Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Menyusuri Wisata Ayutthaya, Kota tua saksi sejarah Thailand

Oleh INDRA

Menyusuri Wisata Ayutthaya, Kota tua saksi sejarah Thailand. Berbicara mengenai Thailand, hal yang pertama kali kita pikirkan adalah Ibu kotanya yaitu Bangkok, julukannya adalah Gajah Putih dan sekilas tentang keindahan alamnya yaitu Phuket.

Hmm apa kalian terpikirkan tentang wisata sejarahnya?? Kali kita akan bahas Thailand bukan dari keindahan alamnya, bukan dari wisata belanjanya melainkan dari wisata sejarahnya. Namanya Ayutthaya! Pernah kah kalian mendengar tentang kota ini? Ya memang wisata Ayutthaya agak kurang terkenal di telinga masyrakat Indonesia.

Menyusuri Wisata Ayutthaya

Mungkin karena wisata sejarahnya yang dianggap kurang menarik wisatawan dari Indonesia. Tetapi apa salahnya jika kita mengunjungi dan mengenal sejarah dari negara Gajah putih ini.

Yuk langsung aja kita simak wisata Ayutthaya yang menyimpan sejarah!

Sejarah Kerajaan Ayutthaya

Pada tahun 1767, Kerajaan Ayutthaya dihancurkan oleh pasukan Burma dan meninggalkan bangunan-bangunan kuno saksi sejarah dari kemegahan kerajaan Ayutthaya sampai sekarang.

Dilansir dari Wikipedia,

Ayutthaya mempunyai nama lengkap Phra Nakhon Si Ayutthaya, sebuah ibu kota dari Provinsi Ayutthaya.

Kota ini berpenduduk sekitar 65.000 jiwa. Didirikan oleh raja U-Thong pada tahun 1350 sebagai ibu kota kerajaan Ayutthaya di Siam.

Pada tahun 1767, Kerajaan Ayutthaya dihancurkan oleh pasukan Burma dan meninggalkan bangunan-bangunan kuno saksi sejarah dari kemegahan kerajaan Ayutthaya sampai sekarang.

TERKAIT :  10 Wisata Air Terjun Malang, Bikin Gak Mau Pulang!

#Akses ke Ayutthaya

Jika kalian ingin berkunjung ke Ayutthaya,

Kalian bisa menaiki kereta api dari stasiun Don Mueang yang tepat berada di depan bandara Don Mueang. Frekuensi kereta disini cukup sering, jadi kalian tidak perlu takut untuk ketinggalan kereta.

Biaya ongkosnya juga cukup murah, hanya 11 Baht sekitar 5 ribu rupiah.

Walaupun hanya kereta ekonomi, tetapi suasana di kereta cukup nyaman dan bersih lho. Perjalanan dari stasiun Don Mueang sampai stasiun Ayutthaya memakan waktu sekitar 1 jam.

Sesampainya disana,

Kalian jangan khawatir untuk tidak bisa berkeliling kota Ayyuthaya. Disana itu banyaaaaaak sekali Tuktuk yang sopirnya merangkap sebagai guide selama di Ayutthaya.

Biaya Tuktuk disana juga bervariasi tergantung kalian bisa menawar atau tidaknya, biasanya biayanya sih sekitar 400-800 Baht tergantung lamanya kalian ingin mengelilingi Wisata Ayyuthaya.

Rata-rata sih para turis disini membutuhkan waktu 3-5 jam lamanya untuk mengelilingi seluruh kota Ayutthaya.

Kesan pertama ketika menginjakkan kaki di Ayyuthaya, kalian akan disuguhkan bangunan-bangunan kuno yang penuh dengan sejarah.

#Objek Wisata di Ayutthaya

Beberapa tempat menarik yang bisa kalian kunjungi diantaranya,

1. Wat Mahatat

Wat Mahatat adalah sebuah kompleks candi Buddha yang terletak di tepi sungai Nan di dekat Jembatan Naresuan. Objek wisata disini cukup menarik, karena bukan hanya candinya yang bisa dilihat tetapi ada spot favorit wisatawan jika berkunjung kesini.

TERKAIT :  Garden By The Bay Singapore, Objek Wisata Utama di Negeri Singa

Ada patung kepala Buddha yang terlilit oleh akar pohon yang cukup unik. Walaupun akar pohon ini sudah berumur ratusan tahun, uniknya kepala Buddha ini tidak hancur termakan oleh kuatnya akar pohon beringin yang tinggi menjulang.

Walaupun kalian bisa berfoto-foto di sekitar sini, tetapi kalian harus menjaga jarak dengan objek ini dikarenakan objek ini dianggap sakral dan di hormati oleh warga lokal Ayutthaya.

2. Wat Na Pramen

Selanjutnya kalian bisa mengunjungi Wat Na Pramen yang terletak di utara dari Wat Mahatat.

Disini terdapat Patung Crowned Buddha yang sangat di hormati oleh penduduk local. Wat Na Pramen sendiri sudah masuk sebagai situs sejarah nasional pemerintah Thailand pada tanggal 25 Februari 1935.

3. Wat Lokaya Sutaram

Ada satu lagi tempat wisata Ayutthaya yg menarik untuk dikunjungi adalah Wat Lokaya Sutaram.

Kalo kalian tau Patung Buddha yang ada di Bangkok, Nah disini juga ada lho. Namun bedanya disini patungnya sudah agak cukup tua dan perlu pembaruan dalam perawatannya. Tenang saja kalian tidak dipungut biaya ko untuk masuk ke area ini.

Sedikit saran untuk kalian yang ingin menunjungi Ayutthaya.

Berpakaianlah tertutup dan sopan untuk menghormati warga Buddha yang ada di Thailand. Karena sebagian besar dari objek wisata Ayutthaya juga dipakai untuk beribadah oleh umat Buddha. Bukan hanya di Ayutthaya, tetapi berlaku di seluruh kuil dan candi yang ada di Thailand ya guys.

TERKAIT :  Tips Penting Travelling ke Luar Negeri

Itulah sedikit informasi tentang wisata sejarah di kota Ayutthaya Thailand. Sekali-sekali kita rencanakan liburan bersama keluarga untuk mengunjungi wisata-wisata sejarah yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal itu bisa membuat pengetahuan kita bertambah dan pastinya bagi kalian yang sudah mempunyai anak, kalian juga bisa sambil memberikan pengetahuan yang lebih kepada anak.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.