Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Memanfaatkan Toko Online Sebagai Pendongkrak Omset Penjualan

Oleh INDRA

Anda berniat memiliki toko online?!

Jualan offline memang memiliki kenikmatan tersendiri bagi mereka yang cinta dunia dagang. Suka duka berjualan pun juga bisa dibilang cukup menantang. Kadang laku bahkan kadang tidak laku sama sekali.

Kesulitan terbesar dalam berjualan offline adalah mengenalkan produk pada konsumen. Bagi yang baru berdagang untuk pertama kalinya jelas merasa kesulitan. Namun bagi mereka yang sudah memiliki konsumen tetap, ini tidak akan terjadi.

Membuka toko online adalah salah satu langkah untuk mengenalkan produk ke dunia luar, mengingat hampir sebagian besar kita sudah melek internet.

Kebutuhan semakin meningkat, tuntutan juga meningkat dibarengi dengan semakin padatnya jalanan membuat orang malas keluar rumah sekadar mengecek barang yang ingin dibelinya. Mereka lebih memilih di rumah dengan gadget mereka.

Jika perlu membeli pun lewat transaksi online dan barang bisa diantarkan ke rumah. Itu yang kini ingin dibidik. Bagi yang mobile dan sibuk luar biasa, cara seperti ini menjadi salah satu andalan mereka. Modal ponsel pintar dan semua yang ingin dibeli bisa diantar.

Apalagi mereka yang sibuk, berbelanja dengan mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan jelas bukan kegiatan yang diutamakan. Tidak sempat dan lain sebagainya menjadi alasan.

Toko online juga mampu meningkatkan omset penjualan. Membuka toko online selain memudahkan konsumen juga menguntungkan produsen atau penyalur.

Banyak toko-toko offline yang membuat toko online mampu merauk keuntungan duakali lipat dari sebelumnya. Konsumen pun semakin tahu dan mengenali toko offline yang bisa jadi berada di tempat tidak strategis, tetapi tetap memiliki kualitas yang tidak kalah bagus dengan toko offline di pinggir-pinggir jalan. Itulah, sisi lain membuka toko online mampu meningkatkan hasil omset penjualan.

Bahkan tidak hanya mereka yang berdagang yang menerapkan bisnis online, mereka yang memiliki jasa non barang juga membuka toko online, dan hasilnya juga luar biasa. Sisi keuntungan lain adalah, bagi mereka yang tidak memiliki tempat atau lapak, mereka tetap bisa mendirikan toko online.

TERKAIT :  Ikuti Cara Belanja Online yang Aman dan Dapatkan Barang Bagusnya

Lapak atau tempatnya cukup di rumah, di kamar atau di mana saja. karena modal untuk membuka toko online hanya ada barang dan perangkat komputer untuk memasarkan dan mengenalkan kepada konsumen. Jadi yang ingin mencoba memiliki kemampuan, ketrampilan dan hasil karya, boleh dicoba membuka toko online terlebih dahulu. Tidak harus memiliki kantor, lahan, toko secara langsung.

Toko Online Laris Manis

Perkembangan teknologi mampu mengubah segalanya. Terlepas dari kontroversi perkembangan teknologi. Teknologi tetap memberikan dua sisi, sisi positif dan sisi negatif. Salah satu sisi positifnya adalah sebagai media untuk jual beli lewat internet.

Di Indonesia peminat gadget dari tahun ke tahun tetap ramai bak jamur di musim hujan. Menariknya, setiap muncul ponsel keluaran terbaru masyarakat Indonesia langsung memburunya, sekalipun ponsel yang lalu masih bagus dan cukup canggih, mereka rela membeli model terbaru.

Fakta yang unik dari sisi lain teknologi adalah, hampir setiap satu orang setidaknya memiliki dua ponsel dan minimal memiliki 2 nomer, terkadang justru memiliki 4 nomer karena setiap satu ponselnya berisi dua SIM. Fenomena ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini sudah tidak lagi gaptek, malainkan sudah melek teknologi.

Menariknya teknologi juga mulai dikenal oleh anak-anak dan orang tua. Peluang membuka toko online pun mulai semakin menggeliat jika melihat fenomena seperti ini.

Cara pemerolehan yang praktis dan memuaskan tentu akan menjadi alasan kelak toko online bisa jadi mengalahkan toko offline. Karena sifat dasar seseorang adalah mencari kemudahan, kepraktisan tetapi memiliki nilai kepuasan sebesar-besarnya.

Apalagi jika semakin hari kepadatan jalanan dan hiruk-pikuk jalanan dan toko-toko semakin berjubal, maka toko online menjadi monster bagi toko offline yang gaptek teknologi dan internet.

TERKAIT :  Jenis-jenis Peluang Bisnis Online yang Bisa di Jalan dari Rumah

Menjamurnya Tawaran Bisnis Online

Berkembangnya teknologi membuat semakin banyak pula yang menawarkan produk bisnis online. Misalnya jual baju online, ponsel dan lain sebagainya. Apabila bersedia bergabung memasarkan, dan produk yang dijualnya mendapat sambutan baik, si penjual boleh mengambil keuntungan sesuai yang diinginkan.

Jadi harta awal dari pusat menawarkan perbiji 30ribu, maka penjual boleh menjual sesuka hati, bergantung keuntungan yang ingin didapatkan berapa ribu setiap satu bijinya. Banyak model-model seperti ini seperti itu.

Alih-alih ingin untung justru merugi. Ada sebagian produk yang memang hanya mengejar materi dan keuntungan tanpa memperhatikan kualitas barang itu sendiri.

Menghindari hal itu, jika ingin menerima tawaran bisnis online dengan cara membantu penjualan, disarankan untuk memperhatikan kualitas barang. Jangan sampai terlanjur barang dikirim. Karena sebagai penyalur atau pihak ketiga yang tidak tahu barang yang bermasalah, Anda bisa mendapat komplen dari pelanggan gegara barang yang diterima tidak memuaskan.

Sebelum memutuskan bekerjasama, pastikan dan lihat terlebih dahulu sejarah perusahaan itu. Apakah dapat dipercaya atau tidak. Jika perlu boleh mencari tahu sana sini untuk memastikan bahwa si penawar dapat dipercaya.

Disarankan untuk lebih mengembangkan potensi diri dan tidak bergantung pada oranglain. Misalnya, memiliki hobi menjahit, membuat tas, suka desain atau suka menggambar, dengan hobi itu Anda bisa menciptakan barang sendiri. Yang unik dan tidak ada di tempat lain. Sehingga Anda bisa mulai membuka toko online sendiri.

Cara seperti ini jelas lebih aman dan lebih menguntungkan. Bisa jadi jika sukses, Anda jadi calon milyader atau calon bos yang mungkin bisa mempekerjakan tetangga yang menganggur. Lumayan membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan.

TERKAIT :  6 Produk yang Bisa Meledak di Pasarkan Secara Online!

Jika tidak cukup memiliki kemampuan membuat toko online, sekarang juga ada web yang memudahkan kita untuk menawarkan barang/jasa baik baru maupun bekas dengan cara gratis dan jelas lebih mudah. Nah web-web dan toko online terbuka seperti ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

Untung Rugi Toko Online untuk Konsumen

Dari kehadiran toko onlin ini, sebagian konsumen tidak dapat dipungkiri pasti akan merasakan sisi positif dan negatif dari membeli barang atau memanfaatkan jasa yang ditawarkan. Keuntungannya adalah lebih mengefisienkan waktu dan lebih praktis.

Kerugian dari membeli barang/jasa toko online juga banyak. Misalnya memberi elektronik jenis A, sudah mengirimkan uang via transfer separuh harga, akan dilunasi setelah barang sampai rumah. Ternyata, barang tidak juga datang, dan ternyata yang Anda alami adalah modus penipuan lewat penjualan online.

Kasus yang sering terjadi lainnya, beli C dikirim ke rumah tujuan. Sesampai tujuan barang rusak parah dan pihak toko online yang awalnya berjanji mengganti yang lebih bagus, ternyata tidak diganti dan tidak digubrisnya. Hal-hal kecil seperti inilah sisi lain dari toko online.

Oleh karena itu hal terpenting dalam memilih toko online adalah melihat riwayat, sejarah, pengalaman orang yang pernah menggunakan toko online tersebut dan selektif. Jika toko online itu meragukan, disarankan mengabaikannya. Pilih toko yang sudah jelas kredibiltas kepercayaannya. Apalagi saat ini ada beberapa situs yang sudah sangat terkenal dan terpercaya. Bahkan hampir semua orang tahu. sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: , | Tampil: 87 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya