Indra Kurniawansyah

Tempat Sharing Wisata, Bisnis, & Banyak Hal

Menu

Arti Nama

Arti Nama adalah kumpulan nama bayi laki laki dan perempuan untuk si buah hati. Daftar nama berbagai kategori yaitu Islam, Indonesia, Jawa, Batak, Amerika, Inggris, Latin, Teutonic, Turki, Welsh, dan Yunani. Dalam daftar tersebut disertai dengan artinya. Temukan ide pemberian nama beserta artinya.

Arti Nama

Daftar Kategori Arti Nama Bayi

  • Laki Laki : Islam | Indonesia | Jawa | Batak | Amerika | Inggris | Latin | Teutonic | Turki | Welsh | Yunani.
  • Perempuan : Islam | Indonesia | Jawa | Batak | Amerika | Inggris | Latin | Teutonic | Turki | Welsh | Yunani.
  • Nama Bayi Islami yang Dilarang.

Siapa sih yang tak kepingin menyandang nama indah nan unik dan langka. Adaungkapan arti nama merupakan sebagian dari cerminan watak si penyandang nama itu. Nama indah dan unik adalah idaman semua orang.

Mencari nama indah untuk buah hati Anda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Di saat Anda atau pasangan sedang mengandung calon anggota keluarga. Sejati sebuah nama pada manusia merupakan identitas pribadi yang harus dimiliki. Nama merupakan sebuah hadiah pertama dari orangtua yang dimiliki anak.

Nama yang indah dengan arti nama yang dalam adalah harapan orangtua agar bisa berbakti kepada orangtua, berguna bagi bangsa, dan orang lain. Selain itu juga, tetap bertaqwa kepada Allah Swt. Dengan kata lain, nama yang disematkan pada si jabang bayi adalah harapan orangtua kelak.

Dalam tradisi kita diIndonesia, setiap kehidupan dilandasi agama, norma masyarakat, dan budaya yang luhur. Demikian juga ketika sedang mencari nama untuk buah hati, seyogyanya Anda mengikuti kaidah-kaidah agama dan budaya kita. Agar kelestarian turunan kita tetap terjaga. Karena nama merupakan bagian dari silsilah keturuan keluarga besar Anda.

#Faktor Penyusunan Arti Nama

Semua orang tua pastilah mengharapkan anaknya bisa menjadi anak yang baik sesuai dengan nama yang disandingnya. Beberapa faktor yang melandasi pemberian nama di antaranya sebagai berikut.

1. Keagungan alam

Misalnya Nur yang artinya cahaya, harapannya si anak pada kemudian hari akan memberikan pencerahan kepada siapa saja. Yang dimaksud dengan pencerahan adalah bisa mengajarkan ilmu yang dipelajarinya untuk gunakan pada kebaikan manusia.

Anak nama Asih yang artinya kasih sayang, asih ini mencerminkan watak yang peduli dan penuh kasih sayang tanpa membeda-bedakan siapa saja. Orang yang menyandang nama Asih ini biasanya tak akan tega melihat orang lain kesusahan.

2. Faktor Kekaguman pada Sosok Idola

Tidak sedikit para orangtua yang kagum pada sosok tokoh masyarakat entah pelaku sejarah, pahlawan, kepala negara, olahragawan, artis atau ulama besar. Nama besar dari tokoh ini membuat Anda kagum hingga nama tokoh ini dipakai untuk pertimbangan memberi nama anak Anda.

Semisal nama Sudirman diilhami dari sosok Panglima besar Sudirman yang memimpin perang grilya melawan Belanda di Jawa. Menurut cerita sejarah dahulu walaupun Panglima Besar Sudirman tangah sakit parah bilau tetap kukuh memimpin anak buahnya bergirlya mengusir Belanda. Nah, sosok keberanian Sudirman ini patut diteladani dan ditiru oleh anak yang menyandang nama Sudirman.

Kekaguman kepada figur seorang tokoh memang sering kali dijadikan sebagai alasan untuk memberikan nama kepada anak. Dengan harapan bahwa nanti ketika besar anak akan berkembang menjadi seperti orang yang dikaguminya tersebut.

Tentu saja pemberian nama yang seperti ini juga baik karena ada nilai do’a dan harapan dari orang tua kepada anaknya. Namun patut juga dicari tahu bahwa orang yang diidolakan tersebut juga tidak memiliki tabiat buruk yang nantinya akan berimbas pada anak di suatu hari kelak.

3. Faktor Waktu Lahir

Orang yang menyandang nama yang bermakna masa, seperti Fajar, Fitri, dan Yuli. Nama ini dibuat saat masa bayi itu lahir, gunanya sebagai dokumentasi hidup. Misalnya Fajar, mengingatkan bahwa dia lahir pada pagi hari saat sang fajar bersinar di ufuk timur. Arti nama Fajar diharapkan agar si anak selalu cerah dalam berpikir dan mampu memberi penerangan kepada siapa pun yang memerlukan.

Kelahiran seorang putra atau putri adalah hal yang sangat membahagiakan. Bagi orang tua maupun keluarga dari pasangan suami istri tersebut. Hadirnya seorang anak telah mampu memberikan nuansa tersendiri dalam kehidupan rumah tangga mereka. Hari-hari tidak lagi sunyi dan sepi.

Sekarang setiap hari penuh dengan tawa dan tangis dari anak kecil. Anak yang merupakan buah kasih dan cinta dari kedua orang tuanya. Betapa bahagianya para orang tua yang memang telah lama menantikan hadirnya seorang bayi dalam kehidupan mereka.

Maka sangat wajar sekali ketika di hari yang bahagia tersebut orang tua selalu mengikut sertakan bukan atau tanggal bahkan hari kelahiran sebagai bagian dari nama anaknya. Hal tersebut dilakukan agar nama itu kelak akan menjadi pengingat bahwa pada hari itu adalah hari yang bahagia karena malaikat kecil telah turun dari langit ke bumi menghiasi indahnya batera rumah tangga mereka.

Maka ketika anak dipanggil dengan namanya akan teringat bagaimana hari atau waktu itu anak tersebut lahir ke dunia. Sungguh sebuah kenangan manis yang selalu akan terkenang dalam setiap kali menyebut namanya. Jadi sangat tidak mengherankan jika orang tua memberikan nama dari anaknya karena faktor kelahirannya.

#Hal yang Perlu Diperhatikan

Seperti yang diketahui bahwa nama adalah doa yang dititipkan orang tua kepada anak. Nama juga merupakan beban moral tersendiri yang disematkan oleh orang tua kepada anaknya. Harapan dan tumpuan yang besar diberikan oleh orang tua kepada anaknya ketika nama tersebut diberikan.

Semua orang tua sepakat dan tidak ada yang mengingkarinya bahwa kehidupan yang baik dan layak memang patut dipersembahkan buat anak yang dicintainya. Oleh karena itu, setiap orang tua berusaha dengan maksimal memberikan nama-nama yang baik bagi putra dan putri mereka. Semua diberikan bukan tanpa alasan yang jelas.Adaberbagai alasan yang bisa diberikan ketika nama tersebut dipilih dan disematkan ke dalam kehidupan anak.

Memberikan nama kepada anak merupakan hal yang lumrah dan biasa dilakukan oleh orang tua. Selain memudahkan untuk memanggil dan membedakan antara anak yang satu dengan yang lainnya, nama anak juga mengandung arti bagi kehidupan si anak tersebut. Maka ketika memberikan nama haruslah diperhatikan beberapa hal agar kelak tidak menjadi beban bagi orang tua maupun anak itu sendiri.

Beberapa hal yang patut diperhatikan dalam pemberian nama anak adalah sebagai berikut.

1. Makna nama

Memberikan nama bagi sebagian orang atau bahkan semua orang bukan merupakan perkara yang muda.Adaberbagai kesulitan yang dihadapinya karena nama harus memiliki makna yang baik supaya kelak anaknya menjadi seperti yang diharapkan. Pemberian makna pada sebuah nama juga akan memberikan kesan yang baik bagi anak agar selalu ingat akan makna dari namanya kelak.

Meskipun makna dalam pemberian nama adalah hal yang baik, tetapi patut juga diperhitungkan nilai estetikanya. Nilai keindahan yang diberikan juga harus ada tetapi tetap tidak mengurangi makna yang diberikan. Kadang ada sebuah kata yang patut untuk dijadikan sebuah nama karena nilai keindahannya tetapi jika maknanya kurang bagus maka sebaiknya jangan menggunakannya sebagai nama untuk anak.

Pilihlah kata yang memiliki makna yang baik tetapi juga memiliki segi keindahan yang baik pula. Jangan sampai karena hanya memandang nilai keindahan saja tetapi arti yang diberikan tidaklah ada atau bahkan malah sangat buruk. Tentu saja hal itu akan menjadi beban tersendiri bagi anak ketika dewasa kelak.

2. Ejaan

Sekarang ini berkembang sebuah kebiasaan dari orang tua untuk memberikan nama dengan ejaan yang sulit diucapkan atau ditiru oleh orang lain. Hal tersebut biasanya dilakukan agar anak memiliki sebuah nama yang unik dan lain daripada yang lainnya. Tetapi ada beberapa hal yang patut untuk dijadikan pertimbangan bagi orang tuanya ketika memberikan nama dengan ejaan yang sulit.

Hal yang biasanya menjadi pertimbangan adalah pengucapan lafal yang akan diucapkan oleh tetangga sekitar dan anak itu sendiri. Jangan sampai nama yang bagus dan baik tetapi karena tidak bisa melafalkan maka menjadi sebuah sebutan yang jelek bagi anak itu sendiri. Tentunya sebagai orang tua kita akan sakit hati ketika anak dipanggil dengan nama yang jelek.

Penggunaan ejaan yang sulit juga akan merepotkan ketika melakukan pendaftaran di catatan sipil atau pun dalam ijazah di dunia pendidikan. Sudah menjadi sebuah rahasia yang umum jika dalam penulisan ijazah maupun akte kelahiran mesti ada kesalahan dalam ejaannya.

Tentunya sebagai orang tua kita tidak ingin mempersulit anak hanya karena ejaan yang sulit. Jadi sekali lagi ketika ingin memberikan sebuah nama dengan ejaan yang sulit tolong diperhatikan sekali lagi.

3. Kenangan

Dalam pemberian nama hendaknya hanya berisi kenangan manis saja dan jangan sampai terisi oleh kenangan pahit, baik itu kenangan pahit bagi suami maupun istri. Takutnya ketika pemberiaan nama berisi dengan kenangan pahit akan membawa dampak buruk terhadap perilaku orang tua kepada anak.

4. Agama

Pemberian nama dengan dasar agama biasanya sering dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Namun hendaknya pemberian nama tersebut haruslah seseuai dengan nama dalam agamanya yang merupakan identitas dari orang yang memiliki nama tersebut. Jangan sampai nama dan agama tidaklah cocok karena pemberian nama yang ngawur.

Review Arti Nama

Not Found

Sorry, but you are looking for something that isn't here.