Indra Kurniawansyah

Sharing Infomasi, Tips, Tutorial, & Banyak Hal

Menu

Ilmu Sosial

Ilmu Sosial adalah pengetahuan yang mempelajari masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan-lapangan ilmu pengetahuan sosial, seperti sejarah, ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.

Ilmu pengetahuan sosial atau social studies adalah sekumpulan disiplin ilmu yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya.

Ilmu sosial berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif dalam setiap penelitiannya. Penggunaan metode ini juga untuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas diberbagai lapangan,meliputi perilaku dan interaksi manusia pada masa kini dan masa lalu.

Ilmu sosial,mempelajari aspek-aspek masyarakat secara subjektif, inter-subjektif, dan objektif atau struktural,yang sebelumnya dianggap kurang ilmiah bila dibanding dengan ilmu alam. Namun pada perkembangannya sekarang, beberapa bagian dariilmu pengetahuan sosial telah banyak menggunakan metoda kuantitatif.

Demikian pula halnya, pendekatan interdisiplin dan lintas-disiplin dalam penelitian sosial terhadap perilaku manusia serta faktor sosial dan lingkungan yang mempengaruhinya,telah pula membuat banyak peneliti ilmu alam tertarik pada beberapa aspek dalam metodologi ilmu pengetahuan sosial. Penggunaan metoda kuantitatif dan kualitatif telah makin banyak ditransformasikan dalam studi tentang tindakan manusia serta implikasi dan konsekuensinya.

Pengertian dan Definisi Ilmu Sosial Menurut Beberapa Pakar

Lewis: Beliau beranggapan bahwa ilmu sosial adalah sesuatu yang ingin dicapai,dihasilkan dan ditetapkan dalam hubungan interaksi masyarakat dalam kehidupana sehari-hari antara warga negara dan pemerintahannya.

Keith Jacobs: Ilmu sosial adalah suatu ilmu yang mempelajari perkembangan dan pola kehidupan pada suatu stus komunitas sosial.

Ruth Aylett: Menurutnya, ilmu sosial merupakan ilum yang memahami semua gejala sosial yang ada dimasyarakat sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheran dan terintegrasi.

Paul Ernest: Memberikan pengertian bahwa ilmu sosial adalah suatu ilmu yang mempelajari keterlibatan manusia secara individu dalam berbagai kegiatan bersama.

Philip wexler : Ilmu sosial mempelajari tentang sifat-sifat dasar manusia sebagai makhluk sosial.

Enda M.c: ilmu sosial adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial antar manusia.

Lenna Dominelli: Pengertian ilmu sosial menurutnya adalah : ilmu yang mempelajari hubungan manusia secara utuh,sehingga membutuhkan pemakluman atas sifat-sifat manusia yang didalamnya mempunyai sifat yang rapuh.

Peter Herman: Ilmu sosial mempelajari perbedaan-perbedaan yang ada dalam diri dan kehidupan manusia dalam satu kesatuan yang bermasyarakat.

Engin FahriI: Berpendapat bahwa ilmu sosial mempelajari pola-pola hubungan sosial yang ada dimasyarakat.

Cabang-Cabang Utama

1. Antropologi

Antropologi adalah Ilmu yang mempelajari manusia pada umumnya, dan secara khusus pada antropologi budaya,mempelajarinya dari segi kebudayaan masyarakat.

2. Ekonomi

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat.

3. Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari lokasi serta keberagaman  ruang atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi.

4. Hukum

Hukum adalah ilmu yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan.

5. Linguistik

Linguistik adalah ilmu yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa.

6. Pendidikan

Pendidikan adalah ilmu yang mempelajari masalah yang berhubungan  dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral.

7. Politik

Politik adalah ilmu yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara) dalam hal ini lembaga-lembaga yang dijalankannya.

8. Psikologi

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental manusia.

9. Sejarah

Sejarah adalah ilmu sosial  yang mempelajari hal-hal dimasa lalu yang berhubungan dengan umat manusia,serta kegunaannya dimasa sekarang dan nanti.

10. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya yang merupakan anggota dari masyarakat itu sendiri.

Karena pada perkembangannya, ilmu pengetahuan sosial mengalami kemajuan yang sangat besar, ditambah lagi dengan permasalahan-permasalahan sosial dalam kehidupan masyarakat dewasa ini. Maka perlu sekiranya dibuatkan konsep yang jelas terhadap disipilin ilmu tersebut.

Beberapa ahli kemudian membuat konsep ilmu pengetahuan sosial ke dalam beberapa rumus, yaitu:

1. Menurut Sumantri

Ilmu pengetahuan sosial merupakan rangkaian program pendidikan dan bukan pembagian dari disiplin ilmu tersendiri,sehingga ilmu ini tidak akan ditemukan baik dalam cabang-cabang filsafat ilmu,disiplin ilmu-ilmu sosial,maupun ilmu pendidikan.

Dalam hal ini dapat diartikan bahwa Sumantri memberikan pendapat bahwa ilmu pengetahuan sosial itu sendiri merupakan kumpulan dari ilmu-ilmu pengetahuan sosial yang dipilih,yang kemudian disesuaikan dengan program pendidikan disekolah atau kelompok elajar lainnya yang setingkat.

2. Social Scence Education Council (SSEC) dan National Council for Social Studies (NCSS)

Menurut SSEC dan NCSS, ilmu pengetahuan sosial sebagai “Social Science Education” dan “Social Studies”. Ilmu sosial adalah studi yang terintegrasi dari ilmu pengetahuan dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi sipil.

Menurut mereka, ilmu pengetahuan sosial memilik tujuan utama, yaitu untuk membantu kaum muda mengembangkan kemampuan, untuk membuat keputusan informasi yang beralasan demi kepentingan publik sebagai warga masyarakat yang beragam secara budaya demokratis di dunia yang saling ketergantungan.

Dengan kata lain bahwa ilmu pengetahuan sosial mengikuti cara pandang yang terpadu dari sejumlah mata pelajaran sosial,dengan inti dari subjek ilmu tersebut adalah pengembangan kepemudaan.

3. Menurut Sudiharja

Ilmu pengetahuan sosial menurut Sudiharja adalah hasil pemfusian atau hasil kombinasi perpaduan dari sejumlah mata pelajaran seperti : ekonomi, sejarah, sosiologi, politik, dan lain sebagainya. Sudiharjo menekankan bahwa ilmu ini harus menjadi semacam kajian dari beberapa ilmu sehingga didapat satu bentuk ilmu pengetahuan sosial yang dipelajari secara lebih sederhana.

4. Menurut Dr.Nursid Sumaatmadja

Ilmu pengetahuan sosial adalah suatu mata pelajaran yang kajiannya fokus pada serangkaian peristiwa,fakta,konsep dan generalisasi yang berhubungan dengan isu-isu sosial. Beliau beranggapan bahwa ilmu pengetahuan sosial bersumber dari kehidupan sosial yang ada didalam masyarakat. Yang kemudian dipelajari sehingga akan mampu didapat satu kesimpulan tentang kehidupan sosial yang akan terjadi dan seharusnya terjadi dimasa depan.

5. Menurut Mulyono Tj

Ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu pendekatan interdisiplin dari pelajaran-pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Beliau berkesimpulan bahwa ilmu pengetahuan sosial merupakan bentuk integrasi dari berbagai cabang ilmu pengetahuan sosial seperti sosiologi, antropolgi, politik, dan lain-lain. Aplikasi ilmu pengetahuan sosial menurutnya memerlukan pendekatan-pendekatan terhadap ilmu-ilmu sosial tersebut.

Dari pendapat beberapa ahli tersebut kita dapat merujuk pada satu kesimpulan bahwa, ilmu pengetahuan sosial merupakan suatu program pendidikan ataupun kumpulan beberapa mata pelajaran, yang ada hubungannya dengan kehidupan sosial. Semuanya berkumpul membentuk satu kesatuan ilmu dengan ilmu-ilmu sosial lainnya yang dikaji berdasarkan rangkaian peristiwa, fakta, konsep serta generalisasi terhadap situasi yang terjadi yang erat kaitannya dengan isu sosial.

Ilmu Pengetahuan Sosial Vs Ilmu Pengetahuan Alam

Tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada perbedaan kasta dalam memaknai kedua ilmu ini. Pada satu sisi juga bahwa kita tidak dapat begitu saja mengatakan bahwa ilmu pengetahuan sosial lebih mudah daripada ilmu alam atau ilmu pengetahuan alam. Lalu, apakah terjadi diskrimasi terhadap para pelajar yang mempelajari kedua ilmu tersebut?

Perlu ada kajian yang lebih mendalam untuk menjawab itu semua. Walau pada kenyataannya, memang ilmu-ilmu sosial hanya diangga sebagai ilmu pelengkap dari ilmu eksakta yang memposisikan diri sebagai ilmu yang paling penting dimuka bumi ini.

Gambaran yang seperti tidak usah jauh-jauh kita temukan terjadi disekeliling kita. Misalnya disekolah menegah atas. Para pelajar yang masuk jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) kerap mendapatkan perlakuan dan fasilitas yang lebih baik dibandingkan dengan pelajar-pelajar dari jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS) ditambah dengan ‘image’ bahwa para pelajar IPS kuran ‘keren’ bila dibandingkan dengan para pelajar IPA.

Kondisi seperti ini memang tidak serta merta mereduksi pentingnya ilmu pengetahuan sosial tetap hadir ditengah-tengah dunia pedidikan, baik sebagai pembelajaran maupun penelitian terhadap kehidupan sosial kemasyarakatan yang terus terjadi perkembangan. Apalagi sekarang metode-metode penelitian secara kualitatif dan kuantitatif sudah mampu diterapkan pada berbagai ilmu pengetahuan sosial.

Diharapakan kedepannya, ada penyesuaian yang lebih baik untuk mengakomodir para peneliti di bidang ilmu pengetahuan sosial. Oleh karena itu, dapat memepelajari perkembangan kehidupan sosial masyarakat yang juga sangat berguna bagi kemajuan bangsa secara utuh.

Demikianlah penjelasan mengenai ilmu sosial. Penting untuk diingat bahwa sebagai makhluk sosial, manusia dihadapakan pada kenyataan untuk selalu hidup bersama dengan kumpulan masyarakat lainnya.

Review Ilmu Sosial

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Wayang Arjuna adalah salah satu tokoh utama dalam pewayangan yang mengisahkan perang baratayuda antara pandawa lima dan kurawa. Tokoh ini digambarkan dalam pewayangan sebagai lelaki…

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Arjuna adalah salah satu dari Pandawa lima yang terkenal tampan dan lembutan serta suka menolong. Tokoh paling tangguh dalam kisah Mahabharata dengan kemampuan memanah yang…

Terbaru di Ilmu Sosial | Diposting oleh INDRA, Selasa 18 Juni 2019.

Apa saja peninggalan kerajaan Islam di Indonesia? Adakah salah satunya Anda ketahui? Berikut penjelasan dan informasi lengkapnya kami rangkum secara lengkap dibawah ini… Ket image:…