak perlu khawatir lagi apabila ada suatu musibah yang mungkin menimpa kendaraan Anda. Asuransi ini sangat penting dalam sebuah usaha travel. Apabila di kemudian hari armada mengalami kecelakaan, Anda tidak perlu menguras uang perusahaan untuk memperbaikinya karena pihak asuransi yang akan menanggung semuanya.

#Buatlah Paket-paket Perjalanan

Paket-paket perjalanan akan memudahkan siapa pun untuk menjatuhkan pilihan menggunakan jasa travel Anda. Paket-paket ini pada dasarnya menjadi jawaban bagi orang-orang yang suka hal-hal bersifat praktis.

Apabila seseorang ingin menyewa mobil ke luar kota untuk urusan keluarga misalnya, mereka akan senang jika sesampainya di kota yang dituju, mereka tidak hanya mendapat kesempatan bertemu dengan sanak keluarga yang lain, melainkan juga kesempatan mengunjungi obyek-obyek wisata menarik di kawasan itu. Anda bisa mengombinasikan paket-paket ini untuk memudahkan pelanggan.

#Pekerjakan Driver Andal

Pekerjakan driver-driver andal yang mengerti betul rambu-rambu lalu lintas. Banyak pengemudi travel, khususnya dengan trayek antarkota, yang mengemudi secara ugal-ugalan. Tentunya ini sangat berbahaya karena risikonya adalah keselamatan penumpang di samping pula keselamatan kendaraan Anda itu sendiri. Oleh karena itu, pintar-pintarlah dalam memilih driver. Berikan sanksi tegas bagi mereka yang melanggar aturan.

#Berikan Layanan yang Ramah dan Memahami Konsumen

Setiap staf, mulai dari bagian reservasi yang bertugas menerima pesanan dari konsumen hingga driver yang bertugas mendampingi mereka selama perjalanan, harus memiliki sikap ramah terhadap konsumen dan juga memahami kebutuhan mereka.

Apabila seorang konsumen sudah berumur dan memiliki penyakit jantung, sebaiknya driver mengemudikan mobil dengan hati-hati sekali. Sebisa mungkin hindari kecepatan tinggi dan rem secara mendadak agar penumpang tetap merasa nyaman dan tenang selama perjalanan. Begitu pula jika ada penumpang yang sedang hamil atau seorang balita yang biasanya akan banyak rewel di perjalanan. Apa pun kondisi penumpang, pahami kebutuhan mereka dan berikan hanya yang terbaik.

#Maksimalkan Strategi Promosi

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mempromosikan usaha, mulai dari mulut ke mulut antarteman-teman dekat, atau mempromosikannya melalui media online, baik itu lewat facebook maupun twitter atau juga blog pribadi. Semakin giat memaksimalkan promosi ini, semakin banyak pula pelanggan yang akan mengenal Anda dan pada akhirnya menggunakan usaha Anda ketika mereka membutuhkan.

Itulah ulasan tentang usaha travel mobil. Semoga bermanfaat!

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya