Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Pakai Tunik Kaftan akan Mendapatkan Sejuta Manfaat!

Oleh INDRA

Pakai Tunik Kaftan akan Mendapatkan Sejuta Manfaat. Wanita memang selalu dekat dengan yang namanya fesyen. Bagaimana tidak, wanita hampir selalu memikirkan fesyen apa yang cocok dengan dirinya, serta yang menarik dan terbaru. Hal itu memang menjadi hal yang lumrah terjadi. Namun jika memang menginginkan model yang terbaru dan tentu saja aman, cobalah untuk mengenakan model tunik kaftan. Kenapa demikian?

Model tunik kaftan merupakan busana muslim yang bisa dipakai wanita. Dengan memakai model pakaian tersebut, dijamin wanita akan tampak lebih anggun dan menawan. Untuk modelnya sendiri ada cukup banyak yang tersedia di pasaran. Memakai model tersebut akan memberikan manfaat yang sangat besar, terlebih untuk mereka yang muslimah.

Pakai Tunik Kaftan

Dengan memakai model pakaian tersebut sejatinya akan menutup aurat yang dilarang oleh agama. Seperti kita tahu bahwa aurat yang dimiliki wanita termasuk ke dalam seluruh tubuhnya, kecuali dengan wajah dan telapak tangan. Untuk itu, memadukan tunik kaftan tersebut dengan hijab adalah perpaduan yang sangat serasi.

Untuk informasi selebihnya mengenai model pakaian tersebut, alangkah baiknya untuk menyimak ulasannya di sini saja.

Bingung bedanya antara gamis, kaftan, dan hijab?

Seperti bahasan di awal tadi bahwa wanita memang selalu dekat dengan fesyen. Untuk itu, mereka kerap memberikan perhatian yang sangat serius bagi fesyen tersebut. Alhasil mereka selalu mendapatkan apa yang dimau mengenai fesyen tersebut, termasuk di dalamnya dengan model busana muslim.

Untuk busana muslim sendiri itu ada banyak yang kita kenal. Namun kita umumnya mengenal hijab dan gamis semata. Namun ternyata ada juag yang dinamakan dengan kaftan. Memang apa sih sebenarnya beda dari ketiganya itu? Satu yang pasti, semuanya merupakan busana yang menutup seluruh badan kita.

TERKAIT :  Tren Jilbab Islam Identitas Para Muslimah

Hijab yang menutup

Wanita muslim pastinya sudah cukup akrab dengan jenis pakaian yang satu ini, bukan? Ya hijab merupakan kain penutup yang biasanya dipakai untuk kepala. Namun hijab ini tidak hanya menutup bagian kepala saja, melainkan juga menjulur hingga ke bagian dada. Dengan demikian, berpakain dengan hijab bisa dikatakan merupakan pakaian busana muslim yang baik.

Hijab sendiri sudah merambah ke banyak negara, dan Indonesia menjadi negara yang sudah cukup akrab. Untuk memakai hijab pun akan lebih bagus dipadukan dengan pakaian yang sesuai juga. Seperti apakah pakaian yang sesuai itu? Tentu saja yang sesuai dengan syariat Islam itu sendiri.

Modis dan syari dengan tunik kaftan

Selain hijab, tentunya masih ada pakaian muslim yang menarik untuk dipakai, salah satunya ialah dengan kaftan. Seperti apakah model pakaian kaftan itu? Untuk memahaminya cukup mudah karena kaftan merupakan busana muslim yang sudah disentuh oleh perkembangan zaman.

Tidak hanya berfungsi untuk menutup bagian tubuh saja, kaftan merupakan pakaian yang sangat indah. Model pakaian ini berasal dari Persia kuno yang hingga kini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Model pakaian kaftan panjang menjuntai hingga ke kaki. Namun yang membedekan kaftan dengan busana muslim lainnya, terutama gamis adalah pada bagian atasannya. Bagian atasan kaftan, terutama pada bagian lengan umumnya tidak dijahit, jadi menyerupai jubah/saya kelelawar.

Kaftan juga sedikit beda dari kelasnya. Model pakaian kaftan umumnya didesain dengan cukup mewah dan rumit. Hal itu terlihat dengan adanya hiasan yang sangat ramai di bagian dada, atau juga terdapat pada bagian lainnya, seperti di bawah atau di bawah lengan. Hiasan yang ramai tersebut biasanya memakai renda atau dengan bordiran.

Dengan demikian, pakaian kaftan ini kurang cocok jika dipakai pada acara yang santai. Kaftan akan lebih cocok jika dipakai pada momen-momen tertentu, seperti hari raya.

TERKAIT :  Cara Memakai Jilbab Kreasi yang Praktis dan Syar’i

Pakai gamis pun bisa bermodel

Pernah melihat baju yang panjang menjuntai ke bawah, namun ukurannya masih tidak terlalu longgar alias masih pas di badan? Ya itulah yang dinamakan dengan gamis. Sekilas memang tidak terlalu jauh perbedaannya dengan kaftan, hanya saja gamis memang berukuran sesuai dengan badan si pemakainya. Bahannya pun umum, seperti dengan katun atau spandek. Lain halnya dengan kaftan yang memiliki bahan yang jatuh, layaknya hicon, satin, atau dengan sifon.

Pemakaian gamis pun bisa disesuaikan dengan banyak momen, entah itu acara pesta yang formal ataupun yang tidak formal, seperti bermain. Bahkan kini gamis pun banyak divariasikan, salah satunya dengan penggunaan bahan batik. Namun satu yang sesuai ialah bahwa kaftan ataupun dengan gamis, akan sangat sesuai jika dipakainya dengan hijab.

Apakah cukup hanya kaftan saja untuk berbusana muslim itu?

Sebagai wanita yang tinggal di negara muslim, pun dengan mereka yang beragama muslim, sudah seharusnya mengutamakan pakaian yang muslimah. Dari sekian banyak jenis dan model pakaian muslimah tersebut, kaftan memang masuk di antaranya. Namun apakah hanya cukup dengan mengenakan kaftan saja? Jawabannya tentu saja tidak!

Seperti dijelaskan di awal bahwa kaftan merupakan jenis pakaian yang panjang menutup seluruh badan si pemakainya. Akan tetapi, yang harus diingat adalah bahwa kaftan tidak bisa menutup bagian kepala. Untuk itu, diperlukan adanya tambahan hijab yang sesuai untuk menutupi aurat tersebut.

Wanita muslim dengan memakai pakaian tunik kaftan memang akan terlilhat menawan dan tampak anggun. Terlebih jika mereka didukung dengan tubuh yang ideal juga. Dengan memakai pakaian kaftan memang bisa dikatakan hampir menyempurnakan pakaian muslimah. Namun dengan dukungan hijab maka itu akan terasa sempurna.

Dengan memakai pakaian yang muslimah dan tertutup itu memang sangat penting untuk wanita Islam. Bagaimana tidak, perintah untuk mengenakan busana yang menutup aurat sudah dituangkan dalam ayat suci Al-Quran. Setidaknya ada salah satu ayat yang menjelaskan mengenai perintah tersebut, yakni:

TERKAIT :  Ingin Pakai Baju Model Kaftan? Sebaiknya Baca Dulu Tips Ini!

“Katakanlah wahai Nabi Muhammad kepada wanita-wanita mukminah, ‘Hendaklah mereka menahan pandangan mereka dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan hiasan (pakaian atau bagian tubuh) mereka, kecuali yang (biasa) tampak darinya, dan hendaklah mereka menutupkan kerudung mereka ke dada mereka.’” QS. An-Nur [24]: 31.

Jadi sudah jelas bahwa dengan pakaian yang muslimah itu sangat penting bagi mereka. Dengan memakai model kaftan memang sudah cukup baik dan menawan. Namun akan tampak semakin baik lagi jika sudah dilengkapi dengan hijab yang sesuai.

Bahkan ada manfaat yang nyata kalau kita mengenakan hijab. Apa sajakah itu?

  • Menaati dari perintah agama. Jelas bahwa agama Islam memerintah semua wanita untuk mengenakan pakaian yang tertutup dan syari.
  • Melindungi dari godaan pria. Dengan balutan pakaian yang tertutup dan syari, wanita akan terlindungi dari godaan para pria.
  • Membuat lawan jenis merasa segan. Sebagai pria yang melihat lawan jenisnya berpakaian sopan dan tertutup, biasanya akan segan dan menaruh hormat.
  • Aurat yang tertutup. Sudah jelas bahwa aurat wanita itu seluruh badannya, kecuali wajah dan telapak tangan.
  • Didikan yang alami untuk selalu bertingkah baik. Secara tidak langsung, tingkah laku yang baik akan terpancar dari mereka yang memakai pakaian jenis tersebut.
  • Bisa semakin cantik. Percaya atau tidak, dengan berhijab dan berpakain sopan akan membuat mereka tampak lebih cantik, daripada tampil terbuka.

Nah itulah ulasan mengenai tunik kaftan yang ternyata bisa sangat sesuai dengan wanita muslimah, tentunya dengan busana pendukung lainnya. Semoga bisa menginspirasi.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: , , , | Tampil: 169 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya