Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma atau Makanan yang Manis

Oleh INDRA

Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma atau Makanan yang Manis. Berbuka puasa dengan mengonsumsi buah kurma atau kolak yang rasanya manis kadang menjadi pertanyaan. Bagaimana mengonsumsi makanan manis saat berbuka puasa? apakah justru Baik untuk kesehatan atau berbahaya dengan kesehatan karena mungkin dapat meningkatkan kadar gula di dalam darah?

Berbuka puasa dengan kurma atau makanan yang manis.

Illustrasi: Berbuka puasa dengan kurma atau makanan yang manis.

Mengonsumsi makanan yang manis ketika berbuka puasa itu merupakan hal yang sangat baik. Karena disebabkan ketika berpuasa, asupan makanan menjadi sangat terbatas dan dapat menyebabkan hypoglikemia (kadar gula turun di dalam darah) sehingga memiliki efek tubuh jadi sangat lemas. kadang pula disertai dengan kepala terasa sangat pusing. mengonsumsi makanan manis itu baik bila hanya dikonsumsi secukupnya saja untuk mencegah hypoglikemia yang terlalu lama. Misalnya semangkuk kolak pisang atau semangkuk es buah (gula tambahan diberi secukupnya).

Nah, jika mengonsumsi makanan manis berlebihan, itu dapat membahayakan bagi tubuh. Sebab terjadi suatu lonjakan dari hormon insulin karena makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan kadar gula tinggi di dalam darah. Lonjakan hormon insulin dapat meningkatkan resiko terjadinya resistensi insulin / diabetes tipe 2. bagi Anda yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Jadi, sangat benar jika Anda memulai berbuka puasa dengan makanan manis seperti kurma, kolak, atau es buah. Tetapi jangan sampai berlebihan ya!

TERKAIT :  Ramadhan adalah Bulan yang Penuh Berkah

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.