Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Serunya Jelajah Tempat Asyik dan Murah di Bandung

Oleh INDRA

Bandung merupakan salah satu destinasi para wisatawan dari berbagai tempat, baik dalam maupun luar negeri. Itulah sebabnya di kota ini banyak terdapat tempat asyik dan murah. Lalu, di mana saja tempat asyik dan murah di Bandung?

Kawah Putih Ciwidey Bandung Tempat Liburan yang Seru dan Murah

Ket image: Kawah Putih Ciwidey Bandung Tempat Liburan yang Seru dan Murah. (pegipegi)

Tempat asyik dan murah di Bandung buat para pelancong yang kebanyakan datang dari Ibu Kota Jakarta cukup mudah dicari. Apalagi, kebanyakan dari pelancong-pelancog domestik tersebut biasanya memiliki tujuan untuk menghabiskan akhir pekan mereka dengan berwisata luar ruangan, wisata belaja, dan tentu saja wisata kuliner.

Bandung yang terkenal sebagai surganya para wisatawan di Indonesa tentu menyediakan tempat-tempat yang asyik dan sudah tentu murah. Berbagai tempat dibuat sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para pelancong dari Jakarta dan kota-kota lainnya.

Bandung yang terkenal dengan sebutan “Kota Bunga” ini menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi para pelancong dan wisatawan mancanegara karena dianggap memiliki banyak aneka wahana wisata yang bisa memuaskan para pelancong dalam memenuhi hasrat “refreshing”-nya. Oleh sebab itu, berbagai hotel, tempat belanja, dan tempat makan pun banyak dan mudah ditemukan di kota ini.

Tujuan Wisata di Kota Bandung

Selain sebagai tempat singgah untuk mengembalikan motivasi bekerja para pekerja yang datang dari luar kota, kota ini juga memiliki aneka tempat asyik dan murah di Bandung yang tidak bisa ditemukan di kota besar lainnya.

Misalnya saja, tujuan wisata belanja yang menawarkan berbagai jenis pakaian, bahan pakaian, dan aksesori yang mungkin tidak bisa ditemukan di kota lainnya dengan harga yang relatif murah. Tidak heran jika pada akhirnya bayak orang yang datang ke Bandung hanya untuk berbelanja dan memenuhi hasrat keinginan belanja mereka.

Setelah wisata belanja, ada lagi tujuan yang dimiliki para pelancong untuk datang megunjungi kota ini, yakni tujuan wisata kuliner. Makanan khas Bandung seperti peuyeum, tempe goreng, dan lainnya hanya bisa ditemukan di Kota Bandung dengan brand yang juga dikemas secara khas sehingga terdengar Bandung banget.

Tujuan wisata selanjutnya adalah wisata alam dengan keindahan alam yang tidak ada tandingannya jika dibandingkan dnegan kota-kota besar lain yang ada di wilayah Jawa Barat. Bandung sebagai kota yang indah menyajikan banyak view yang menarik dan membuat otak kembali segar dengan pemandangan yang mengasyikkan, menakjubkan, bahkan mmebuat para pelancong justru ingin tinggal di sini.

Tujuan terakhir yang juga biasanya dimiliki oleh para pelancong adalah wisata sejarah. Banyaknya monumen dan segala hal yang bersejarah di kota ini membuat para pecinta sejarah tidak mau melewatkan perjalanan tanpa memenggal cerita mengenai sejarah di Kota Bandung.

Wisata Sejarah Kota Bandung

Sebelum menginjak pada tujuan wisata lainnya, sebenarnya lebih baik jika Anda mengunjungi dulu daerah-daerah wisata sejarah berikut ini.

  • Gedung Sate. Gedung Sate menjadi ikon Kota Bandung yang bertempatkan di Jalan Supratman. Gedung dengan aksiketur model Belanda ini menjadi daya tarik para pelancong untuk mengabadikan dirinya dalam bentuk foto maupun video.
  • Museum Konfrensi Asia Afrika yang bertempatkan di Jalan Asia Afrika. Gedung ini menyimpan catatan sejarah besar untuk Kota Bandung. Selain karena gayanya yang khas Belanda, gedung ini juga banyak dijadikan sebagai tempat asyik dan murah di Bandung untuk wisata sejarah karena nilai historisnya sebagai tempat pertemuan berbagai negara pada tahun 1955.
  • Museum Geologi, yakni salah satu museum di Bandung yang menjadi pusat studi pelajar. Museum ini menyimpan sejuta pengetahuan yang sampai saat ini kita belum ketahui sehingga menarik minat para wisatawan untuk menguak lebih dalam mengenai apa saja yang terdapat di dalam museum tersebut.
  • Museum Sribaduga Maharaja. Museum ini bertempatkan di depan lapangan Tegal Lega Bandung. Museum ini menyimpan benda-benda Prasejarah yang menunjukkan adanya peninggalan Kerajaan Pajajaran sebagai kerajaan besar yang dulu mengisi wilayah Indonesia dengan berbagai historinya.
  • Museum Mandala Wangsit Siliwangi. Museum ini menyajikan benda-benda sejarah Indonesia yang kebanyakan dihasilkan dari peperangan masyarakat Indonesia saat melawan penjajah Belanda.
  • Teropong bintang Boscha. Tempat ini termasuk ke kawasan Bandung Barat tepatnya di daerah Lembang. Bangunan ini merupakan satu-satunya bangunan yang dibuat oleh bangsa Jerman sebagai tempat penelitian antariksa. Dan menjadi satu-satunya tempat penelitian antariksa di Indonesia.

Wisata Alam Bandung

Setelah mengetahui berbagai fakta sejarah tentang Kota Bandung, barulah Anda bisa mulai menjelajahi wisata alam yang ada di kota ini. Berikut ini adalah ebberapa tempat asyik dan murah di Bandung dengan tujuan wisata alam:

  • Kawah Putih yang terletak di daerah Bandung Selatan. Daerah ini memilki pesona yang luar biasa untuk para pelancong luar kota maupun dalam kota karena hawa yang dingin dan nuansa putih yang menjadi pemandangan utama para pelancong ketika mengunjunginya.
  • Gungung Tangkuban Parahu, yakni daerah yang memiliki nilai historis berupa legenda Sangkuriang sehingga terkenal sampai ke seluruh penjuru Indonesia. Daerah ini terletak di antara Lembang dan Subang dengan suhu udara yang juga dingin dan pemandangan yang juga memesona.
  • Curug Cimahi, yakni wisata alam yang terletak di daerah Cisarua Lembang dan biasa disebut sebagai Curug Panganten karena terdapat dua air terjun yang penuh dengan cerita legenda para pengantin yang tewas di dalamnya.
  • Situ Patenggang, yakni sebuah situ besar yang terletak di Ciwidey dan menawarkan pengunjungnya berbagai keindahan sehingga Anda yang datang ke sana akan merasa betah untuk tetap tinggal di wilayah yang masih asri dan sejuk tersebut.

Wisata Kuliner Bandung

Wah untuk yang satu ini, banyak sekali pilihan tempat yang bisa Anda kunjungi, baik yang terletak di tengah kota maupun di pinggiran kota. Berikut ini adalah beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi sebagai wilayah wisata kuliner:

  • Punclut, yakni salah satu tempat yang harus Anda kunjungi bila ke Bandung. Selain bisa menikmati makanan yang enak dan murah, Anda juga tentu bisa menikmati pemandangan khas Kota Bandung.
  • Ketan dan jagung bakar Lembang. Anda yang suka jajan dan menikmati suasana jalanan di angkringan bisa menikmati sajian khas Lembang ini di pinggiran Kota Lembang.
  • Surabi imut. Daerah wisata kuliner yang bertempatkan di Jalan Setiabudhi ini ramai sekali dikunjungi, baik dalam kota maupun luar kota. Surabi menjadi sebuah jajanan tradisional yang kombinasikan dengan modern sehingga dapat memenuhi kepuasan konsumen yang menyantapnya.
  • Brownis Amanda salah satu kuliner yang menyajikan berbagai macam makanan berbahan brownis, biasanya para pelancong akan membelinya sebagai oleh-oleh khas Bandung.
  • Kartika Sari. Nama ini terkenal dengan pisang bolennya yang lezat sehingga hampir setiap hari ramai oleh pembeli. Biasanya orang dari Jakarta atau pun kota-kota lainnya akan mampir untuk membeli jajanan di sini sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Wisata Fashion Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan gelora fashion yang ada di Bandung? Itulah sebabnya, Bandung dikatakan sebagai “Paris van Java”. Hal ini yang menjadikan Bandung tiap akhir pakan ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hobinya belanja.

Berbagai Factory Outlet bisa ditemukan di Jalan Riau, Jalan Setiabudi, dan jalan-jalan besar lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fesyen dalam bentuk bahan pakaian yang terletak di Jalan Cigondewah Bandung.

Nah, setelah mendengar informasi mengenai tempat asyik dan murah di Bandung ini, tepat mana dulu yang akan Anda kunjungi?

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.