Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Milford Sound, Surganya Wisata Selandia Baru

Oleh INDRA

Milford Sound, Surganya Wisata Selandia Baru. Kali ini kita akan bahas tempat wisata yang anti-mainstream yuk. Milford Sound? Pernah mendengar tentang nama ini belum? Ia objek wisata ini adalah salah satu tempat wisata Selandia Baru yang menjadi primadona untuk turis-turis yang datang.

Milford Sound, Surganya Wisata Selandia Baru

Bagi kalian yang belum tahu tentang Milford Sound, Milford Sound itu adalah sebuah Fiord (Teluk yang terbentuk oleh Gletser) jadi kalian seakan-akan berada di tengah danau dengan memandang bukit-bukit yang menjulang, bukit-bukitnya ini terbentuk karena endapan salju yang membeku dan mengeras.

Nah udah kebayang kan bagaimana indahnya teluk yang terbentuk oleh Gletser. Di negara kita Indonesia jelas tidak ada yang namanya Fiord, karena apa? Karena di Indonesia beriklim tropis sehingga tidak ada endapan salju yang membeku dan mengeras sampai puluhan ribu tahun lamanya.

Milford Sound Destinasi Menarik di Selandia Baru

Milford Sound ini salah satu destinasi wisata Selandia Baru yang wajib kalian kunjungi. Walaupun Milford Sound agak sedikit jauh yang berada di pulau selatan Selandia Baru, tetapi semua akan terbayarkan lewat keindahan alamnya.

Perjalanan menuju Milford Sound bisa kalian mulai dari Queenstown menuju Te Anau. Kurang lebih jarak antara Te Anau menuju Milford Sound sekitar 120 km. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa campervan.

Oh iya, Milford Sound ini terletak di Fiordland National Park. National Park terbesar yang ada di Selandia Baru.

Kalau dilihat dari peta, jarak antara Queenstown lewat Te Anau ke Milford Sound lebih jauh ketimbang jarak dari Queenstown ke Milford Sound. Tetapi jalan untuk menuju Milford Sound dari Queenstown tidak tembus karena tertutup oleh pegunungan batu.

TERKAIT :  6 Objek Wisata Bersejarah yang ada di Surabaya Jawa Timur

Entah kenapa pemerintah Selandia Baru tidak membuat jalan alternative dari Queenstown menuju Milford Sound. Padahal Milford Sound adalah salah satu wisata Selandia Baru yang paling menarik.

Satu-satunya jalan jika kalian tetap ingin menuju Milford Sound dari Queenstown, kalian harus berjalan kaki sambil hiking dengan jarak 32 km.

Jarak itu bisa kalian capai selama kurang lebih 2-4 hari perjalanan. Jangan khawatir ya, walaupun memang jauh tetapi di perjalanan kalian akan menemukan keindahan alam yang cukup unik.

1. Mirror Lake Wisata Perairan yang Menarik

1. Mirror Lake Wisata Perairan yang Menarik

Salah satunya kalian akan menemukan danau yang sangat indah yaitu Mirror Lake. Sesuai dengan namanya, danau ini memang bisa dipakai untuk kalian bercermin. Hal itu dikarenakan danau ini mempunyai air yang cukup jernih dan tenang.

Sebelum memasuki Homer Tunnel, kalian biasanya akan disajikan dengan pemandangan pegunungan yang diselimuti oleh salju dan sungai kecil yang bening.

2. Burung Kea (Burung khas Selandia Baru)

Ternyata bukan hanya itu, kalian akan disambut dengan burung khas Selandia Baru, namanya Kea. Kea ini sangat menyukai berbagai macam benda, mulai dari sepeda, sepatu dan karet. Kalian harus berhati-hati dengan burung ini ya jika ingin tidak di gigit olehnya.

Kea adalah jenis burung yang sering membuat ulah, pada tahun 2013 seorang turis asal Skotlandia harus kehilangan uang sebesar 1.100 AUD karena tasnya dicuri oleh burung Kea.

Nah masuk ke Hommer Tunnel, kalian tidak bisa sembarang masuk. Karena Homer Tunel ini hanya memiliki 1 jalur sehingga jika kalian ingin lewat situ, kalian harus menunggu beberapa menit untuk bergantian dari arah sebaliknya.

Jika kalian beruntung, kalian akan mendapatkan pengalaman melihat lelehan salju dari atas gunung-gunung yang menjulang tinggi.

3. Dermaga Milford Sound

3. Dermaga Milford Sound

Sesampainya di dermaga Milford Sound, kalian bisa parkir di tempat parkir yang disediakan. Tenang saja parkir disini gratis kok alias tidak dipungut biaya sama sekali.

TERKAIT :  5 Gunung di Jepang yang Paling Terkenal

Dari parkiran mobil tersebut, kalian harus berjalan kaki selama 15 menit menuju dermaga dimana kapal yang kalian akan tumpangi bersandar.

Jangan lupa ya, sebelum kalian pergi ke Milford Sound, kalian harus sudah membeli tiket untuk turnya pada saat berada di Queenstown. Hal ini memudahkan kalian supaya tidak repot membeli tiket dan tau tujuan akan menaiki Cruise yang mana.

Terdapat 2 pilihan cruise disana, Nature Cruise dan Scenic Cruise. Scenic Cruise harganya lebih murah ketimbang Nature Cruise, tetapi rute yang dilalui sedikit agak lebih pendek. Scenic Cruise hanya memutar di area Milford Sound saja lalu kembali ke dermaga. Beda halnya dengan Nature Cruise yang berlayar sampai ke laut lepas Tasman.

Jika kalian mempunyai budget yang lumayan besar, kalian disarankan untuk mengambil Nature Cruise. Nah selama perjalanan kalian juga akan diceritakan tentang flora dan fauna yang ada Milford Sound oleh pemandu.

Jika kalian beruntung, kalian akan dapat menemukan lumba-lumba yang sedang menari mengikuti cruise kalian. Tapi hal ini akan jarang sekali ditemukan di setiap perjalanannya.

Selain lumba-lumba, kalian juga akan melihat kumpulan anjing laut di habitat aslinya. Biasanya anjing laut akan berkumpul dan bersantai diatas karang. Ini adalah salah satu pengalaman menarik yang bakal kalian temui saat liburan ke Selandia Baru.

4. Penguin

4. Penguin

Bukan hanya itu, Ada 1 hewan lagi yang akan menemani perjalanan kalian selama di Milford Sound? Pada tau?

Penguin !

Yap, disana kadang kalian juga bisa bertemu dengan penguin-penguin yang lucu. Tapi biasanya penguin tersebut akan datang pada saat musim dingin. Ketika musim panas penguin tersebut akan bermigrasi ke arah selatan.

Nah,

Selain Fauna yang terdapat di Milford Sound, kalian akan menemukan jenis tumbuhan disana. Jenis flora yang tumbuh di daerah ini adalah jenis paku-pakuan atau nama latinnya Pteridophyta. Jika di Indonesia mungkin sepertinya sejenis dengan tumbuh-tumbuhan pakis.

TERKAIT :  Jalan-jalan ke Thailand Rasa Eropa? Ini Dia Tempatnya!

Keindahan Milford Sound tidak sampai disitu. Satu lagi yang paling indah. Disana terdapat air terjun yang mengalir dari atas pegunungan yang langsung terjun ke lautan. Ada 3 air terjun yang paling terkenal disana yaitu Fairy, Stirling dan Lady Bowen.

Ketika mendekati air terjun Stirling, biasanya kapal pesiar yang kita naiki akan mendekat ke karang sehingga kita dapat merasakan bulir-bulir air terjun yang jatuh ke bawah.

#Tips Tambahan!!!

Sedikit tips jika kalian ingin bepergian ke Milford Sound, jangan lupa membawa bekal makanan atau mengisi perut sebelum perjalanan. Dikarenakan arus air yang cukup tidak beraturan membuat kapal juga kadang bergoyang dengan cukup kencang walaupun kapal yang kita naiki adalah kapal mewah sekelas Nature Cruise.

Nature Cruise

Di akhir perjalanan, Biasanya kalian akan ditawarkan paket berisi foto kalian. Harga yang ditawarkan memang cukup mahal, sekitar 30 NZD. Paketnya berisi foto kalian yang diambil sebelum kapal berangkat, gantungan yang berisi foto kalian saat di Nature Cruise, dua kartu pos dari foto kalian dan cd yang berisi foto pemandangan saat di Milford Sound.

Ya, lumayanlah buat dijadikan kenang-kenangan untuk dipajang di rumah.

Wah tidak terasa ya kalian membaca artikel ini seperti sudah pergi ke Milford Sound. Sebaiknya jika pergi kesana, kalian harus mempersiapkan budget yang lumayan besar karena ke wisata Selandia Baru tidaklah murah.

Sebenarnya masih banyak wisata Selandia Baru yang lain, tapi Milford Sound adalah salah satu yang terbaik diantara wisata Selandia Baru lainnya. Selamat berlibu!!!

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.