Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Mengambil Foto di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Oleh INDRA

Mengambil Foto di Pantai Parangtritis Yogyakarta memang sangat berkesan bagi setiap orang. Sebab pantai ini memang memiliki keindahan yang luar biasa, sehingga sangat rugi bila tidak diabadikan.

Foto di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Foto di pantai mana yang paling berkesan buat Anda? Tentunya Anda semua sudah pernah ke pantai, ‘kan? Berfoto ria di pantai memang selalu menjadi momen yang tak terlupakan. Apalagi kalau ke pantainya bareng sama sahabat-sahabat kita. Pasti akan sangat seru.

Sesi pemotretan dengan berbagai pose jadi ritual wajib kalau sedang berlibur di pantai. Bagaimana dengan Anda? Saya kira semua orang suka mengambil foto ketika berada di pantai. Apalagi buat teman-teman yang eksis di Facebook atau Twiter. Pastinya Anda ingin berbagi foto di pantai dengan sahabat-sahabat di dunia maya.

Buat yang suka menulis di blogpastinya juga tidak akan melewatkan sesi mengabadikan moment tersebut. Tujuannya biar bisa cerita di blog lengkap dengan foto-foto narsis. ‘Kan banyak juga yang jadi terkenal gara-gara nuliskisah liburannya di blog. Siapa tau kita juga bisa jadi terkenal seperti mereka.

Kalau ngomongin foto di pantai mana yang paling berkesan jawabannya sebenarnya banyak. Ada beberapa pantai yang cukup menarik untuk di kunjungi seperti Sanur, Kuta, Pasir Putih, dan Watu Ulo. Tapi kalau yang benar-benar paling berkesan adalah waktu liburan ke pantai Parangtritis.

Anda tahu ‘kan di mana letaknya? Pantai ini merupakan pantai pesisir Samudra Hindia yang terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta dan berjarak ± 25 km. Pantai ini cukup terkenal karena ombaknya yang besar dan gunung-gunung pasir tinggi di sekitar pantai.

Selain menyimpan sejuta keindahan, pantai ini juga menyimpan berbagai misteri. Banyak yang bilang pantai ini angker. Mungkin karena itu juga aku merasa kalau foto pemandangan di pantai Parangtritis yang paling berkesan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui jika ingin berfoto ria di pantai parangtritis.

Waktu dan Spot untuk Pengambilan Foto di Pantai Parangtritis

Foto di Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis merupakan salah satu tempat untuk melakukan upacara Labuhan dari Kraton Yogyakarta. Upacara ini merupakan perwujudan rasa syukur para warga Jogjakarta yang merasa mendapat banyak berkah dari ”laut kidul”.

Mereka melakukan larungan dengan berbagai macam persembahan yang ditujukan untuk penguasa laut selatan yaitu Nyi Roro Kidul. Mereka percaya bahwa Nyi Roro kidul telah memberi keselamatan bagi warga jogja yang mencari rejeki di laut selatan.

Hampir setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon, para nelayan setempat dan pengunjung melakukan upacara ritual di pantai ini yang diwarnai dengan pelarungan sesajen dan kembang warna-warni ke laut. Puncak ritual terjadi pada malam 1 Suro, dan dua sampai tiga hari setelah hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Terlepas dari kepercayaan masyarakat tersebut, menyaksikan pelaksanaan upacara Labuhan dapat memberikan hiburan tersendiri bagi para wisatawan. Pada saat seperti itu banyak sekali wisatawan yang mengambil foto di pantai ini. Tidak hanya wisatawan lokal tetapi juga wisatawan mancanegara. Mereka sangat menyukai momen-momen seperti itu. Saat upacara berlangsung pantai ini pasti ramai dikunjungi wisatawan.

Selain saat upacara labuhan, mengamil foto di pantai saat matahari terbenam (sunset) juga menjadi incaran para wisatawan. Pantai ini merupakan sebuah kawasan wisata yang sangat menarik untuk menikmati matahari tenggelam (sunset).

Jika di pegunungan Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) yang indah, di pantai ini anda bisa menikmati sunset dg suasana khas pantai. Saat paling bagus untuk mengambil gambar atau foto yaitu saat sebelum sunset, saat sunset dan bahkan setelah sunset biasanya jauh lebih bagus warna langitnya.

Mengabadikan keduanya tentunya akan menambah koleksi foto Anda. Suasana romantis senja Parangtritis juga seringkali dimanfaatkan pasangan calon mempelai sebagai background foto prewedding. Anda ingin mencobanya?

Pantai ini juga menjadi istimewa karena memiliki “sand dune” atau gumuk pasir seperti yang ada di gurun Afrika. Kalau Anda pernah pergi ke Pantai Parangtritis pastinya sudah pernah mengunjunginya. Gumuk pasir atau “sand dune” adalah bentuk lahan yang terbentuk dari akitivitas angin. Angin yang membawa pasir yang kemudian mengendapkannya dan membentuk berbagai macam bentuk gumuk pasir yang sangat indah.

Pemandangan ini tentunya jarang ada di negeri ini. Banyak sekali wisatawan maupun warga sekitar yang memanfaatkan spot ini untuk mengambil foto prewedding maupun untuk sekedar dijadikan koleksi foto. Suasananya yang terasa seperti di gurun Afrika menambah hasrat untuk mengabadikan momen di tempat ini.

Sempurnakan Moment Berlibur dengan Foto di Pantai

Kalau Anda punya banyak waktu, duduk di warung-warung yang tersedia di sisi utara Pantai Parangtritis sambil menikmati kelapa muda dan makanan yang dijual dipinggir pantai bisa menjadi pilihan yang menarik selain foto di pantai. Dari warung-warung kecil ini Anda bisa melihat pemandangan pantai yang menakjubkan sambil menikmati jajanan seperti wedang rondhe, jagung bakar, dan makanan khas Jogja lainnya.

Anda dapat merasakan angin pantai yang kencang berhembus sambil menyaksikan pemandangan sepanjang garis Pantai Parangtritis. Ya, suasana pantai memang selalu memberikan kesan tersendiri bagi setiap pengunjungnya. Bagi Anda yang ingin berhemat, membawa bekal makanan dari rumah bisa menjadi pilihan yang cukup bijak. Apalagi jika Anda ke sana bersama keluarga besar.

Selain mengambil foto, para wisatawan yang datang ke pantai juga bisa menikmati pengalaman mengendarai ATV (All Terrain Vehicle) di gumuk-gumuk pasir. Anda cukup mengeluarkan uang sekitar lima puluh ribu sampai seratus ribu rupiah untuk menyewa mobil ATV.

Tentunya biaya yang Anda keluarkan akan sebanding dengan kepuasan yang akan anda dapatkan. Anda tidak perlu khawatir jika ingin mencoba naik ATV, karena Anda akan dipandu oleh para ahli. Jadi, datanglah dan rasakan sensasinya.

Penyediaan ATV ini sendiri sebenarnya juga ditujukan untuk mengenalkan lokasi gumuk pasir yang belum terlalu banyak diketahui pengunjung. Buat Anda yang hobi fotografi, mengambil foto di pantai dengan background orang-orang yang sedang naik ATV bisa menjadi aktifitas yang patut untuk dicoba.

Di pantai ini juga tersedia bendi atau kereta kuda dengan biaya sewa yang cukup terjangkau yaitu sekitar dua puluh ribu rupiah. Cukup terjangkau, bukan? Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin berkelililing pantai dengan santai.

Kereta kuda ini akan membawa para wisatawan menyusuri pantai yang disapu oleh ombak menuju ujung timur pantai Parangtritis. Di sana juga terdapat terumbu karang yang biasa dijadikan spot untuk mengambil foto di pantai Parangritis.

Trus, ngapain lagi ya? Bagi Anda yang suka bermain layang-layang, pantai ini bisa menjadi tempat yang sangat mengasyikkan untuk menyalurkan hobi tersebut. Angin yang cukup bersahabat akan membuat layang-layangmu terbang tinggi. Aktifitas ini akan lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan keluarga atau teman.

Di hari libur banyak sekali wisatawan yang datang untuk menerbangkan layang-layangnya di pantai ini. Tidak jarang, lokasi ini juga dipakai untuk mengadakan festival layang-layang. Tentunya akan sangat menarik untuk mengabadikan foto di pantai saat festival layang-layang berlangsung.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi pantai Parangtritis? Oh ya, kalau Anda tidak terlalu suka keramaian dan ingin menikmati suasana tenang di pantai, sebaiknya jangan datang ke sana di hari libur. Pantai ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama di hari libur.

Selain itu, jika mengunjungi Parangtritis, Anda harus berhati-hati ketika berenang karena ombaknya yang cukup besar. Sedikit saja keluar dari zona aman, Anda bisa terseret ombak yang bisa membahayakan keselamatan Anda. Sudah banyak wisatawan yang menjadi korban akibat kelalaian dan kurang mematuhi peraturan.

Jadi, nikmati saja pemandangan pantainya yang indah dan silahkan mengambil foto di pantai Parangtritis sepuasnya tapi selalu ingat untuk mengutamakan keselamatan.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.