Indra Kurniawansyah

Tempat Sharing Wisata, Bisnis, & Banyak Hal

Menu

Tempat Wisata

Tempat Wisata atau objek wisata adalah suatu tempat yang menjadi tujuan liburan dan rekreasi. Memiliki daya tarik dan keindahan, sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Definisi & Pengertian Tempat Wisata

Tempat Wisata

Menurut pemerintah, tempat wisata adalah tempat-tempat yang mempunyai nilai budaya. Dalam Surat Keputusan MENPARPOSTEL No.: KM. 98/PW.102/MPPT-87, objek wisata adalah semua tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan diusahakan sebagai tempat yang dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata dapat berupa wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dan lain-lain.

#Indonesia Menyediakan Beragam Tempat Wisata

Indonesia memang memiliki segudang tempat wisata menarik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pesona Indonesia yang terbentang dari sabang sampai Merauke tidak ada habisnya. Semua keindahan alam menjadi suatu hal tersendiri yang menjadi seni dalam kehidupan masyarakatnya.

Alam sekitar Indonesia memang menjadi daya tarik semua orang, mulai dari masyarakat lokal Indonesia sampai masyarakat dunia. Hal ini memang menjadi fenomena yang wajar ketika keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia ini begitu indah dan beragam.

Indonesia memiliki banyak pemandangan alam yang sangat indah. Tidak hanya sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang banyak, Indonesia juga memiliki alam yang kaya akan keindahannya. Mulai dari pegunungan, perbukitan, danau, laut, bukit, hutan, dan lain sebagainya terdapat di Indonesia.

Semua hal yang ada di Indonesia tersebut pada akhirnya menarik perhatian semua orang untuk bisa merasakan dan menikmati keindahan-keindahan tersebut. Perhatian semua orang ini akan menimbulkan keuntungan bagi negara Indonesia yang bisa membuat keindahan alam tersebut sebagai lahan meningkatkan devisa. Hal ini bisa diwujudkan dengan memanfaatkan keindahan alam tersebut menjadi tempat wisata yang banyak dicari oleh semua orang.

Berikut beberapa tempat wisata menarik di Indonesia:

√Gunung Rinjani

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal adalah Gunung Rinjani. Gunung Rinjani merupakan objek tempat wisata yang termasuk paling sering dikunjungi oleh para wisatawan. Gunung Rinjani merupakan tempat wisata bagi siapa saja yang mencari kepuasan dalam bertualang di alam bebas.

Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara barat. Gunung yang memiliki tinggi 3,726 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia, setelah posisi pertama ditempati oleh Gunung Kerinci.

Gunung Rinjani memiliki panorama yang bisa dikatakan paling bagus di antara gunung-gunung lain yang ada di Indonesia. Setiap tahunnya, terutama pada bulan Juni hingga Agustus, banyak pengunjung yang merupakan anggota dari klub pecinta alam dari berbagai daerah bahkan mancanegara datang ke tempat ini.

Suhu udara di Gunung Rinjani rata-rata sekitar 22o C dan suhu terendah di gunung ini sekitar 12o C. Angin kencang di puncak biasanya terjadi di bulan Agustus. Pada bulan Juli, angin terasa masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah untuk dilakukan pendakian di gunung tersebut.

Secara administratif, gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten, yaitu Lombok Timur, Lombok tengah, dan Lombok Barat. Letak ini membuat Gunung Rinjani semakin banyak menarik perhatian masyarakat karena keindahannya yang muncul di sela-sela wilayah kepadatan penduduk Lombok.

Gunung Rinjani merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang terdaftar di UNESCO sebagai taman geologi di Indonesia. Hal inilah yang kemudian mendasari perawatan dan pelestarian lingkungan alam di sekitar Gunung Rinjani masih terus dilestarikan.

Keindahan panorama Gunung Rinjani terbukti mampu menarik perhatian para wisatawan dari berbagai tempat di Indonesia bahkan di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pendatang atau para pecinta alam yang berasal dari tempat yang beraga, terlebih pada bulan Juni hingga Agustus. Dapat dibayangkan, pada bulan-bulan tersebut Gunung Rinjani dipadati oleh orang-orang yang ingin menikmati keindahan gunung tersebut.

√Taman Nasional Komodo

Indonesia bagian timur memang kaya akan tempat wisata menarik. Tepat di provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat taman hewan langka,  Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo adalah kawasan yang terdiri atas beberapa pulau dengan perairan lautnya yang sangat indah. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat dari satwa komodo yang merupakan reptil purba satu-satunya yang tersisa di bumi.

Kondisi alam di Taman Nasional Komodo ini sangatlah unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya yang begitu memesona.

Menikmati tempat wisata taman Nasional Pulau Komodo tidak hanya bisa dilakukan dengan mengamati kehidupan komodo lebih dekat. Di Taman Nasional ini juga para wisatawan bisa berolahraga air dengan mencoba untuk menyelam di perairan utara maupun selatan di kepulauan tersebut.

Perairan utara merupakan perairan hangat hasil dari pertemuan arus Laut Banda dan Flores. Sebaliknya, perairan selatan menawarkan perairan yang cukup dingin dari arus Samudera Indonesia.

Kombinasi kedua karakter perairan yang berbeda ini menghasilkan ekosistem bawah laut yang kaya. Berbagai macam jenis terumbu karang hidup subur dan menjadi tempat hidup banyaknya spesies ikan.

Perairan ini pun sekaligus sebagai penyedia sistem penunjang kehidupan air laut di sekitar Kepulauan Komodo. Bagi para penyelam, kehidupan di bawah laut perairan Pulau Komodo ini sangatlah memesona dan menyimpan berjuta potensi keanekaragaman hayati.

Sebagai salah satu objek wisata andalan Indonesia, Pulau Komodo menyediakan akomodasi dari pondok-pondok yang didirikan oleh masyarakat sekitar sampai resort yang bertaraf Internasional. Bagi wisatawan domestik, biaya yang dikenakan untuk tiket masuk sebesar Rp 75.000, sedangkan untuk wisatawan asing biaya yang dikenakan sebesar $ 15.

Untuk mencapai Pulau Komodo, para wisatawan dapat melalui rute pesawat dari Kupang yang merupakan ibukota dari Nusa Tenggara Timur-NTT ke Kota Ende di Pulau Flores. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kendaraan minibus ke Labuhanbajo dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Setelah sampai di Labuhanbajo, para wisatawan akan menuju Pulau Komodo dengan menggunakan speedboat dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

√Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat merupakan kepulauan yang menjadi tujuan wisata dari banyak masyarakat dunia. Letak kepulauan ini tepat di bagian depan burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik dengan keindahan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Pesona dan kekayaan alam di bawah laut menjadi andalan di Kabupaten Raja Ampat. Kawasan yang dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis ini menjadi tempat sumber daya alam terkaya di dunia. Namun, Raja Ampat sendiri merupakan kabupaten baru di Indonesia.

Papua lebih dikenal dengan kebudayaannya yang masih sangat sederhana, pakaiannya yang unik, dan sumber daya alam yang sangat melimpah. Bagi masyarakat pada umumnya, Papua memiliki surga dunia yang terdapat di Perairan Raja Ampat yang terkenal hingga mancanegara tersebut.

Salah satu yang terkenal di Papua Barat ini adalah perairan Raja Ampat yang dijuluki sebagai coral reef paradise yang berarti surga terumbu karang. Sebutan ini disematkan karena keindahan alam khususnya perairan di Raja Ampat ini memang sungguh mengagumkan, hingga para penyelam dunia pun tidak pernah puas berkunjung ke Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat ini tidak hanya dianggap sebagai taman laut terbesar di Indonesia. Kepulauan Raja Ampat juga diyakini memiliki biota laut terbesar di dunia yang dinyatakan oleh Coversation International.

Menurut catatan fotografi bawah laut, perairan Raja Ampat merupakan kawasan yang paling besar dari seluruh segitiga koral di dunia, yaitu Philipina, Indonesia, dan Papua Nugini. Segitiga koral ini merupakan jantung kekayaan terumbu karang di dunia yang dilindungi dan ditetapkan berdasarkan konservasi perlindungan alam Internasional.

Hal ini dikarenakan, sekitar 600 jenis terumbu karang di dunia, 75% nya berada di perairan Raja Ampat.

Perairan Raja Ampat sangatlah luas, dengan kekayaan biota lautnya serta pemandangan bawah laut yang begitu indah, membuat wisatawan dapat memilih beberapa titik penyelaman yang ia kehendaki.

Titik penyelaman tersebut di antaranya di Pulau Kiri yang merupakan tempat terdapatnya berbagai jenis ikan, seperti ikan kerapu, ikan barracuda, napoleon, hiu karang, tuna, wrasse, queensland groupe, giant trevally, dan tidak ketinggalan juga terumbu karang yang sangat menakjubkan.

Keindahan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya, selain berbagai tempat wisata alam indah Indonesia di atas, masih banyak tempat wisata yang tidak kalah indahnya.

Tempat wisata lain di Indonesia lainnya seperti Kawah Ijen di Jawa Timur, Cartensz Pyramid di Papua, Gunung Bromo di Jawa Timur, Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara, danau Toba di Sumatera Utara, dan masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Indonesia lainnya.

Selain Indonesia hampir semua negara di dunia juga menyediakan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Misalnya saja Piramida, Taj Mahal, Menara Eifel, Patung Liberti, dll.

Demikianlah pembahasan mengenai tempat wisata di Indonesia, semoga bermanfaat.

Review Tempat Wisata

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Oleh-oleh Khas yang ada di kawasan jalan Malioboro Jogja dan sekitarnya memang beragam. Tersedia beberapa pilihan untuk dijadikan buah tangan oleh wisatawan. Beberapa pilihan yang…

Terbaru di Tempat Wisata, Wisata Kuliner | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Anda pernah ke Yogyakarta? Pasti singgah di Malioboro Yogyakarta, bukan? Jangan bilang pernah ke Yogyakarta jika belum mengayun langkah di Malioboro. Ya, kawasan ini memang…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Malioboro Jogja saat ini terus berbenah dalam semua aspek terutama sebagai salah satu tempat wisata di Jogja. Dulu tempat ini menjadi primadona di Jawa sehingga…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata yang paling diminati oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Tradisi Jawa yang masih kental dalam…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Apa yang Anda ketahui tentang Malioboro?, sudah sejak lama terkenal akan keindahan panorama alamnya serta keragaman budayanya. Ada banyak sekali kota di Indonesia yang bisa dijadikan…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Sabtu 2 Februari 2019.

Mengambil Foto di Pantai Parangtritis Yogyakarta memang sangat berkesan bagi setiap orang. Sebab pantai ini memang memiliki keindahan yang luar biasa, sehingga sangat rugi bila…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Jumat 1 Februari 2019.

Pantai berbahaya di Jogja tidak hanya Pantai Parangtritis saja, akan tetapi hampir semuanya berbahaya untuk berenang. Akan lebih berbahaya lagi bila Anda tidak bisa berenang.…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Jumat 1 Februari 2019.

Kondisi Pantai Parangtritis saat ini memang tidak terlalu jauh berbeda dengan dulu. Memiliki arus ombak yang cukup berbahaya. Mungkin ombak ini tidak tinggi tetapi gulungannya…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Jumat 1 Februari 2019.

Pantai Parangtritis Jogja adalah salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Menyajikan pemandangan indah dengan kesan romantis yang mendalam terutama saat matahari terbenam.…

Terbaru di Tempat Wisata | Diposting oleh Indra, Jumat 1 Februari 2019.

Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun binatang satu-satunya yang ada di Yogyakarta. Menyediakan berbagai hewan langka dari berbagai tempat. Baik itu satwa yang ada di…

Page 1 of 2:1 2