Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Tutorial Cara Memakai Hijab Modern untuk Kantor, Kampus, dan Acara Resmi

Oleh INDRA

Tutorial Cara Memakai Hijab Modern untuk Kantor, Kampus, dan Acara Resmi. Manusia merupakan makhluk yang diciptakan yang disertai dengan potensi dan kreativitas, memiliki akal untuk berfikir sehingga ide-ide akan muncul dan menjadi sebuah aplikasi yang pada akhirnya dapat dipakai oleh semua orang. Kreativitas yang tercipta beragam dan memiliki nilai masing-masing, salah satu kreativitas yang dapat tercipta adalah seni. Seni pun beragam, dalam artikel ini kita ambil satu kreativitas seni yang dapat diciptakan manusia yaitu seni dalam hijab.

Belakangan, hijab ini menjadi salah satu trend yang banyak digemari kaum hawa, karena itu dalam artikel ini akan coba dibahas mengenai tutorial cara memakai hijab modern untuk kantor, kampus, dan acara resmi.

Tutorial Cara Memakai Hijab Modern

Hijab merupakan salah satu kewajiban yang tertuju pada wanita muslim. Menutupi bagian yang menjadi salah satu aurat wanita yaitu rambut. Di dalam al-qur’an diterangkan mengenai hijab ini, dalam qur’an surat Al-Ahzab ayat 59 “Hai Nabi, katakanalah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu, dan isteri-isteri orang mukmin. “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”, yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.

Dari ayat di atas, sudah jelas bahwa hijab ini diperintahkan kepada wanita. Wanita wajib menutup aurat dengan memakai kerudung sebagai salah satu caranya. Dalam pemakaiannya, kerudung saat ini lebih dikenal dengan hijab. Jika dulu kerudung dipakai dengan cara yang biasa, sekarang ini dalam pemakiannya kerudung mengalami beberap perubahan.

Namun demikian, dalam pemakaiannya pun tetap sesuai atau syar’i. Saat ini kerudung dapat dikreasikan sedemikian rupa, inilah yang sering disebut sebagai gaya kerudung hijab, sehingga seseorang yang memakai kerudung dengan menerapkan beberapa kreasi disebut dengan hijaber.

Cara Memakai Hijab Modern untuk Kantor, Kampus, dan Acara Resmi

Daftar Isi

Cara Memakai Hijab

Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya, hijab mengalami banyak perkembangan dengan memiliki berbagai macam kreasi yang bisa dibentuk. Dalam hal ini bentuk aplikasi yang lahir dan tercipta dari akal manusia. Kreasi hijab ini bahkan sering sekali disesuaikan dengan acara yang akan didatangi, tergantung tema acara tersebut apakah formal atau nonformal.

Misalnya saja ketika kita akan mendatangi acara resmi. Di sini hijab bisa dikreasikan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi cocok dengan tema acara. Sama halnya ketika kita pun hendak pergi ke acara nonformal, kita dapat mengkreasikan hijab yang tentunya sesuai dan lebih sederhana. Masyarakat lebih mengenal kreasi hijab ini dengan hijab modern.

Hijab modern merupakan kreasi seni yang diterapkan di dalam berkerudung, sekarang ini begitu banyak kreasi hijab yang dibuat dan dapat diaplikasikan serta dicontoh dengan mudah. Anda bisa mengenakan hijab dengan kreasi yang berbeda pada setiap acara.

Beberapa kreasi hijab modern untuk 3 tema akan coba untuk dibahas di dalam artikel ini. Di antaranya kreasi hijab yang bisa kita pakai ke kampus, kantor, hingga acara resmi seperti acara pernikahan atau semacamnya.

1. Kreasi Hijab Modern ke Kampus

Ketika pergi ke kampus, bukan berarti kita tidak bisa mengkreasikan hijab kita. Anda tetap bisa menggunakan hijab dengan beberap kreasi hijab, namun kreasi yang diaplikasikan tentunya akan lebih sederhana. Berikut cara memakai hijab modern untuk ke kampus.

Hijab simple:

  1. Siapkan kerudung paris segi empat yang sudah rapi.
  2. Lipat kerudung segi empat paris menjadi bentuk segitiga.
  3. Kenakan dalaman topi sebelum Anda memakai kerudung.
  4. Lingkarkan kerudung segi empat paris yang sudah dibentuk segitiga sebelumnya di kepala.
  5. Samakan panjang kerudung.
  6. Tarik panjang kerudung sebelah kanan dan tempelkan bagian tegah kerudung pada dalaman. Gunakan jarum petul.
  7. Luruskan sisi kerudung bagian kiri pada dalaman, kemudian tempelkan menggunakan jarum pentul. Ini adalah untuk menututupi telinga sebelah kiri.
  8. Setelah rapi dan telinga tertutupi. Tarik setengah kerudung bagian kiri ke belekang. Tempelkan meggunakan jarum pentul atau bros sebagai pemanis tepat di atas telinga sebelah kiri.
  9. Biarkan bagian sisi kerudung sebelah kiri dan kanan terurai.
TERKAIT :  Tren Jilbab Islam Identitas Para Muslimah

2. Kreasi Hijab Modern ke Kantor

Seperti halnya ke kampus, ke kantor pun kita bisa mengenakan hijab modern. Banyak pilihan kreasi hijab modern yang bisa kita pakai ke kantor, tinggal pilih saja sesuai karakter Anda. Gaya ke kantor dengan hijab modern bisa membantu Anda menemukan dan mendapatkan suasana baru, karena secara tidak langsung jika Anda nyaman dengan penampilan yang sesuai dengan pribadi Anda, maka Anda akan terlihat dan semakin merasa percaya diri.

Berikut salah satu kreasi hijab modern yang bisa Anda pakai ke kantor.

  1. Siapkan kerudung pasmina.
  2. Pakailah dalaman ninja sebelum Anda memakai kerudung pasmina.
  3. Kenakan kerudung pasimana di kepala dengan mengambil bagian paling ujung kerudung untuk bagian wajah sebelah kanan (panjang kerudung pasmina tidak sama, bagian kanan lebih panjang.
  4. Sematkan bagian ujung kerudung pada dalaman ninja sebelah kiri.
  5. Tarik pada bagian tengah untuk kerudung sebelah kanan hingga menutupi leher (kerudung bagian kiri masih panjang/sisakan setengah dari panjangnya kerudung sebelah kanan).
  6. Tarik lurus ke belakang kepala sebelah kiri untuk sisa panjang keudung sebelah kanan. Gunakan jarum pentul sebagai pengait/penguat.
  7. Tarik bagian kerudung sebelah kanan ke bagian atas telinga sebelah kanan. Gunakan jarum pentul sebagai pengait/ peguat.
  8. Tambakhan bros pada kerungung bagian kanan untuk pemanis.
  9. Selesai.

3. Kreasi Hijab Modern untuk Acara Resmi

Berbeda dari 2 kreasi hijab modern sebelumnya, untuk kreasi hijab modern resmi memiliki kreasi yang tidak terlalu sederhana. Kreasi setidaknya terlihat lebih bervariasi dan memiliki langkah yang sedikit lebih sulit. Hal ini disebabkan karena suasana dan tema acara yang diselenggarakan bukanlah termasuk acara santai.

TERKAIT :  Cara Memakai Jilbab Kreasi yang Praktis dan Syar’i

Berikut langkah dalam mengkreasikan hijab modern untuk acara resmi, seperti pernikahan.

  1. Siapkan kerudung paris segi empat.
  2. Pakai dalaman kerudung ninja sebelum mengenakan kerudung paris.
  3. Biarkan kerudung paris dengan bentuk segiempat (tidak perlu dilipat). Kenakan kerudung paris segi empat dengan posisi sisi kerudung bagian kiri lebih pendek dan kanan lebih panjang.
  4. Tempelkan bagian sisi kerudung bagian kiri pada dalaman ninja menggunakan jarum pentul.
  5. Tarik bagian ujung kerudung sisi sebelah kanan, lalu tempelkan bagian ujung tersebut pada dalaman ninja tepat di atas telinga sebelah kiri.
  6. Bagian belakang kerudung yang lebar, tarik, dan tepatkan tepat pada kepala atas.
  7. Samakan masing-masing bagian sisi kerudung.
  8. Tarik bagian sisi ujung kerudung tersebut ke belakang. Tempelkan menggunakan jarum pentul.
  9. Tambahkan bros padi salah satu sisi kerudung sebagai pemanis.
  10. Selesai.

Melihat ulasan tutorial hijab tersebut, tentunya itu cukup mudah, bukan? Dengan begitu, para wanita sudah sejatinya bisa mengenakan hijab dalam waktu dekat ini.

Demikian cara memakai hijab modern untuk ke kantor, kampus, dan acara resmi yang dapat dibahas di dalam artikel ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi untuk mengkreasikan hijab Anda. Kreasikan hijab Anda sesuai dengan tema dan kepribadan Anda.

Author: INDRA

Alumni salah satu Pondok Pesantren yang ada di kota Bengkulu. Pernah kuliah di STIE Depok jurusan Akutansi Perbankan. Juga pernah merasakan pahit manis kuliah di Institut Agama Islam Negeri Bengkulu (IAIN Bengkulu) jurusan Bahasa Inggris.


#TAG Terkait: , , , | Tampil: 203 views

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Informasi Menarik Lainnya