Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Model Kerudung Masa Kini yang Trendy dan Syar’i

Oleh INDRA

Model Kerudung Masa Kini yang Trendy dan Syar’i. Tidak hanya untuk menunjang penampilan, model kerudung ini bahkan menjadi lading usaha bagi mereka yang kreatif yang mengkreasikan berbagai macam mode fashion muslim yang saat ini tengah trend.

Sudah bukan rahasia kiranya saat ini banyak orang-orang yang memutuskan untuk berjilbab. Trend fashion muslim pun semakin meningkat dengan banyaknya orang memilih untuk berjilbab. Entah ini menjadi sebuah hal yang menggembirakan atau tidak. Yang jelas, masih banyak hal-hal yang harus diperbaiki dalam fashion wanita berjilbab saat ini.

Mode Fashion Wanita Berjilbab

Model Kerudung

Seperti yang sudah banyak diketahui, trend model muslim saat ini memang menjadi hal yang saat ini tenga populer. Berbagai macam model dan desain fashion untuk wanita berjilbab kini kian meningkat. Tentu hal tersebut menjadi sebuah hal positif ketika banyak wanita muslim kini beralih menggunakan jilbab sebagai gaya berpakaiannya.

Gaya berjilbab saat ini memang menjadi pilihan banyak orang. Perkembangan trend fashion busana muslim pun kini terus meningkat. Ikon-ikon hijabers yang trendy pun kian bermunculan, sebut saja Dian Pelangi. Desainer muda yang menjadi salah satu ikon wanita muslim trendy yang satu ini banyak dijadikan kiblat fashion muslim oleh para wanita muslim.

Banyak karya-karya Dian Pelangi yang menjadi trend dan diikuti oleh para wanita muslim trendy dalam berpakaian sehari-hari. Karya-karya dari desainer Dian Pelangi ini bahkan terkenal hingga luar negeri dan sering diikutsertakan dalam pameran peragaan model busana hijab kelas dunia. Tentu hal tersebut membanggakan bagi wanita muslim, terutama wanita muslim Indonesia yang memiliki fashion desainer kawakan terkenal di dunia.

Ciri khas dari rancangan desainer Dian Pelangi ini adalah pemilihan warna dan pakaian-pakaiannya yang glamour dan lebih mengarah pada pakaian-pakaian muslim untuk pesta. Tidak hanya merancang pakaiannya, baju muslim yang berpasangan dengan kerudung pun tidak luput dirancang oleh perancang muda asal Indonesia tersebut.

TERKAIT :  Tren Jilbab Islam Identitas Para Muslimah

Tidak hanya Dian Pelangi, beberapa desainer muslim juga kini kian bertebaran di mana-mana. Trend hijab yang kini makin berkembang, membuat beberapa kamu hawa muslim berkreasi dan membuat brand fashion sendiri dengan ciri khasnya.

Bahkan beberapa public figure yang telah lama memutuskan untuk berhijab bahkan mulai usaha membuka brand hijab sendiri. Tentu hal ini akan mempermudah bagi masyarakat luas mencari inspirasi berpakaian hijab yang trendy dan juga mencari gaya hijab yang cocok bagi sendiri.

Jika dibanding beberapa tahun ke belakang, trend fashion untuk wanita berhijab memang tidak semeriah saat ini. Pakaian muslim zaman dulu hanya terbatas pada celana panjang, atasan berlengan panjang, dan model kerudung yang sederhana. Namun sekarang, perkembangan trend busana muslim kian berkembang, padu padan pakaian semakin variatif, sehingga cara berbusana wanita muslim saat ini semakin trendy dan tidak terkesan ketinggalan zaman.

Perkembangan trend busana muslim saat inipun dibantu dengan banyaknya produk-produk busana muslim yang dijual di pasaran. Mulai dari pasar online maupun pasar tradisional menyediakan berabagai macam model pakaian muslim yang diikuti dengan penjualan kerudung yang ikut bervariatif juga.

Macam-macam Jenis Kerudung Wanita Berhijab

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai perkembangan pakaian muslim di Indonesia, kali ini kita akan membahas jenis-jenis kerudung yang saat ini populer di tengah masyarakat. Beberapa jenis model kerudung ini pada dasarnya menutup bagian kelapa (kecuali bagian muka), namun yang membedakan dari semua jenis kerudung ini adalah tampilan akhir ketika kerudung sudah terpasang.

Berikut ini jenis-jenis kerudung yang umum digunakan oleh para hijaber.

1. Kerudung segi empat

Kerudung segi empat merupakan kerudung yang paling umum dan banyak digunakan oleh para wanita muslim. Selain mudah dan banyak modelnya, kerudung jenis ini juga mudah untuk digunakan. Kerudung segi empat yang saat ini beredar di pasaran, terdiri atas beberapa bahan, seperti bahan siffon, bahan paris, dan bahan-bahan lainnya. Kebanyakan orang menggunakan kedua bahan ini, selain mudah digunakan, bahan tersebut paling nyaman dikenakan oleh para wanita muslim.

TERKAIT :  Tutorial Cara Memakai Hijab Modern untuk Kantor, Kampus, dan Acara Resmi

Biasanya, cara penggunaan kerudung segi empat ini dengan melipatnya terlebih dahulu menjadi segi tiga, kemudian disematkan di atas kepala. Penggunaan kerudung segi empat ini realtif mudah dan cepat, penggunanya hanya tinggal menggunakan dalaman yang disebut ciput ninja dan menyematkannya di atas kepala. Sederhana dan mudah menjadi ciri khas pemakaian kerudung jenis ini.

2. Kerudung Pashmina

Bagi wanita muslim berhijab, pashmina merupakan barang yang tidak asing ditelinga. Berbeda dengan kerudung segi empat, pashmina memiliki bentuk segi panjang yang terdiri atas beberapa bahan. Banyak bahan kain yang kini dibuat sebagai kerudung pashmina, mulai dari kaos, bahan siffon, bahan paris, dan bahan lainnya.

Di pasaran saat ini, pashmina saat ini banyak pilihan. Pashmina dibuat dengan berbagai macam warna dan corak, sehingga wanita tidak perlu khawatir untuk kekurangan inspirasi dalam berkerudung. Selain dapat mengikuti warna outfit yang dikenakan, pashmina juga dapat dengan mudah dikenakan.

Banyak tutorial hijab yang menggunakan kerudung pashmina yang tersebar di berbagai media sosial. Model kerudung pashmina juga menjadi salah satu favorit para wanita berhijab yang ingin tetap trendy meski menutup aurat, terutama di bagian rambut. Untuk itu, jenis kerudung pashmina ini menjadi item wajib yang harus dimiliki oleh para hijaber.

3. Kerudung jenis turban

Satu lagi jenis kerudung yang menjadi pilihan berkerudung para muslim. Berbeda dengan kerudung segi empat dan pashmina, jenis kerudung turban ini terbilang cukup sederhana dan ringkas. Penggunaan kerudung turban memang saat ini masih menjadi perbincangan. Selain karena tidak seperti kerudung pada umumnya, kerudung turban juga tidak menutup bagian aurat dari wanita secara keseluruhan.

TERKAIT :  Tips Padu Padan Fashion Hijab dengan Kaos Lengan Panjang Wanita

Kerudung turban pada dasarnya hanya menutup bagian kepala dari dahi hingga telinga. Bentuknya yang seperti topi, menjadikan jenis kerudung ini dinilai tidak termasuk kerudung. Kerudung turban sama halnya seperti kupluk kepala yang digunakan oleh para lelaki atau bayi. Bagian leher hingga dada tidak tertutupi, sehingga kerudung ini seringkali menjadi polemik di kalangan wanita muslim.

Fenomena Hijabers di Indonesia

Bukan rahasia umum jika kita melihat perkembangan model kerudung yang saat ini memang menjadi trend fashion di beberapa negara, khususnya Indonesia. Mayoritas warga yang beragama muslim, menjadikan Indonesia menjadi salah satu negara beragama Islam terbesar di seluruh dunia selain Arab Saudi tentunya.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kamu muslim yang saat ini memutuskan untuk berhijab. Entah memang karena untuk menutup aurat atau mungkin hanya sedang trend, penggunaan kerudung leh wanita muslim di Indonesia ini memang tengah menjadi populer.

Banyak model-model kerudung yang kini tersebar di kalangan wanita muslim. Ironisnya, pemakaian kerudung ini hanya mengikuti trend semata, tidak mencerminkan pakaian muslim secara Islam yang seharusnya.

Jika seharusnya kerudung untuk wanita muslim ini menjulur menutupi dada, namun karena trend mode fashion muslim yang berkembang, keharusan seperti itu menjadi hal yang terasingkan. Banyak model kerudung yang cara penggunaannya dengan mengulurkan kerudung ke depan, kemudian menariknya ke atas, lalu di ambil lagi ke bagian belakang, dan sebagiannya membuat sarat menutup aurat semakin jauh dari sempurna.

Semoga dengan adanya informasi ini, dapat membuka mata para muslim untuk lebih jeli dan selektif mengikuti trend cara berpakaian muslim dan memilih model kerudung yang benar dan seusai dengan syariat Islam.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: , , , | Tampil: 195 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya