Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Objek Wisata Terbaik di Jogja

Oleh INDRA

Berikut informasi objek wisata terbaik di Jogja mulai dari tempat menarik, tempat belanja, dan penginapan terbaik. Info spesial untuk Anda agar lebih nyaman dan maksimal saat liburan di kota Gudeg bersama orang-orang terdekat. Berikut informasi lengkapnya!

Jogja begitu istimewa, karena memiliki bermacam hal menarik, mulai dari hamparan alam yang bagus dengan Gunung Merapi di sisi utara dan Samudera Hindia di sisi selatan, pemandangan yang unik, kuliner khas, wisata Jogja yang menarik, hingga orang-orangnya yang memiliki ide kreatif.

Specialnya kota Jogja juga berdasar atas sejarah, kebudayaan, dan tradisi Jawa-nya. Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusatnya Kesultanan Mataram antara tahun 1575-1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya ialah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram.

Nah itulah sekilas cerita tentang Jogja, pastinya bikin para ezytravelers tertarik kan buat main ke sana? Hotel di Jogja juga termasuk memiliki range harga murah loh. Penasaran wisata dan Hotel apa saja yang bisa kita dapat di Jogja?

Simak selanjutnya

#Objek Wisata Menarik di Jogja

1. Pantai Siung

1. Pantai Siung

Batuan karang berukuran besar yang ada di pantai ini adalah ciri dari Pantai Siung. Tebing karang di pantai ini memiliki 250 jalur pemanjatan. Itulah mengapa pantai ini jadi tempat penyelenggaraan Asean Climbing Gathering 2005 yang dihadiri oleh 250 peserta climbers dari 6 negara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Perancis, dan Jerman).

Banyak para peserta climbers menginap ke hotel di Jogja sekitar Pantai Siung.

Nah itulah sisi indah Pantai Siung. Diantara tebingnya, terdapat tanah lapang yang biasanya digunakan untuk lokasi berkemah dan menyalakan api unggun. Dari atas tebing, panorama indah terbentang seluas mata memandang.

TERKAIT :  Sunrise di Candi Prambanan : Nuansa Indah Melihat Matahari Terbit dari Balik Candi

2. Candi Ratu Boko

2. Candi Ratu Boko

Di Kab. Sleman Yogyakarta, candi ini adalah salah satu tempat dengan panorama sunset yang bagus dan juga landscape indah yang sungguh mencengangkan saat kalian berada di sana. Bagi para penikmat fotografi, candi ini adalah salah satu lokasi favorit.

Kalian mesti tiba di kawasan situs Ratu Boko sebelum jam 4 sore dan cuaca mesti cerah tidak mendung. Untuk memudahkan, biasanya para wisatawan akan mencari hotel di Jogja yang tidak terlalu jauh dari lokasi Candi ini.

Saat sampai di sana, berjalanlah menuju gerbang situs Ratu Boko karena di titik inilah keindahan sunset bisa Anda nikmati. Spot yang sangat popular, misalnya mengambil posisi di tangga gerbang, di tengah gerbang, atau di sisi atas setelah masuk gerbang. Karena lokasinya yang ada di perbukitan Prambananan, Anda dapat menyaksikan lanskap indah Yogyakarta dari ketinggian.

3. Kaliadem (Lava Tour)

3. Kaliadem (Lava Tour)

Kaliadem mulanya ialah sebuah daerah perkemahan hijau yang luas. Tapi peristiwa erupsi Merapi pada 2006 dan 2010 lalu telah merubah wajah Kaliadem jadi lokasi timbunan sisa lahar Merapi.

Pada saat ini, sisa tumpukan lahar jadi suatu hal menarik yang disukai banyak wisatawan. Dengan menelusuri jejak-jejak lahar, kalian dapat melihat betapa hebatnya ledakan gunung berapi tersebut.

Aktifitas ini popular disebut sebagai Lava Tour Merapi, aktifitas berkeliling dengan kendaraan jeep, atau motor trail, dan kendaraan masyarakat. Yang sangat terkenal ialah menaiki jeep, yang nantinya operator akan membawa kalian memutari Kali Opak (sungai yang dilalui lahar dingin), Dusun Petung (desa yang hancur karena adanya erupsi), Dusun Jambu, Batu Alien, Sungai Gendol, Dusun Kaliadem, Gardu Pandang Kopeng, Batu Gajah Kepuharjo, hingga kuburan Mbah Maridjan dan Benda Panas Kaliadem.

Banyak pilihan hotel di Jogja sekitar Kaliadem yang dapat kalian sewa dengan harga terjangkau.

4. Taman Sari

4. Taman Sari

Taman Sari menyuguhkan Anda kemegahan bentuk bangunan masa lampau dengan panorama landscape yang menawan. Taman ini dulunya merupakan tempat rekreasi keluarga kerajaan yang dibangun pada kurun waktu tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I.

TERKAIT :  Tarian Tua Reta Lou by Nuky Savano

Secara keseluruhan, Taman Sari terdiri dari 57 gedung, yang meliputi kompleks kolam renang pemandian, danau buatan, jembatan, saluran air, taman, lorong bawah tanah, dan juga bermacam gedung dengan arsitektur Eropa, China, Jawa, Hindu, Buddha, dan juga Islam.

Objek wisata di Jogja yang satu ini disukai banyak penikmat perjalanan karena keunikan dan nilai sejarah yang dimilikinya.

5. Candi Prambanan

5. Candi Prambanan

Ketenaran Candi Prambanan membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Yogyakarta dengan hasil statistik kehadiran wisatawan sebanyak 1.5 juta di selama tahun 2014 silam.

Inilah candi Hindu termegah se Asia Tenggara, berketinggian 47 meter dan sudah dinyatakan sebagai salah satu warisan budaya dunia pada tahun 1991 oleh UNESCO.

Dan ini pula lah candi Hindu paling besar yang berada di Indonesia. Candi Prambanan secara administratsi berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, lokasi candi ini bersebelahan dengan wilayah Jawa Tengah.

Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini mempunyai panorama memikat, sangat eksotik saat hari memasuki senja waktu sinar matahari menyorot bangunan candi melalui perpaduan warnanya yang memikat. Dari dekat, Anda dapat melihat view bangunan arsitektur dan bentuk candi yang begitu indah.

Posisi dari Candi Prambanan dan Borobudur tidaklah begitu jauh, hal ini memberikan pesan kuat bahwa dari zaman dulu kala telah terjadi keharmonisan di antara pemeluk agama Buddha dan umat Hindu di Jawa. Rasa hormat yang besar dari masyarakat lokal terhadap Candi Prambanan memunculkan legenda Roro Jonggrang yang tersohor itu.

Untuk para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, tidak perlu takut untuk datang ke Candi Prambanan, karena banyak hotel di Jogja yang dekat dengan candi ini.

#Hotel Terbaik di Jogja yang Murah

#Hotel Terbaik di Jogja yang Murah

  • POP! Hotel Sangaji
  • Amaris Hotel Diponegoro
  • WHIZ Hotel Yogyakarta
  • ibis Styles Yogyakarta
  • Favehotel Kusumanegara
  • Ibis Yogyakarta Malioboro
  • Harper Mangkubumi
  • Novotel Yogyakarta
  • The Phoenix Hotel Yogyakarta
  • Melia Purosani Hotel

#Tempat Belanja di Jogja

#Tempat Belanja di Jogja

1. Pasar Beringharjo

Tempat shoping di Malioboro tak dapat dipisahkan dari Pasar Beringharjo karena posisinya yang bersebelahan. Nah, di pasar tradisonal yang jadi salah satu pusat jual beli masyarakat ini Anda dapat berbelanja sesuka hati dengan rata-rata harga jual yang termasuk murah, terlebih bagi Anda yang pandai menawar.

TERKAIT :  Pantai Parangtritis

Bermacam jenis batik dengan desain yang bermacam jenis bisa Anda dapatkan di tempat ini, baik itu kain batik maupun yang sudah berupa pakaian jadi dengan kualitas yang beragam sesuai selera.

2. Perak Kotagede Jogja

Nama lokasi yang ini tentunya tidak asing lagi ketika berkunjung ke Jogjakarta. Bagi kalian yang ingin mencari kerajinan tangan dari bahan perak dengan harga yang murah, berwisata belanja di Kotagede adalah pilihan tepat!

Dulu, pengrajin perak Kotagede hanya menciptakan untuk Keraton Jogjakarta dan mendapati masa kejayaan setelah istri Gubernur VOC yang bernama Mary Agnes memperlihatkan perhatiannya kepada kerajinan unik ini dan mulai memasarkannya.

Dimulai dari cincin, gelang, kalung, hingga beragam oelh-oleh serta aksesoris yang lainnya tersedia di lokasi ini. Bahannya terbuat dari perak dan yang paling penting, harganya pas di kantong! Dari kisaran harga Rp100.000,- sampai dengan jutaan, semua kerajinan perak berkualitas tinggi tersedia di Kotagede.

3. Pusat Kerajinan Kulit Kota Jogja

Manding adalah pusat kerajinan kulit yang posisinya berada di Jalan Parangtritis Km 11, Bantul. Di tempat wisata belanja ini kalian dapat mendapatkan beragam produk kerajinan berbahan kulit dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi.

Dimulai dari dompet, tas, sepatu, ikat pinggang sampai jaket yang dijual dengan harga yang bervariasi juga pastinya termasuk lebih murah jika disandingkan dengan harga jual di mall, bahkan masih bisa untuk nawar harga yang ada. Yang menarik anda pun bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan kulit di lokasi ini.

Demikianlah informasi objek wisata di Jogja yang menarik mulai dari wisata pantai, wisata alam, hingga pusat perbelanjaan. Terima kasih, semoga bermanfaat!!!

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.