Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Tips Memulai Bisnis Travel Bandung

Oleh INDRA

Tips Memulai Bisnis Travel Bandung – Travel Bandung dapat dijadikan pilihan tepat untuk memulai bisnis travel. Karena Bandung merupakan salah satu kota yang mempunyai potensi besar untuk itu. Bisnis yang menjanjikan untuk saat ini salah satunya adalah bisnis travel.

Bisnis Travel Bandung

Persaingan hidup yang semakin hari semakin tinggi. Membuat semua orang berlomba-lomba untuk memulai bisnis untuk memenuhi kebutuhan. Memulai bisnis travel mempunyai prospek menjanjikan karena berbagai faktor di antaranya yaitu semakin banyaknya tempat wisata baru yang muncul dan menarik banyak pengunjung. Hal itu berdampak baik bagi bisnis travel karena akan semakin banyak orang yang akan menggunakan tempat-tempat wisata tersebut.

Di Kota Bandung bisnis travel adalah salah satu bisnis yang banyak dilirik oleh banyak orang. Bandung mempunyai potensi yang cukup besar sebagai pasar bisnis ini.

Seiring berjalannya waktu banyak bisnis travel baru yang muncul di berbagai wilayah. Hal tersebut didukung dengan minat masyarakat Bandung cukup tinggi untuk menggunakan travel untuk bepergian atau berwisata. Hal itu dapat dibuktikan dengan pertumbuhan dari bisnis travel yang terus meningkat.

Trik dalam Merintis Usaha Travel

Perencanaan untuk merintis usaha adalah hal yang sangat diperlukan karena akan mempengaruhi kualitas usaha tersebut. Apalagi usaha travel Bandung yang mempunyai banyak pesaing. Langkah pertama untuk membangun usaha travel adalah pemilihan armada kendaraan yang tepat.

Pilihlah kendaraan yang handal untuk perjalanan apalagi untuk perjalanan di wilayah Jawa Barat terutama Bandung yang memilki jalan berbukit yang cukup curam. Jika kendaraan sering mogok di tengah-tengah perjalanan tentu akan menghambat kelancaran pada usaha travel Anda.

Fasilitas dalam kendaraan travel juga harus lengkap, perjalanan yang jauh akan sangat melelahkan bagi penumpang. Jangan sampai penumpang komplain karena kurang nyaman karena fasilitas yang tidak memadai.

Memahami Karakter Penumpang

Dalam usaha travel bukan hanya masalah memilih kendaraan travel yang nyaman dan berfasilitas lengkap saja. Namun, harus benar-benar jeli melihat peluang untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Selain mempertimbangkan soal kenyamanan pelanggan travel biasanya juga akan memilih travel yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk melihat peluang dari karakter penumpang yaitu di antaranya:

1. Memanfaatkan pebisnis yang ada di sekitar Bandung misalnya Tasikmalaya, Ciamis, bahkan Jakarta. Anda dapat menyediakan travel yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya, para pebisnis konveksi akan menggunakan travel dengan bagasi yang luas untuk mengangkut barang konveksi dalam jumlah besar.

2. Mulai membangun relasi dengan berbagai komunitas pebisnis yang sering menggunakan travel. Dengan begitu tentunya banyak pelanggan yang akan datang kepada Anda.

Pentingnya Kualitas Pelayanan Travel

Dalam sebuah perjalanan yang jauh, kenyamanan merupakan faktor utama yang dipikirkan oleh pelanggan. Untuk memulai bisnis travel Bandung yang sukses tentu harus bisa memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan.

Karena persaingan bisnis ini cukup ketat terutama di Kota Bandung. Memberi pelayanan yang terbaik merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis travel karena dapat menarik lebih banyak pelanggan.

Cara Meningkatkan Pelayanan Travel

Berikut ini beberapa cara yang tepat untuk meningkatkan pelayanan travel untuk pelanggan di antaranya adalah:

1. Memilih sopir yang mahir dalam membawa mobil travel. Jangan merekrut sopir yang ugal-ugalan saat membawa kendaraan travel karena akan membuat pelanggan tidak nyaman.

2. Pemeliharaan terhadap kondisi kendaraan travel harus dilakukan dengan baik. Hal itu dapat mengurangi resiko terjadi kerusakan saat perjalanan membawa banyak penumpang.

3. Tidak hanya cukup dengan sopir yang ahli dan kendaraan yang nyaman, keramahan sopir juga perlu diperhatikan. Jika sopir yang membawa kendaraan travel tidak ramah maka tentu akan mengurangi kenyamanan perjalanan.

4. Ketika akan merekrut sopir pastikan juga jika sopir tersebut dapat dipercaya atau jujur. Karena jika tidak, sangat dimungkinkan sopir akan memungut kembali biaya kepada para penumpang.

5. Pastikan Anda menyediakan hotline perusahaan untuk wadah komplain para pelanggan. Hal ini dapat meminimalkan adanya pungutan liar dari oknum sopir yang tidak jujur.

6. Ketepatan waktu keberangkatan dan ketepatan untuk sampai tujuan harus tepat. Dengan begitu pelanggan akan memberi kepuasan kepada para penumpang.

Pertimbangan Sebelum Merintis Usaha

Sebelum benar-benar menjalankan usaha travel Bandung. Anda perlu melakukan beberapa pertimbangan terlebih dahulu agar tidak ada rasa kecewa di kemudian hari. Pertimbangan yang pertama yaitu membuat perencanaan yang matang tentang segala sesuatu yang nantinya akan dibutuhkan.

Jangan terlalu mudah untuk tergiur untuk meraup untung yang besar ketika masih baru terjun dalam bisnis ini. Demi keuntungan besar akan menimbulkan kemungkinan pelayanan Anda menjadi semakin menurun dan tidak nyaman lagi untuk pelanggan.

Karena hal tersebut banyak kerugian yang akan Anda alami yang justru akan menenggelamkan bisnis yang sedang Anda rintis. Selain itu, pertimbangkan juga untuk menambah layanan seperti layanan secara online yang dapat memudahkan pelanggan untuk memesan.

Jenis-jenis Travel

Seiring dengan perkembangan usaha travel mulai muncul beberapa jenis travel yang di antaranya adalah sebagai berikut ini.
1. Travel City Trans
Jenis travel ini merupakan travel yang dianggap mempunyai kualitas pelayanan terbaik untuk saat ini. Haltersebut dapat dilihat dari respon yang cepat kepada para calon penumpang karena Travel City hanya memberikan satu nomor untuk bisa dihubungi. Servis dan pelayanan yang baik merupakan nilai tambah untuk travel ini. Calon penumpang dapat memesan tiket untuk ke Bandung maupun ke jakarta.
2. Cipaganti
Travel yang satu ini adalah jenis travel yang mempunyai dominasi besar di Kota Bandung. Kelebihan dari Cipaganti sendiri adalah ketersediaan armada yang besar dan lengkap.

Tips Memilih Travel di Bandung

Untuk para calon penumpang yang ingin menggunakan travel tentu harus benar-benar memilih travel dengan kriteria yang baik sehingga kenyamanan dalam perjalanan dapat Anda rasakan. Ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan saat memilih travel Bandung.

Hal yang utama yaitu memilih travel yang berdekatan dengan daerah keberangkatan atau daerah tujuan Anda karena dengan cara tersebut dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan. Selain itu, Anda harus memilih travel yang sudah terbukti menyediakan pelayanan yang memuaskan.

Namun, jika Anda membawa barang bawaan yang super banyak tentu tidak hanya kenyamanan dan waktu tempuh saja yang harus menjadi pertimbangan. Untuk membawa barang Anda tersebut memilih travel dengan ukuran bagasi yang luas juga harus dipertimbangkan. Karena tidak semua travel memiliki bagasi luas. Pertimbangan yang terakhir dalam pemilihan travel yaitu harga.

Masalah harga tentu harus Anda pertimbangkan secara cermat, seperti prinsip usaha yaitu dimana ada kualitas disitu ada harga. Ketika Anda memutuskan untuk memilih travel dengan harga yang sangat murah, jangan kaget jika pelayanan dan fasilitas armada kendaraan yang travel berikan tidak sesuai bahkan jauh dari harapan Anda. Pilih saja travel Bandung dengan harga standar karena travel tersebut akan lebih nyaman untuk perjalanan Anda.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Komentar akan langsung tayang tanpa moderasi kecuali komentar mengandung spam dan rasis. Untuk itu isilah komentar dengan bijak tanpa spam dan rasis apalagi ujaran kebencian dan caci maki. Agar komentar anda langsung aktif.

Informasi Menarik Lainnya

Author: INDRA

Saya adalah Blogger pemula yang senang berbagi. Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di IAIN Bengkulu jurusan Bahasa Inggris.