Indra Kurniawansyah

Tempat Sharing Wisata, Bisnis, & Banyak Hal

Menu

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil Untuk Bisnis

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil untuk menangkap peluang bisnis ini wajib diketahui dan disiapkan sejak awal. Agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik diawal pembukaannya. Perlengkapan yang perlu disiapkan saat pertama kali memulainya antara lain hidrolik, tabung, kompresor, shampoo, air gun, dan lain-lain. Berikut informasi lengkapnya.

Perlengkapan Cuci Motor dan Mobil

Kesibukan yang tidak mengenal batas waktu bagi orang-orang tertentu membuat mereka tidak sempat untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya sederhana dan mudah, contohnya saja mencuci motor dan steam mobil. Sebenarnya fenomena ini apabila dipandang secara jeli dapat dimanfaatkan sebagai suatu peluang usaha. Usaha ini dapat dikatakan memiliki pangsa pasar yang menjanjikan mengingat hampir setiap rumah memiliki kendaraan pribadi entah itu motor ataupun mobil. Untuk itu, diperlukan perlengkapan cuci motor agar peluang usaha ini bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha.

Sama halnya dengan bisnis bengkel yang sudah menjamur dimana-mana, usaha bisnis steam juga demikian. Namun tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis yang sama. Dengan strategi yang jitu dan pelayanan yang handal dijamin bisnis cuci motor dan mobil akan laris manis meskipun di sekelilingnya memiliki banyak pesaing. Untuk memulai bisnis ini diperlukan dua modal awal berupa tempat serta perlengkapan cuci motor dan mobil.

Persiapan Memulai Usaha

Dalam membuka bisnis steam motor dan mobil diperlukan persiapan-persiapan yang harus dilakukan secara matang dan terencana dengan baik. Persiapan-persiapan yang dimaksud disini meliputi

1. Lokasi usaha

Dalam melakukan suatu usaha, penentuan lokasi usaha yang cukup strategis merupakan bagian dari persiapan yang penting. Pengertian dari lokasi strategis sendiri adalah lokasi yang mudah dijangkau dan sesuai dengan jenis usaha yang didirikan. Dengan lokasi usaha yang strategis maka peluang untuk mendatangkan banyak pelanggan semakin tinggi, ini artinya peluang untuk mendatangkan banyak pemasukan bagi usaha yang didirikan.

Mungkin sebagai gambaran, contoh-contoh tempat strategis untuk usaha cuci motor dan mobil yaitu di pinggir jalan, di dalam kompleks perumahan, di pusat keramaian dan lain sebagainya. Pemilihan lokasi usaha seharusnya dilandasi pertimbangan segmen pasar atau target pelanggan yang diharapkan.

Pertimbangan segmen pasar yang harus diperhatikan sebagai seorang pemilik usaha meliputi usia, jenis kelamin, penghasilan dan hal-hal lain dari calon pelanggan. Segmen pasar merupakan dasar dari perencanaan usaha, tanpa menentukan segmen pasar, usaha yang dijalankan hanya berjalan ala kadarnya dan tidak memiliki target atau tujuan yang jelas.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan lokasi usaha adalah jarak lokasi usaha dari bahan baku yang diperlukan dalam menjalankan usaha atau sering dikenal dengan sebutan kebutuhan operasional. Dalam bisnis pencucian motor dan mobil hal yang perlu diperhatikan betul untuk kebutuhan operasional adalah air dan listrik. Kedua hal tersebut menjadi hal utama yang harus tersedia setiap saat. Jangan sampai memilih lokasi yang memiliki kondisi air yang buruk seperti sering mati begitupun dengan kondisi listriknya.

Untuk mendapatkan lokasi usaha yang tepat dan sesuai dengan kriteria yang diinginkan tidak ada salahnya untuk melakukan survei keliling daerah yang menjadi target sasaran untuk membuka usaha. Ibarat “Sambil Menyelam Minum Air” dengan melakukan survei lokasi usaha juga dapat mengetahui daya beli masyarakat yang ada di sekitar lingkungan tersebut. Setelah memahami daya beli masyarakat maka dapat ditentukan kisaran harga yang sesuai untuk jasa pencucian motor atau mobil.

2. Pegawai

Pegawai yang dipilih hendaknya memiliki keterampilan yang diperlukan dalam mencuci motor, memiliki perilaku yang baik terhadap orang lain dan memiliki sifat yang jujur. Dengan kriteria tersebut dapat diperoleh sumber daya yang tepat dan dapat memiliki status kepegawaian dalam jangka panjang di dalam bisnis yang dijalankan. Pemilihan pegawai yang sembarangan dan menyalahi kriteria tersebut dapat berdampak buruk bagi bisnis yang dijalankan karena berakibat pada sering terjadinya alur pergantian pegawai yang diakibatkan oleh kasus-kasus tertentu yang seharusnya dapat diantisipasi.

Hubungan baik antara pemilik usaha dan pegawai hendaknya dapat terjalin dengan cukup baik. Posisikanlah pegawai sebagai mitra kerja yang turut serta membangun bisnis yang sedang dijalankan. Melibatkan pegawai di dalam pengambilan keputusan bisnis dengan cara memberikan kesempatan pada mereka untuk mengungkapkan gagasan dan ide yang berkaitan dengan pengembangan usaha merupakan salah satu caranya.

Dari gagasan dan ide yang diberikan oleh para pegawai tersebut dapat diseleksi yang mana saja yang dapat diterapkan ataupun tidak. Perlu diingat bahwa meskipun menjalin hubungan baik dengan pegawai, tetap saja diperlukan suatu batasan-batasan tertentu antara pemilik usaha dan pegawainya. Hal ini dimaksudkan agar kewibawaan pemilik usaha tetap terjaga sehingga para pegawai merasa segan dan memberikan rasa hormat.

3. Tata cara penggajian

Tata cara penggajian yang dilakukan untuk bisnis cuci motor dan mobil dapat dilakukan per bulan, per kendaraan ataupun dengan sistem bagi hasil. Apabila memilih menggaji karyawan per bulan maka pemilik usaha harus siap menggaji pegawai dengan nominal tertentu yang sama setiap bulannya meskipun kondisi usaha dalam berbagai kondisi, yaitu sepi ataupun ramai.

Pemberian tips dan bonus untuk kerja ekstra atau kerja lembur juga perlu dipertimbangkan untuk menambah semangat kerja para pegawai. Misalnya saja berikan tips pada pegawai yang tetap masuk di hari Minggu. Mungkin banyak orang berpikiran bahwa hari Minggu merupakan waktu untuk beristirahat dari kepenatan sehari-hari. Apabila diamati sebenarnya hari Minggu dapat menjadi hari mengais rejeki. Apabila tempat cuci motor dan mobil lain tutup ini artinya pesaing berkurang dan pada akhirnya para pelanggan dari tempat lain yang ingin mencuci motor atau mobilnya akan datang ke tempat pencucian motor atau mobil yang masih memberikan pelayanan.

4. Promosi

Promosi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk mengenalkan usaha yang didirikan pada khalayak umum. Dengan demikian usaha yang didirikan cepat dikenali dan menarik minta para calon pelanggan untuk datang berkunjung. Nantinya dari satu atau dua orang pengunjung akan mendatangkan beberapa pengunjung lain yang memperoleh informasi atas usaha yang didirikan melalui promosi dari mulut ke mulut.

Apalagi kalau pelayanan yang diberikan sangat memuaskan, yaitu pelayanan yang ramah, cepat dan hasil cuci motor dan mobil yang bersih maka sudah dapat dipastikan banyak pelanggan yang menjadikan tempat pencucian motor atau mobil yang didirikan menjadi langganan tetap. Untuk menarik perhatian para calon pelanggan tidak ada salahnya untuk melakukan promosi ketika usaha cuci motor dan mobil ini baru dibuka. Misalkan saja mengadakan promosi 5 kali cuci gratis 1 kali cuci motor atau mobil.

5. Perlengkapan Steam

Setelah memahami persiapan-persiapan yang harus direncanakan secara matang dalam menjalankan bisnis cuci motor dan mobil. Selanjutnya perlu diketahui perlengkapan cuci motor dan mobil yang harus disediakan dalam menjalankan usaha ini, antara lain

  1. hidrolik berfungsi untuk mengangkat motor atau mobil yang dicuci sehingga rangka bagian bawah kendaraan yang sulit dicapai dapat tercuci,
  2. pompa air berfungsi untuk memompa air dari tempat penyimpanan (tandon air),
  3. kompresor berfungsi untuk memberikan tekanan udara pada alat-alat tertentu seperti pada hidrolik,
  4. tabung salju berfungsi untuk menghasilkan busa salju,
  5. pressure air untuk memberikan tekanan pada alat-alat yang cara kerjanya memerlukan tekanan udara seperti hidrolik,
  6. vacuum cleaner untuk menghisap debu,
  7. sampo ‘ice cream’ untuk mencuci motor atau mobil,
  8. semir ban untuk memberikan efek hitam dan mengkilat pada ban,
  9. air gun untuk pengering,
  10. lap untuk membersihkan atau mengeringkan mobil dan motor pada tahap akhir pengeringan,
  11. selang untuk menyalurkan air, dan
  12. kanebo untuk menyerap air yang masih tersisa setelah motor atau mobil dikeringkan dengan air gun.

Demikianlah ulasan singkat mengenai perlengkapan cuci motor dan mobil untuk bisnis, semoga dapat bermanfaat dan memberikan gambaran umum bagi Anda yang ingin dan tertarik untuk membuka bisnis ini. Untuk Anda yang sedang bingung untuk mendirikan dan membuka suatu usaha, bisnis ini merupakan salah satu pilihan yang tepat dan patut dicoba.

+++++++++++++++++++++++++++++++++


Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.
+++++++++++++++++++++++++++++++++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya