Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis Jogja adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menyajikan pemandangan indah dengan kesan romantis yang mendalam terutama saat matahari terbenam. Terdapat kereta kuda yang dapat di sewa untuk menikmati dan menyusuri keindahan pantai ini. Bagi yang senang menyusuri pasir dengan ATV (All-terrain Vechile) juga tersedia.

Pantai Parangtritis

Semua orang tahu, Pantai Kuta terletak di Bali, tapi apakah semua orang juga tahu bahwa Pantai Parangtritis terletak di Yogyakarta? harus tahu, apalagi Anda yang mengaku cinta tanah air. Ya. Pantai Parangtritis terletak di Bantul, tepatnya di Kecamatan Kretek.

Tentang Pantai Parangtritis

Jam Buka: Senin – Minggu (buka 24 jam).
Alamat lengkap: Jln. Parangtritis km 28, Kecamatan Kretek, Kab Bantul-Yogyakarta 55188.
Tarif Tiket Masuk: Rp 7.000 (hari biasa, termasuk asuransi) Rp10.000 (hari libur / event, termasuk asuransi).

Sebenarnya, Parangtritis sendiri adalah sebuah desa. Sebuah desa yang terletak di Kretek, Bantul, Yogyakarta. Jarak antara desa pemilik Pantai Parangtritis dengan pusat kota Yogyakarta cukup jauh, yaitu 25 km. Jarak yang lumayan jauh tersebut sama sekali bukan halangan untuk menikmati keindahan pantai yang langsung berbatasan dengan Samudra Hindia ini. Terutama jika Anda melalui Imogiri serta Desa Siluk. Pemandangan sepanjang perjalanan akan membuat jarak terasa singkat.

Pantai Parangtritis berada di bawah pengawasan Dinas Pariwisata Bantul. Dan pihak pemerintahlah yang bertanggungjawab atas apa-apa yang berada di Pantai Parangtritis ini, termasuk banyaknya penginapan dan hotel yang bisa Anda gunakan ketika berwisata ke Parangtritis.

Menyadari potensi yang dimiliki oleh wilayahnya, pihak pemerintah tentu saja tidak tinggal diam. Mengelola Pantai Parangtritis bisa menjadi pemasukan daerah yang cukup besar, dan hal itu tentu tidak akan disia-siakan. Pihak pemerintah kemudian menyediakan berbagai fasilitas dan menjadi pihak pemberi izin atas apapun yang berlaku di pantai tersebut.

Sebagai salah satu tempat, wilayah, Pantai Parangtritis memiliki sejarah penamaan yang cukup unik. Jadi, konon, pada zaman dahulu, ada seorang pelarian dariMajapahit yang bersemedi di sekitar kawasan Pantai Parangtritis ini. Ketika tengah melakukan semedi, pesemedi yang bernama Dipokusumo ini melihat air yang menetes atau tumaritis dalam bahasa Jawa dari celah batu karang atau parang. Maka jadilah nama Parangtritis yang jika diartikan, maka artinya adalah air yang menetes dari karang.

1. Cerita Pantai Parangtritis

Bukan Indonesia namanya jika sesuatu hal tidak dikaitkan dengan hal mistis, itu juga berlaku di Pantai Parangtritis ini. Bahwa konon, menurut cerita yang beredar di masyarakat, Pantai Parangtritis ini merupakan perwujudan dari Trimurti. Trimurti ini adalah tiga tempat melegenda yang ada di Yogyakarta, yaitu Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta dan Pantai Parangtritis.

Pantai Parangtritis yang merupakan perwujudan dari Trimurti itu kemudian diyakini masyarakat sebagai salah satu daerah kekuasaan milik Nyai Roro Kidul. Dan masih menurut legenda, sosok Nyai Roro Kidul sangat menyukai warna hijau. Maka dari itu, ada mitos yang berlaku di masyarakat bahwa siapapun yang mengunjungi Pantai Parangtritis tidak boleh mengenak pakaian berwarna hijau. Jika tidak, sesuatu yang buruk akan terjadi padanya.

2. Keindahan dan Fasilitas

Ketika Anda berkunjung ke Pantai Parangtritis, Anda akan disuguhkan dengan deburan ombak yang cukup besar. Anda juga akan menemukanpasir yang terlihat menggunung di pinggiran pantai. Pasir tersebut dikenali dengan istilah gumuk oleh masyarakat sekitar. Selain itu, Pantai Parangtritis juga memiliki pemandangan yang cukup landai. Landscape dari pantai ini sungguh unik.

Keunikan Pantai Parangtritis dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Indonesia terletak pada bukit batu, bukit kapur yang berada di sekitarnya. Ditambah dengan pasir pantai yang putih cenderung hitam. Semua kelebihan itu semakin membuat Pantai Parangtritis terlihat eksotis.

Masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Pantai Parangtritis tentu saja memanfaatkan ini sebagai ladang mencari nafkah. Banyak tenda-tenda didirikan. Anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam sembari duduk-duduk santai menikmati segarnya air kelapa muda. Kenikmatan ini semakin sempurna ketika Anda menyaksikan indahnya pemandangan Pantai Parangtritis dari atas bukit yang mengelilingi pantai ini.

Masih di sekitaran Pantai Parangtritis, Anda juga bisa menikmati keindahan dari pantai-pantai yang ada di sekitar Parangtritis. Antara lain Pantai Depok dan PantaiParangkusumo. Selain itu Anda juga bisa mengunjungi Petilasan Parangkusumo dan mandi di pemandian air panas alami yang terdapat di sekitaran tempat wisata itu.

Anda juga bisa melihat keindahan Pantai Paranngtritis dari Dataran Tinggi Gembirowati, kemudian juga mengunjungi beberapa makam dari Syeh Maulana Magribi, Syeh Bela Belu, dan Ki Ageng Selohening. Wisata Anda ke Pantai Parangtritis akan memberikan sensasi berbeda.

Fasilitas lain yang ditawarkan pihak pengelola Pantai Parangtritis adalah tersedianya makanan laut yang tidak sulit ditemui di sekitar pantai. Kemudian, Anda juga bebas memilih aneka buah tangan yang tokonya berada di sekitaran pantai. Berkunjung ke Pantai Parangntritis akan memberikan Anda kepuasan lahir dan batin.

#Pantai yang Romantis

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Pantai Parangtritis akan semakin sempurna jika Anda mengunjunginya bersama pasangan atau orang-orang terkasih. Berjalan-jalan menggunakan ATV atau delman yang memang banyak tersedia di sekitar pantai adalah cara untuk menikmati indahnya Pantai Parangtritis. Atau, sengaja berjalan kaki, berdua menyusuri pasir pantai di bawah cahaya matahari yang siap-siap akan tenggelam? Itu semua akan semakin menambah liburan Anda berkesan.

Karena, banyak orang setuju, bahwa pemandangan sunset di Pantai Parangtritis ini sungguh indah. Siluet orange membuat keadaan tiba-tiba berubah menjadi romantis. Tidak heran jika sampai sore hari, Pantai Parangtritis tetap ramai.

Anda yang betah dan masih ingin berlama-lama menikmati indahnyamalam di Pantai Parangtritis akan semakin “didukung” dengan hadirnya pedagang jagung bakar di sekitaran pantai. Duduk-duduk di pinggir pantai sembari menikmati jagung bakar bersama orang tersayang pasti akan menjadi kenangan yang tidak mudah untuk dilupakan. Jika Anda ingin menginap, tak masalah, karena di sekitaran pantai juga terdapat beragam tempat penginapan dengan harga yang bersahabat.

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya