Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Mall di Jakarta

Sebagai kota metropolitan, Jakarta tentunya menjadi pusat bisnis di Indonesia. Dalam hal ini, kehadiran mall adalah bagian dari perputaran bisnis tersebut. Saat ini, ada banyak mall di Jakarta. Nah, berikut ini daftar lengkapnya secara keseluruhan di provinsi yang merupakan ibukota negara kesatuan republik Indonesia ini.

Daftar Mall di Wilayah DKI Jakarta

Ada berapa banyak mall di Jakarta? Jumlah mall di Jakarta mungkin saja mencapai puluhan atau lebih. Nah, sebelum membahas lebih jauh seputar mall-mall di Kota Jakarta, sebaiknya kita cari tahu dulu apa definisi dari mall itu. Mall merupakan salah satu jenis pusat perbelanjaan berupa bangunan tertutup yang di dalamnya terdapat toko-toko kecil saling berhadapan.

Bentuk arsitektur bangunan mall ini umumnya melebar dan biasanya terdiri atas tiga lantai atau lebih. Sementara itu, di dalam mall, terdapat lebih dari satu atau banyak anchor tenant (penyewa besar).

Untuk kawasan Jakarta, pusat perbelanjaan yang berbentuk mall standar misalnya Blok M Mall dan Cinere Mall. Itulah dua contoh mall di Jakarta.
Bila dilihat dari lokasinya, sebenarnya mall sangat ideal dibangun di sekitar perumahan atau berdekatan dengan lokasi perumahan karena harga tanahnya lebih murah.

Oleh sebab itulah, bangunan mall di sekitar perumahan itu bentuknya melebar luas sebab tanah dekat perumahan umumnya berharga lebih murah. Berbeda dengan pembangunan mall di pusat kota yang memakan biaya lebih mahal sebab harga tanahnya saja sudah sangat mahal.

Mall Baru di Jakarta

Di akhir tahun 2012, beberapa mall baru segera hadir di Kota Jakarta dan diperkirakan Jakarta akan memiliki sekitar 75 mal sampai akhir tahun. Inilah yang membuat Jakarta sebagai kota satu-satunya di Indonesia yang mempunyai mal paling banyak.

Ya, Jakarta memang menempati posisi pertama sebagai kota yang mempunyai mall terbanyak di Indonesia. Sementara itu, Surabaya berada di posisi kedua sebagai kota yang memiliki mall terbanyak di Indonesia. Tapi, jika dibandingkan jumlah mall di Singapura dan Hong Kong, mall di Jakarta jauh lebih sedikit.

Berdasarkan data sampai akhir 2012, peremintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta tidak lagi memberi izin pendirian mall baru. Tapi, pagi para pengembang yang telah memiliki izin, maka proses pembangunan mal akan tetap dilakukan dan berlangsung pada 2012.

Mall Kelas Mewah Jakarta

Dari sekian banyak mall di Kota Jakarta, beberapa di antaranya termasuk dalam mall kelas mewah. Ingin tahu mall-mall kelas mewah di Jakarta? Berikut ini beberapa mall kelas mewah di Jakarta.

1. Plaza Senayan

Plaza Senayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang berada di wilayah Jakarta Pusat, tepanya di Jalan Asia Afrika, Senayan. Mall ini dapat dicapai hanya beberapa menit dari Jembatan Semanggi. Di sini, ada banyak toko kelas atas yang menjual baju, sepatu, dan lainnya. Selain itu, tersedia juga restoran cepat saji.

Di kalangan anak muda zaman sekarang, mall ini sangat dikenal sebab Plaza Senayan adalah tempat berkumpul dan hang out anak muda Jakarta. Plaza Senayan pun sangat dikenal oleh para ekspatriat karena memang fasilitas serta sarananya yang berkualitas.

Sama seperti mall lainnya, Plaza Senayan terdiri atas tiga lantai dan terdapat dua department store di sampingnya. Di sebelah kanan ada Metro Department Store, sedangkan di sebelah kiri mall ada Sogo Department Store. Kedua department store ini masing-masing terdiri atas empat dan lima lantai yang dilengkapi dengan sebuah basemen. Selain itu, di Plaza Senayan pun ada toko buku luar negeri yang terkenal di seluruh dunia, yaitu Kinokuniya.

Apa daya tarik lainnya dari mall ini? Hal yang menarik dari Plaza Senayan yaitu jam musikal raksasa yang mampu memainkan musik setiap jam. Jam yang dibuat oleh Seiko ini terdiri atas 6 patung pemusik dan setiap patung memainkan alat musik berbeda. Patung pemusik ini setiap jamnya akan memainkan alat musik dengan iringan musik yang cukup menyenangkan. Bisa dikatakan inilah jam terunik di Jakarta.

2. Plaza Indonesia

Bagi Anda yang hobi berbelanja, sempatkanlah berjalan-jalan ke mall-mall di Kota Jakarta, salah satunya adalah Plaza Indonesia. Mall yang diresmikan pertama kali pada 1 Januari 1962 ini terdiri atas empat lantai pertokoan kelas mewah dengan luas 38.050 meter persegi. Plaza Indonesia ini berada di sekitar Bundaran HI atau Bundaran Hotel Indonesia, tepatnya di kawasan bisnis Jakarta antara Jalan M.H. Thamrin dan Jalan Kebon Kacang Raya.

Plaza Indonesia merupakan salah satu mall di Kota Jakarta yang memiliki reputasi serta kelas belanja tertinggi. Mall ini pun menjadi salah satu tujuan lifestyle anak gaul Jakarta. Hingga kini, Plaza Indonesia masih tetap menjaga kualitasnya, yaitu dengan cara memegang merek terkenal di dunia seperti Giorgio Armani, Givenchy, Brioni, Emporio Armani, Tod’s, Valentino, Fendi, Balenciaga, Cartier, dan lain sebagainya.

Di mall ini juga terdapat sebuah hotel bintang lima berlian bernama Grand Hyatt Jakarta. Hotel ini terdiri atas 28 lantai dengan jumlah kamar sekitar 428 dan dilengkapi fasilitas-fasilitas lengkap, termasuk pelayanan yang tidak diragukan lagi kualitasnya.

Perkembangan mall ini terus berlanjut saat Entertainment X’nter dibuka di samping gedung yang ada. Pembangunan Entertainment X’nter ini fokus pada pangsa pasar anak muda. Kedua bangunan ini dihubungkan oleh sebuah jembatan yang dikelilingi oleh pertokoan. Saat ini, Plaza Indonesia pun sudah dilengkapi dengan apartemen The Keraton Grand Hyatt Residence dan gedung perkantoran The Plaza Office Tower.

3. Pondok Indah Mall

Pondok Indah Mall atau lebih dikenal dengan sebutan PIM merupakan salah satu pusat hiburan dan pusat perbelanjaan di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan, tepatnya berada di Jalan Metro Pondok Indah dan Jalan Haji Nawi. Karena sering terjadi kemacetan di sekitar mall ini, maka dibangunlah sebuah underpass yang menghubungkan antara Jalan Sultan Iskandar Muda dan Jalan Metro Pondok Indah.

Pondok Indah Mall merupakan salah satu mall pertama yang ada di Kota Jakarta. Pembangunan PIM pada 1991 menjadi sebuah tren pembangunan mall di kawasan lain di Jakarta. Sementara itu, segmen mall ini adalah kalangan menengah ke atas serta para ekspatriat yang berdomisili di wilayah Pondok Indah dan sekitarnya.

Pada 2005 lalu, Pondok Indah Mall 2 atau PIM 2 mulai dibuka dan dioperasikan. Awalnya, PIM 2 ini dihubungkan ke Pondok Indah Mal dengan sebuah jembatan bertingkat dua. Jembatan penghubung kedua berhasil diselesaikan pemangunannya pada Desember 2005.

Itulah mall-mall di Jakarta. Selamat berbelanja!

Review Mall di Jakarta

Not Found

Sorry, but you are looking for something that isn't here.