Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Pesona Yogyakarta dengan Tempat Wisata Terbaiknya

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tradisi Jawa yang masih kental dalam masyarakatnya membuat kota yang juga disebut Kota Pelajar ini menarik dan memiliki pesona tersendiri di mata para pelancong. Selain itu, banyaknya objek wisata, baik wisata alam yang indah dan juga wisata belanja, membuat orang-orang kagum serta ingin menikmati pesona Yogyakarta secara langsung.

Pesona Yogyakarta dengan Tempat Wisata Terbaiknya

Jika Anda berencana untuk berlibur ke Yogyakarta dalam waktu dekat, ada baiknya Anda mengetahui tempat-tempat terbaik di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi agar liburan menjadi semakin mengesankan.

Berikut tempat wisata di Jogja yang terbaik dan bisa Anda nikmati selama berlibur ke Yogyakarta:

1. Malioboro

Siapa yang tak pernah mendengar kata Malioboro? Nama ini sudah sangat akrab di telinga orang Indonesia dan sangat erat kaitannya dengan Yogyakarta. Ya, semua orang yang mendengar nama Malioboro pasti akan selalu ingat bahwa nama itu adalah nama salah satu tempat yang sangat iconic di Yogyakarta. Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, belum lengkap rasanya kalau belum mengunjungi Malioboro.

Tempat yang tak pernah sepi pengunjung ini sangat unik karena banyak pengalaman seru yang bisa Anda dapatkan di sana; mulai dari berbelanja pernak-pernik dan kerajinan khas Yogyakarta, hingga mendapati para seniman dengan karya-karya mereka yang menakjubkan. Jangan lupa untuk mengeluarkan jurus andalan dalam menawar ketika Anda ingin membeli sesuatu di pusat pernak-pernik Yogyakarta ini.

Menjelang malam, Malioboro akan semakin semarak dengan lampu-lampu kota yang berwarna-warni. Emperan tempat penjual pernak-pernik langsung berubah menjadi macam-macam lesehan yang bisa menjadi tempat asyik untuk mencicipi kuliner Yogyakarta sambil menikmati alunan musik seniman jalanan. Setelah puas menikmati makan malam, cobalah berjalan ke arah selatan Malioboro dan Anda akan dapatkan banyak pengalaman seru di seputaran titik 0 kilometer Yogyakarta ini.

Tempat ini cocok untuk menikmati pesona Yogyakarta di waktu malam sambil menikmati keindahan bangunan-bangunan megah peninggalan kolonial. Jika beruntung, Anda juga akan mendapati sekelompok pecinta sepeda kuno; lengkap dengan sepeda dan seragam jadulnya, sedang berkumpul di area ini. Tentu saja, tempat ini jadi objek yang menarik untuk melengkapi karya fotografi Anda.

2. Keraton Yogyakarta

Saat berkunjung ke Yogyakarta, pastinya Keraton Kasultanan harus menjadi tujuan selanjutnya. Tempat wisata yang satu ini sangat kental dengan suasana kerajaan Jawa yang tentunya akan memberikan pengalaman luar biasa. Sebagai area kesultanan, keraton terbagi menjadi beberapa lapisan yang masing-masing dibatasi dengan benteng dan gerbang. Luas total areanya adalah 1,3 km2, tapi sebagai area kesultanan tentu saja tak seluruh tempat bisa kita masuki. Di keraton Yogyakarta, Anda bisa melihat beberapa kereta kencana megah milik Sultan yang hanya digunakan pada saat acara-acara penting kerajaan, seragam prajurit dan peralatan perangnya, batik serta diorama pembuatannya, dan masih banyak lagi koleksi keraton yang sangat menarik.

Di area alun-alun selatan keraton, Anda juga bisa menikmati pesona Yogyakarta seperti bersepeda mengelilingi alun-alun dan menikmati wedang ronde serta kuliner khas lainnya. Hal lain yang tak kalah unik untuk dicoba adalah berjalan menelusuri jalan di tengah dua pohon beringin besar di alun-alun tersebut dengan mata tertutup kain. Konon, siapa pun yang bisa berjalan dengan lurus melewati jalan tersebut akan tercapai semua cita–citanya.

3. Pasar Beringharjo

Pasar ini terletak di bagian selatan Malioboro. Anda bisa berjalan kaki atau naik becak untuk mencapai pasar ini. Apa istimewanya pasar ini? Pasar ini tak jauh berbeda dengan pasar pada umumnya. Sebagai salah satu tujuan wisata, batik dan pernak–pernik khas Yogyakarta dapat dijumpai di setiap sudut pasar. Berbagai macam baju atau kain batik tersedia di pasar ini dengan harga yang merakyat. Selain batik, di pasar ini Anda juga bisa berburu barang–barang antik seperti uang jadul, lukisan, keris, dan masih banyak lagi.

4. Candi Borobudur

Kalau berlibur ke Yogyakarta, Candi Borobudur pasti menjadi salah satu tempat yang harus dikunjungi. Meski tidak termasuk ke dalam Daerah Istimewa Yogyakarta, Borobudur yang tepatnya terletak di Kota Magelang ini selalu termasuk ke dalam paket wisata Yogyakarta. Kemegahan dan keindahan Candi Borobudur sangat termasyhur hingga ke seluruh dunia dan sempat masuk ke deretan tujuh keajaiban dunia. Bahkan, beberapa bintang papan atas dunia juga pernah mengunjungi dan mengagumi keindahan Candi Borobudur.

Candi ini dibangun pada abad ke-8 dan 9 Masehi. Bangunannya memiliki enam teras berbentuk persegi dengan tiga pelataran yang melingkar di bagian atas. Dinding-dindingnya dihiasi sebanyak 2672 panel relief. Sebagai peninggalan kerajaan Buddha, candi ini memiliki 72 stupa yang masing-masing berisikan arca Buddha sedang bersila. Satu stupa lainnya adalah stupa terbesar yang berada di bagian tertinggi candi. Dengan menyaksikan kemegahan arsitektur dan masih jelasnya goresan sejarah di dalamnya, Anda pasti tidak akan pernah menyesal mengunjungi Candi Borobudur ini.

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi peninggalan kerajaan Hindu ini juga memiliki gaya arsitektur yang tak kalah megahnya. Di dalam kompleks Candi Prambanan ini, terdapat tiga candi utama Trimukti (Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa) dan candi pendamping (Candi Garuda, Angsa, dan Nandini). Setiap candi utama memiliki dua candi apit, empat kelir, empat sudut, serta sebanyak 224 candi kecil yang menyebar di pelataran candi. Di dalam masing-masing candi utama terdapat ruangan yang berisi arca masing-masing dewa. Candi Siwa adalah candi yang paling tinggi dan memiliki empat ruangan yang masing-masing berisi arca Dewa Siwa, Dewi Durga, Agastya atau gurunya, dan arca Ganesha putranya.

6. Kebun Binatang Gembira Loka

Liburan bersama keluarga di Yogyakarta akan semakin berkesan jika Anda berkunjung ke Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang yang sudah berdiri sejak tahun 1933 ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap, termasuk binatang berkaki empat, bermacam jenis ikan, reptil, hewan melata, hingga berbagai jenis unggas yang berasal dari dalam dan luar negeri. Puas mengitari kebun binatang dan menyaksikan koleksi satwa, Anda bisa mencoba berbagai wahana rekreasi yang dijamin dapat menambah seru liburan Anda bersama keluarga. Jika Anda lelah berjalan kaki mengitari seluruh kebun binatang, jangan khawatir karena ada kereta mini yang siap membawa Anda mengitari area kebun binatang. Berbagai fasilitas juga tersedia di sekitar kebun binatang, seperti mushola, taman dengan WiFi gratis, kafetaria, toilet umum, dan sebagainya.

7. Pantai Parangtritis dan Pantai Depok

Bagi Anda yang cinta wisata pantai, Yogyakarta punya beberapa pantai cantik yang bisa Anda kunjungi. Salah satu pantai yang paling dikenal yaitu Pantai Parangtritis. Pantai yang indah dengan ombak yang cukup besar dan ujung timurnya yang dibatasi barisan karang, membuat Parangtritis menjadi pesona Yogyakarta yang memiliki kesan tersendiri di hati para pengunjung. Selain itu, mitos Parangtritis sebagai rumah seorang Ratu Pantai Selatan; Nyi Roro Kidul juga menjadi daya tarik tersendiri. Untuk menikmati panorama di sepanjang pantai, Anda tidak harus berjalan kaki karena ada banyak bendi dan kuda yang dapat disewa untuk mengitari area pantai.

Setelah puas menikmati indahnya Pantai Parangtritis, saatnya menikmati kuliner khas pantai selatan di area Pantai Depok. Pantai ini khusus menyediakan berbagai macam makanan laut seperti berbagai ikan, udang, kepiting, dan kerang di pasar ikan modern di dekat pantai. Untuk memasaknya, Anda bisa memilih satu dari deretan warung yang bersedia memasakkan seafood Anda. Sambil menunggu masakan matang, Anda juga bisa menikmati indahnya pantai lengkap dengan perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar.

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya